Connect with us
Harrison Ford
Cr. Columbia Pictures

Cultura Lists

10 Penampilan Ikonik Harrison Ford dari Masa ke Masa

Sudah ramaikan Hollywood selama 50 tahun, mulai dari Han Solo hingga Indiana Jones.

Harrison Ford telah berakting selama lebih dari lima dekade. Ia memulai karir aktingnya pada akhir 1960an, dengan mengambil peran-peran kecil dalam acara televisi dan film. Namun, Ford mengalami breakthrough dalam karirnya pada 1973 ketika di-cast untuk “Star Wars”.

Sejak itu, Harrison Ford telah tampil dalam banyak peran ikonik dan menjadi salah satu aktor paling terkenal dan diakui di Hollywood. Akhir Juni semakin dekat, jadi semakin tidak sabar melihat aktor 80 tahun ini kembali beraksi dalam “Indiana Jones and the Dial of Destiny”. Sambil menanti film tersebut tayang di bioskop, simak dulu penampilan akting terikonik dari Harrison Ford.

Henry Turner – Regarding Henry (1991)

Harrison Ford memberikan penampilan yang mengesankan sebagai Henry Turner dalam “Regarding Henry”. Dimana ia berperan sebagai pengacara sukses yang mengalami transformasi setelah mengalami insiden penembakan. Sebagai Henry, Ford berhasil menampilkan kerentanan karakter dan tekadnya untuk membangun hidupnya kembali.

Melalui karakter ini, Ford menyampaikan kembali penemuan cinta, keluarga dan makna kebahagian sejati untuk karakter Henry. Film ini menjadi salah satu kesempatan Ford menunjukan eksekusi akting emosional di latar drama.

Rusty Sabich – Presumed Innocent (1990)

Harrison Ford juga memberikan penampilan yang berkesan pada film thriller legal drama, “Presumed Innocent”. Ford berperan sebagai Rusty Sabich, seorang jaksa penuntut yang dituduh bersalah akan tindakan kriminal yang tidak ia lakukan. Dalam penampilnya, Ford menampilkan keahlian beraktingnya, menggambarkan kompleksitas emosi dan perdebatan internal yang dialami oleh karakternya.

Dengan pesonanya yang karismatik, Ford mampu menggambarkan kebingungan, ketegangan, dan tekanan yang dialami Rusty saat dia berusaha membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah, meyakinkan penonton untuk berpihak padanya.

Allie Fox – The Mosquito Coast (1986)

Penampilan Ford dalam “The Mosquito Coast” merupakan salah satu yang paling berbeda dalam filmografinya. Ia berperan sebagai Allie Fox, seorang visioner eksentrik yang memutuskan untuk meninggalkan kehidupan modern dan membawa keluarganya untuk hidup di hutan belantara.

Allie Fox menjadi karakter yang memberikan kesempatan untuk Harrison Ford bermain sebagai sosok memiliki obsesi, kegilaan, dan tekad kuat akan visi yang tidak biasa. Penampilan Ford dalam film ini menunjukan fleksibilitas dalam berakting, memberikan variasi dalam rekam jejak beraktingnya.

John Book – Witness (1985)

Harrison Ford berperan sebagai detektif John Book dalam film drama kriminal “Witness”. John Book adalah detektif yang menjadi saksi dari pembunuhan yang kemudian bersembunyi di komunitas Amish. Melalui karakter dalam film ini, Ford mendalami peran sebagai protagonis yang mengalami tranformasi karena terpapar budaya baru dan cinta terlarang dengan Rachel Lapp (diperankan oleh Kelly McGillis).

Ford berhasil menampilkan kekuatan, kerentanan, dan ketegangan dalam ketengangan yang menghipnotis penonton masuk dalam dunia John Book sebagai karakter yang berada di situasi tidak biasa.

Jack Ryan – Patriot Games, Clear and Present Danger

Harrison Ford memerankan karakter Jack Ryan dan film seri drama konspirasi, “Patriot Games” dan “Clear and Present Danger”. Jack Ryan adalah analis intelijen yang menjadi pahlawan, Ford memberikan penampilan yang menghidupkan protagonis kompleks dengan moral.

