Connect with us
top gun maverick
Cr. Paramount Pictures

Film

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Kembalinya Maverick setelah 36 tahun.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Top Gun” (1986) telah mengenalkan karakter ikonik seperti Maverick dan Iceman, soundtrack lagu ‘Danger Zone’ oleh Kenny Loggins dan pesawat F-14. “Top Gun” menjadi salah satu ikon budaya populer pada masa itu dan menjadi titik awal kebangkitan aktor Tom Cruise.

Meski sudah 36 tahun berlalu sejak film “Top Gun” pertama kali dirilis, “Top Gun: Maverick” relatif masih accessible untuk penonton baru meski ada banyak hal dalam ceritanya yang mengacu langsung ke peristiwa pada prekuelnya.

top gun maverick

Kembalinya Maverick dan Wajah Baru di Top Gun

Kapten Pete “Maverick” Mitchell (Tom Cruise) selama 36 tahun menjadi seorang pilot test dan menghindari kenaikan pangkat karena seringnya Maverick bermasalah terhadap atasan dan tidak ingin kenaikan pangkat menghambat keinginannya sebagai seorang pilot. Ketika Maverick sedang menjalani tes pesawat hipersonik Darkstar, ia membangkang perintah atasannya Admiral Chester “Hammer” Cain (Ed Harris). Maverick lolos dari hukuman setelah dibantu partnernya Admiral Tom “Iceman” Kazansky (Val Kilmer) untuk menjalani misi sebagai mentor kelompok elit lulusan Top Gun.

Maverick awalnya mengira misinya adalah misi yang mudah sampai akhirnya ia mengetahui adanya Letnan Bradley “Rooster” Bradshaw, anak dari mendiang sahabatnya Nick “Goose” Bradshaw. Bagi Rooster, Maverick adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kematian ayahnya. Maverick, dalam bayang-bayang ketakutan masa lalunya mengetahui bahwa misi yang akan dijalankan adalah misi yang sangat berbahaya. Dari sinilah terlihat bagaimana Maverick berhadapan dengan bayang-bayang masa lalu dan masa depan yang tidak pasti.

top gun maverick review

Film yang Penuh Nostalgia

Tidak salah menyebut “Top Gun: Maverick” sebagai film fan service karena ada banyak aspek dalam film ini yang membuat fans Top Gun bersuka ria. Sedari awal film dimulai sudah diperlihatkan adegan yang akan mengingatkan kita dengan opening film “Top Gun” lengkap dengan lagu “Danger Zone” dari Kenny Loggins. Tidak hanya itu, ada beberapa potongan adegan di film “Top Gun” yang muncul terutama ketika Maverick bertemu dengan Rooster.

Penulis naskah Christopher McQuarrie, Ehren Kruger dan Eric Warren Singer memang terlihat berusaha untuk memadukan antara kenangan dan hal baru sehingga penonton lama dan penonton baru bisa menikmati film ini. Selain potongan adegan dari film sebelumnya, mereka juga menampilkan kembali adegan ikonik dari “Top Gun” lengkap dengan kutipan dialognya.

Hans Zimmer beserta Lorne Balfe, Harold Faltermeyer dan Lady Gaga sebagai komposer di film ini juga berhasil membangkitkan nostalgia dengan memunculkan lagu-lagu ikonik. ‘Danger Zone’ dan juga ‘Top Gun Anthem’ yang dibawakan oleh Joe Satriani akan membuat kita seperti terlempar di tahun 80an.

top gun maverick

Aksi di Udara yang Penuh Ketegangan

Film “Top Gun” dulu dipuji karena berhasil menampilkan adegan pertempuran di udara secara nyata. Penggunaan pesawat F-14 asli digunakan dalam film dan dikombinasi dengan efek praktikal membuat pertempuran di udara begitu terasa menegangkan.

Kolaborasi Joseph Kosinski dan Claudio Miranda berhasil memperlihatkan adegan pertempuran di udara terasa begitu menegangkan dan membuat penonton akan berdecak kagum. Sama seperti di film “Top Gun”, film ini juga menggunakan pesawat tempur asli dan melakukan shooting langsung di udara.

top gun maverick

Dilansir dari EW, Tom Cruise bahkan mengajak para aktornya untuk mengikuti pelatihan militer ala Angkatan Udara sehingga adegan pertempuran di udara begitu realistis.

Sinematografi dalam film ini memang membuat kita berpikir keras bagaimana mereka bisa menampilkan adegan tersebut terutama ketika adegan yang memperlihatkan para pemaian menaiki pesawat tempur. Terimakasih kepada Claudio Miranda dan juga editor Eddie Hamilton yang membuat semua itu menjadi mungkin.

Film yang Mengedepankan Karakter Daripada Cerita

Salah satu kekurangan “Top Gun: Maverick” adalah ceritanya. Story di film ini terkadang terasa hit-and-miss. Misi yang ditunjukkan dalam film ini pun tidak begitu penting. Sesuai judul filmnya, fokus film ini memang pada karakter Maverick. Bagaimana Maverick menghadapi bayang-bayang masa lalu dan bagaimana ia berusaha berdamai dengan Rooster. Akting Tom Cruise di film ini pun memang seperti aktingnya di film-film lainnya. Bayang-bayang karakter Ethan Hunt terlihat begitu jelas pada film ini.

Usaha penulis naskah dan sutradara “Top Gun: Maverick” memang ingin membangkitkan kenangan masa lalu ketika menonton film “Top Gun” (1986) dan berusaha merangkul penonton milenial agar mengenal sosok Maverick yang sudah menjadi bagian budaya populer di masa lalu.

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

My Missing Valentine My Missing Valentine

My Missing Valentine: Menyusuri Ingatan Satu Hari yang Hilang

Film

Connect