Connect with us
10 Penampilan Tom Cruise Terikonik dan Terbaik
Cr. Paramount Pictures

Cultura Lists

10 Penampilan Tom Cruise Terikonik dan Terbaik

Mulai dari wajah “Mission: Impossible” hingga Maverick dalam “Top Gun” yang legendaris.

Tom Cruise selalu menjadi sorotan media ketika kembali beraksi dalam film terbarunya. Aktor yang debut dalam film drama romantis ini (Endless Love, 1981), justru kini lebih dikenal sebagai aktor laga senior yang tahan banting dengan stamina yang tidak ada matinya.

Ternyata Cruise justru mengawali karirnya dalam banyak film drama romantis hingga drama komedi. Baru memasuki era 2000an ke atas, aktor ini lebih banyak mendapatkan peran dalam film action. Berikut sederet penampilan Tom Cruise terikonik.

Joel Goodson – Risky Business (1983)

Dalam film ikonik “Risky Business”, Tom Cruise muda memerankan Joel Goodson, remaja yang hidupnya mengalami perubahan tak terduga ketika orang tuannya meninggalkannya sendirian di rumah selama akhir pekan. Joel memanfaatkan kesempatan itu untuk merasakan kebebasan yang mengarah pada suatu konsekuensi.

“Risky Business” merupakan film yang melambungkan nama Tom Cruise. Menegaskan reputasinya sebagai aktor berbakat dan karismatik. Dari sini ‘lah, kesuksesannya di film -film berikutnya dimulai.

Pete “Maverick” Mitchell – Top Gun (1986)

“Top Gun” merupakan film yang membawa karir Tom Cruise ke level berikutnya. Penampilannya sebagai Letnan Marverick ia perankan dengan penuh semangat, keberanian, dan ketangguhan, tak ketinggalan pesona khasnya. Film ini juga salah satu yang ikonik dalam filmografi Tom Cruise sebagai aktor action.

Legasinya dalam “Top Gun” tak lekang oleh waktu, terbukti dengan kesuksesan sekuelnya setelah 36 tahun, “Top Gun: Maverick” pada 2022 kemarin.

Charlie Babbitt – Rain Man (1988)

Tom Cruise memberikan penampilan luar biasa sebagai Charlie Babbitt dalam “Rain Man”. Dimana ia berperan sebagai dealer mobil yang egois dan ambisius, memulai perjalanan yang mengubah hidupnya dengan saudaranya yang austis, Raymond (Dustin Hoffman). Penampilan Cruise sebagai Charlie memperlihatkan kepiawaiannya sebagai seorang aktor yang mengalami transformasi emosional.

Kesuksesan film drama ini juga tidak lepas dengan chemistry antara Tom Cruise dan Dustin Hoffman yang dipuji oleh kritikus pada masanya.

Jerry Maguire - Jerry Maguire (1996)

Jerry Maguire – Jerry Maguire (1996)

“Jerry Maguire” merupakan film drama tentang seorang agen olahraga yang mengalami krisis moral dan memulai perjalanan penemuan diri. Tom Cruise kembali bermain dalam film drama dimana ia memerankan karakter dengan transformasi emosional yang kompleks.

Penampilannya juga didukung oleh chemistry-nya dengan Renee Zellweger sebagai sepasang kekasih. Tom Cruise masuk nominasi Academy Award melalu penampilannya sebagai Jerry Maguire.

Lestat de Lioncourt – Interview with the Vampire (1994)

Tom Cruise pernah berperan sebagai vampir dalam “Interview with the Vampire”. Beradu akting dengan Brad Pitt dan dan Kirsten Dunst cilik, dimana ketiga menjadi trio vampir pada tahun 1791. Tom Cruise berperan sebagai Lestat de Lioncourt yang karismatik, mempesona, dengan daya tarik yang gelap sebagai vampir “jahat” dalam kisah ini.

Menonton film ini akan menjadi pengalaman yang menarik, terutama buat kita yang biasanya hanya melihat Tom Cruise bermain di film drama dan action.

David Aames – Vanilla Sky (2001)

Tom Cruise kembali bermain dalam film drama romantis, “Vanilla Sky”, namun dengan sci-fi twist yang membuat film ini unik dan ikonik. Cruise berperan sebagai David Aames, penerbit kaya dan karismatik yang hidupnya berubah drastis setelah mengalami kecelakaan yang membuatnya cacat.

Cruise kembali menggunakan karismanya untuk menciptakan chemistry dengan lawan mainnya, baik dengan Cameron Diaz maupun Penelope Cruz. Penampilannya dalam “Vanilla Sky” memikat dan memprovokasi pemikiran, meninggalkan kesan pada penontonnya.

Nathan Algren – The Last Samurai (2003)

Satu lagi penampilan Tom Cruise paling emosional adalah “The Last Samurai”, dimana ia berperan sebagai veteran perang dengan trauma, Nathan Algren. Dalam film ini, ia beradu akting dengan aktor Jepang, Ken Watanabe. Ada banyak film Hollywood dengan estetika Jepang, film ini menjadi salah satu yang terbaik dengan penampilan Tom Cruise.

Melalui perspektif karakternya, kiat juga ikut mempelajari dan gaya hidup klan samurai yang mulai punah di Jepang pada masa itu. Bagaimana gaya hidup samurai mengubah Nathan Algren yang terlihat “rusak” pada awal kisah.

John Anderton – Minority Report (2002)

Tom Cruise berperan sebagai John Aderton dalam “Minority Report”. Ini juga menjadi film action dengan elemen sci-fi yang unik, dimana Cruise berperan sebagai petugas penegak hukum yang menangkap pelaku pra-kejahatan untuk menghindari tragedi di masa depan.

Sebetulnya perannya dalam film ini sedikit mirip dengan Ethan Hunt dalam “Mission: Impossible”. Terutama karena etos kerja yang karakter ini tunjukan serta aksi laga yang dieksekusi oleh Tom Cruise.

Jack Reacher – Jack Reacher (2012), Jack Reacher: Never Go Back (2016)

Tom Cruise sempat diterpa kontroversi sbagai aktor yang di-cast sebagai Jack Reacher. “Jack Reacher” sendiri merupakan film action yang diadaptasi dari novel karya Lee Child. Yang menjadi kontroversi adalah deskripsi Jack Reacher dalam novel yang digambarkan sebagai pria yang tinggi dan berpundak bidang.

Namun lepas dari kritik tersebut, Cruise tetap mengeksekusi peran ini dengan baik. Sebagai agen mengejar keadilan dan pastinya sekuen aksi menegangkan.

Ethan Hunt – Mission: Impossible Series (1996 – 2023)

“Mission: Impossible” merupakan film terikonik dari Tom Cruise karena serial ini telah menjadi franchise terpanjang yang dijalani oleh aktor ini sejak 1996. Sudah lebih dari dua dekade (tepatnya 27 tahun), kita tak pernah bosan setiap Tom Cruise kembali dengan seri terbaru dari franchise laga ini. Tak hanya etos kerja Ethan Hunt yang besar, Tom Cruise selalu berani melampaui batas dengan melakukan berbagai aksi stun berbahaya dalam “Mission: Impossible”.

Masih dengan hype “Indiana Jones and the Dial of Destiny”, Tom Cruise baru-baru ini menyatakan bahwa ia terinspirasi dengan Harrison Ford. Ia ingin bisa terus beraksi dalam “Mission: Impossible” hingga 20 tahun ke depan. “Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One” menjadi film terbaru yang juga menerima antusiasme tinggi.

No More Bets No More Bets

No More Bets: Kisah Korban Penipuan dan Judi Online

Film

The Day Before the Wedding The Day Before the Wedding

The Day Before the Wedding: Balada Persahabatan Cosplayer Pengantin

Film

Arthur the King Arthur the King

Arthur the King: Cukup Menyentuh Walau Klise

Film

Lost in Translation & Her: Kesepian dan Perpisahan dari Dua Perspektif

Film

Connect