Connect with us
Netflix Original Movie Terbaik 2020
The Devil All The Time | Glen Wilson/Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Aksi Kriminal

Sederet film tentang aksi kriminal fiksi maupun adaptasi kisah nyata.

Film maupun serial bertema kriminal sekarang semakin populer sebagai niche hiburan. Lebih dari sekadar eksploitasi adegan laga yang dinamis, tak sedikit pula film bertema kriminal dieksekusi sebagai film genre thriller maupun drama.

“You See Me” merupakan salah satu contoh film aksi kriminal yang unik dan seru. “Focus” (2015) juga merupakan film aksi yang memperlihatkan eksekusi cerdik dalam melancarkan tindakan kriminal. Jika menyukai film-film dengan tema demikian, berikut rekomendasi film aksi kriminal yang patut kita tonton.

The Devil All The Time (2020)

Kisah berlatar pada tahun 1950-an di suatu kota fiksi bernama Meade, Ohio dan Coal Creek, yang secara kebetulan ditinggali oleh berbagai orang yang kisahnya saling berhubungan. Mulai dari warga beragama yang fanatik, pembunuhan, korupsi, hingga balas dendam berdarah.

“The Devil All The Time” tak hanya bertabur aktor papan atas yang tampil maksimal, film ini mengandung berbagai tindakan kriminal dengan latar tempo dulu Amerika. Justru memberikan nuansa film kriminal ala noir yang kelam.

The Devil All The Time Review

Gone Baby Gone (2007)

Seorang bibi kehilangan keponakannya perempuannya yang masih berusia 4 tahun, Ia meminta tolong bantuan detektif untuk melakukan investigasi. Patrick dan Angie adalah kedua detektif yang melakukan investigasinya. Proses pencarian membuat mereka harus berhadapan dengan para gangster, sindikat obatan terlarang, hingga orang pedofil.

“Gone Baby Gone” merupakan salah satu film terbaik pada tahun perilisannya. Melalui film ini, Casey Affleck mulai dilirik dalam pasar aktor berbakat Hollywood.

Public Enemies (2009)

John Dillinger adalah seorang gangster Amerika yang melancarkan aksinya pada masa Depresi Besar. Memiliki sindikat yang diberi nama “Dillinger Gang”, Ia berhasil merampok 24 bank, bahkan membobol kantor polisi. Sempat ditangkap dan menjalani hukuman penjara, John berhasil kabur hingga dua kali.

“Public Enemies” yang dibintangi oleh Johnny Depp merupakan biografi dari sosok John Dillinger dan bagaimana usaha FBI menaklukkannya.

Black Mass (2015)

Sekali lagi Johnny Depp berperan sebagai sosok kriminal Amerika berbahaya dan cekatan dalam film “Black Mass”. Kali ini Ia berperan sebagai Whitey Bulger yang memiliki latar belakang menarik untuk diketahui. Bukan boss gangster biasa, Ia memiliki jaminan kebal hukum karena merangkap sebagai informan FBI. Ketika tindakan kriminal Whitey semakin tidak terkendali, FBI semakin kesulitan dalam menjamin pembunuh berdarah dingin ini.

Catch Me If You Can (2002)

Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks, “Catch Me if You Can” merupakan film kriminal yang juga diangkat dari kisah nyata. Merupakan film biografi dari Frank Abagnale, yang melancarkan aksi penipuan dan menghasilkan jutaan dolar. Meski belum genap 19 tahun, Frank memiliki karisma dan kelihaian dalam menjalankan aksinya yang akhirnya harus ditangani oleh FBI.

Baby Driver (2017)

Baby adalah seorang pengemudi mobil handal jika menyetir sambil mendengarkan musik yang tepat. Kemampuannya dimanfaatkan oleh seorang bos kriminal, Doc. Ia menugaskan Baby untuk menjadi supir para perampok. Ketika hendak memulai hidup baru dengan kekasihnya, Baby harus menjadi bagian dalam sebuah misi yang gagal dan mengancam kebebasannya. “Baby Driver” merupakan film kriminal perampokan yang dibintangi oleh Ansel Elgort.

Drive (2011)

Merupakan salah satu film neo-noir terbaik, “Drive” dibintangi Ryan Gosling yang juga berperan sebagai seorang supir. Pada hari biasa, Ia bekerja sebagai stuntman di Hollywood. Namun, pada malam hari Ia kerap menerima pekerjaan sebagai supir para kriminal. Hingga suatu hari Ia terlibat dalam sebuah misi yang rumit, membuat dirinya harus mengambil tindakan berisiko yang mengancam nyawanya.

Drive Review

The Italian Job (2003)

“The Italian Job” merupakan film aksi kriminal klasik yang wajib ditonton. Tak hanya menyuguhkan adegan laga dan misi perampokan yang seru, film kriminal satu ini memiliki vibe yang lebih seru dengan sentuhan komedi. Bercerita tentang sekelompok kriminal yang melancarkan sebuah perampokan untuk mengubah kehidupan masing-masing dengan keuntungannya.

Bertabur bintang Hollywood mulai dari Mark Wahlberg, Jason Statham, Edward Norton, hingga Charlize Theron.

The Usual Suspects (1995)

Satu lagi film kriminal klasik yang ikonik adalah “The Usual Suspects”. Termasuk film lama dan pastinya sudah banyak yang menonton, penonton baru harus berhati-hati dengan berbagai spoiler yang telah bertebaran di internet tentang film ini. Karena misteri yang terkandung dalam film ini merupakan twist krusial dan akan merusak mood jika sudah diketahui dari awal. Bercerita tentang sekelompok kriminal yang melancarkan sebuah misi dengan bayang-bayang Keyser Soze yang misterius.

Can You Ever Forgive Me? (2018)

“Can You Ever Forgive Me?” bisa jadi film kriminal dengan naskah yang paling berbeda dalam rekomendasi ini. Dibintangi oleh Melissa McCarthy sebagai Lee Israel, seorang pelaku penipuan koleksi literasi klasik dengan harga tinggi. Dengan kemampuan menulisnya, Lee membuat surat-surat klasik para penulis legendaris palsu untuk dijual demi keuntungannya sendiri. Film satu ini memperlihatkan praktek kriminal yang minim aksi namun sangat teknikal dan menarik untuk disimak.

A World Without Review A World Without Review

A World Without Review: Dystopia Futuristik Bertema Pemberdayaan Wanita

Film

Malignant Review Malignant Review

Malignant Review: Bukti Lelahnya Sang Sineas

Film

Rekomendasi Film Bertema Vampir Rekomendasi Film Bertema Vampir

10 Rekomendasi Film Bertema Vampir

Cultura Lists

Violet Evergarden: Eternity and the Auto Memory Doll Review

Film

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect