Connect with us
film seperti john wick
Nobody

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Action Seperti John Wick

Sederet film action dengan protagonis jago berkelahi dan penuh sekuen laga dinamis.

“John Wick: Chapter 4” kini sedang menjadi film terbaru paling populer. Layaknya legenda Baba Yaga, “John Wick” telah membangun reputasinya di skena film action sejak rilis pada 2014 silam.

Terus kembali dengan sekuel-sekuel terbaru yang semakin populer, bahkan sedang bersiap merilis serial, spinoff, hingga lampu hijau untuk film berikutnya. Tak hanya karena kepopuleran Keanu Reeves sebagai ikon, John Wick merupakan salah satu antihero dalam film action terbaik yang pernah diciptakan.

Ada kepuasan tersendiri melihat ketangkasannya dalam mengeksekusi siapapun yang menghalangi jalannya. Sekalipun terkadang dibuat dramatis bahkan berlebihan, penonton tak pernah mengeluhkan juga bagaimana John Wick masih bertahan hingga saat ini, sementara kill count-nya semakin banyak.

Masih lama lagi buat kita yang haus akan konten dari semesta John Wick. Buat yang masih ketagihan dengan film action seperti “John Wick”, berikut sederet rekomendasinya. Film-film action berikut memiliki protagonis tangkas dan tahan banting, serta sekuen bertarung yang intens.

The Raid (2011)

Tidak selalu Hollywood, film indonesia sendiri juga banyak yang sajikan genre action terbaik. Bahkan diakui di skena internasional, salah satunya adalah “The Raid”. Film yang disutradarai oleh Gareth Evan ini memuat konten laga spektakuler dan padat seperti “John Wick”. Iko Uwais berperan sebagai polisi yang terjebak dalam situasi yang salah, ketika menjalankan misi untuk menyergap sindikat kriminal di gedung apartemen terbengkalai.

Rama menjadi protagonis yang jago bertarung dan tahan banting, bersanding dengan sederet antagonis yang tak kalah handal, membuat sekuen aksi terlihat maksimal. Iko Uwais yang beneran lihai pencak silat juga memberikan karakter khas pada Rama.

The Night Comes For Us (2018)

Disutradarai Timo Tjahjanto, “The Night Comes For Us” juga jadi film action Indonesia yang dapat pengakuan internasional. Kembali mempertemukan Joe Taslim dan Iko Uwais, namun kini keduanya adalah anggota Triad. Ito adalah mantan anggota Triad yang meninggalkan kehidupan tersebut demi melindungi seorang anak perempuan. Untuk memberikan pelajaran pada Ito, Arian dikirim untuk menghabisi Ito dan anak perempuan tersebut.

Film action ini juga terangkai dari sekuen pertarungan yang brutal, serta diisi dengan redetan karakter-karakter petarung yang unik.

Headshot (2016)

“Headshot” merupakan film Indonesia yang disutradarai Mo Brothers, naskahnya ditulis oleh Timo Tjahjanto. Kembali dibintangi oleh Iko Uwais sebagai Ishmael, ia menjadi pria yang kehilangan ingat setelah ditemukan terdampar di tepi pantai. Ia koma selama dua bulan setelah ditembak di kepala.

Tak ingat apapun tentang masa lalunya, tak butuh lama hingga akhirnya masa lalu tersebut kembali pada Ishmael dalam bentuk serangan brutal dari komplotan bersenjata.

Nobody (2021)

Semenjak pertama kali rilis, banyak yang beropini bahwa “Nobody” merupakan film action seperti ‘John Wick’. Tidak semerana John Wick, Hutch yang diperankan oleh Bob Odenkirk adalah suami sekaligus ayah yang terjebak di rutinitas membosankan. Bahkan kerap dipandang sebelah mata oleh keluarganya sendiri. Hingga suatu hari ia menunjukan kemampuan bertarung yang menakjubkan, ketika melindungi seorang wanita yang digoda oleh sekelompok berandalan di transportasi umum.

“Nobody” memang paling mendekati “John Wick” secara keseluruhan. Tidak sama, namun serupa. Terutama kualitas protagonisnya yang misterius, tangkas, dan tahan banting. Adegan-adegan laga dalam film ini juga sangat seru untuk disimak bagi penggemar John Wick.

The Equalizer (2014)

Diadaptasi dari serial televisi 80an, “The Equalizer” dibintangi oleh Denzel Washington sebagai Robert McCall. Robert memiliki kehidupan yang tenang di Boston, hingga akhirnya ia memutuskan untuk melindungi perempuan muda dari kelompok mafia Rusia.

Menjadi film action seperti John Wick, Robert sebagai protagonis juga akhirnya terungkap memiliki identitas tersembunyi sebagai pembunuh handal.

Tak ragu menunjukan kekuatan bertarung dan bertahan hidup yang sesungguhnya ketika ia memutuskan untuk terjun dalam dunia kriminal.

Wrath of Man (2021)

Jason Statham merupakan salah satu aktor laga terpopuler dengan film-film seperti John Wick, salah satunya “Wrath of Man”. Film ini merupakan adaptasi film Perancis bertajuk “Cash Truck”. Sama seperti John Wick, skenario fokus pada protagonis dengan kemampuan handal dan motivasi balas dendam.

Untuk menyembunyikan motivasi aslinya, H bekerja sebagai pengawal truk yang bertugas memindahkan uang setiap minggunya di sekitaran Los Angeles. Jason Statham juga memiliki aura misterius sebagai H, sang protagonis.

The Man from Nowhere (2010)

Dibintangi oleh Won Bin sebagai Tae-Sik Cha, “The man from Nowhere” merupakan film action seperti John Wick dari Korea. Tae-Sik adalah seorang penjaga toko yang memilih untuk hidup tenang setelah mengalami tragedi yang meninggalkan trauma di masa lalu. Hingga suatu hari ia ingin menyelamatkan seorang gadis, So-Mi yang diculik oleh sindikat kriminal.

“The Man from Nowhere” tak hanya penuh aksi serta adegan laga yang brutal, film ini juga memiliki unsur drama khas Korea yang akan membuat penonton tersentuh.

Kate (2021)

Tak selalu protagonis pria yang jago bertarung dan tahan banting, “Kate” juga jadi salah satu film action yang cocok masuk dalam daftar ini. Hampir seumur hidupnya, Kate mendedikasikan hidupnya sebagai pembunuh bayaran di suatu agensi. Ketika sedang menjalankan misi terakhirnya, Kate diracun dan hanya memiliki waktu 24 jam untuk balas dendam.

Dibintangi oleh Mary Elizabeth Winstead, “Kate” merupakan penampilan terbaiknya dalam film action. Film ini memiliki visual yang memikat, berlatar gemerlap kota Tokyo di malam hari yang menawan, menjadi latar pertarungan brutal Kate dengan para bawahan sindikat kriminal.

Furies (2023)

“Furies” merupakan film action Vietnam yang kini sedang trending di Netflix. Dibintangi oleh Ngo Thanh Van sebagai Hai Phuong, ia adalah mantan anggota gang yang telah meninggal dunia kriminal untuk membesarkan anaknya. Namun, ia tidak bisa lari dari masa lalunya ketika anaknya diculik.

Hai Phuong pun melakukan apapun untuk balas dendam, kembali ke Saigon untuk menghabisi penculik anaknya. “Furies” merupakan prequel dari “Furie” yang rilis 2019 lalu.

Kill Boksoon (2023)

Masih baru di Netflix, “Kill Boksoon” juga film action dengan protagonis wanita yang jago berkelahi. Gil Boksoon adalah pembunuh bayaran terbaik yang dimiliki oleh MK, agensi besar yang menaungi pembunuh bayaran dengan upah tinggi karena mendapat client-client besar pula.

Boksoon tidak pernah gagal dalam menjalankan misi, tak ada misi yang sulit baginya. Karena menjadi ibu tunggal dari remaja perempuan yang sedang memasuki masa puber lebih sulit daripada membunuh. “Kill Boksoon” menjadi film action berlatar di lingkungan kriminal yang hendak memadukan naskahnya dengan tema parenting dari protagonisnya.

Honorable Mention:

  • The Villainess (2017)
  • Taken (2008)
  • Violent Night (2022)

The Iron Claw Review The Iron Claw Review

The Iron Claw Review: Biopik Tragedi Pegulat Von Erich Bersaudara

Film

Furiosa A Mad Max Saga Review Furiosa A Mad Max Saga Review

Furiosa: A Mad Max Saga Review – Masa Lalu dan Dendam Furiosa

Film

Monkey Man Review Monkey Man Review

Monkey Man Review: Bukan John Wick Versi India

Film

The First Omen The First Omen

The First Omen Review: Prekuel Horor Religi Lebih Sinematik

Film

Connect