Ford memiliki karisma alami untuk tampil sebagai karakter Jack Ryan yang cerdas, cakap, dengan tekad kuat melindungi negaranya dari bahaya. Ford lihai menghadapi lanskap politik yang tegang dan adegan aksi yang intens, menjadikan Jack Ryan sebagai salah satu karakter ikonik dalam skena film thriller action.

Air Force One (1997)

President James Marshall – Air Force One (1997)

Dari sekian banyak film drama thriller action yang dibintangi oleh Harrison Ford, sepertinya penampilannya dalam “Air Force One” sebagai Presiden James Marshall menjadi yang paling ikonik. Sebagai aktor karismatik papan atas di Hollywood, Ford berperan sebagai presiden Amerika juga memiliki karisma yang berkesan. Dari sekian banyak aktor Hollywood yang berperan sebagai presiden Amerika, bisa jadi penampilan Harrison Ford ‘lah yang terbaik.

Ia berhasil tampil sebagai presiden yang diidolakan oleh penonton. Tak hanya pandai berpolitik, namun juga mampu menjadi pahlawan dengan ketangkasan fisik, dan mencuri hati sebagai sosok pemimpin keluarga maupun pemimpin staf negara yang terjebak dalam hijack pesawat dalam skenario “Air Force One”.

Rick Deckard – Blade Runner (1982)

Harrison Ford tampil pertama kali sebagai Rick Deckard dalam “Blade Runner” pada 1982, installment pertamanya. Dimana dalam film ini ia menjadi protagonis, seorang polisi yang telah pensiun dan disebut sebagai ‘blade runner’, ia ditugaskan untuk mengejar replicant atau biotech humanoid yang memberontak. Selain penampilan akting Ford yang memang sudah berkesan, Rick Deckard sendiri adalah karakter dengan penokohan menarik dalam latar petualangan sci-fi yang berlayer.

Tanpa diumumkan pada masa promosi, kemunculan Harrison Ford sebagai Rick Deckard pada “Blade Runner 2049” berhasil mengejutkan penonton ketika menonton sekuel garapan Denis Villeneuve tersebut pada 2017 silam.

Han Solo

Han Solo – Star Wars trilogy

Harrison Ford sebagai Han Solo dalam trilogy original “Star Wars” tak diragukan lagi merupakan salah satu yang paling ikonik. Peran inilah yang menjadi pondasi dari kesuksesannya hingga saat ini. Lebih dari karena “Star Wars” memang franchise yang sukses, film ini menjadi panggung dimana Hollywood menemukan Harrison Ford sebagai salah satu aktor yang berkarisma.

Mulai dari perkembangan karakter yang dinamis, hingga chemistry-nya dengan karakter-karakter lainnya, serta dialognya yang quotable, Harrison Ford sebagai Han Solo meninggalkan jejak tak terlupakan dalam legasi “Star Wars”.

Indiana Jones – Indiana Jones series

Telah menjadi bintang utama dalam lima film Indiana Jones sejak 1981, ini adalah penampilan paling signifikan dalam karir Harrison Ford. Ford berhasil menampilkan sosok Indiana Jones sebagai sosok pahlawan dalam genre petualangan yang memikat dengan karisma naturalnya. Membuat penonton tak pernah berhenti mendukung ketika sang pahlawan arkeolog ini sedang beraksi.

Sudah dipastikan bahwa “Indiana Jones and the Dial of Destiny” akan menjadi film terakhir dimana Ford bermain sebagai Indiana Jones. Kita semua pasti akan merindukan aksi Harrison Ford dalam film petualangan populer ini.

No More Bets No More Bets

No More Bets: Kisah Korban Penipuan dan Judi Online

Film

The Day Before the Wedding The Day Before the Wedding

The Day Before the Wedding: Balada Persahabatan Cosplayer Pengantin

Film

Arthur the King Arthur the King

Arthur the King: Cukup Menyentuh Walau Klise

Film

Lost in Translation & Her: Kesepian dan Perpisahan dari Dua Perspektif

Film

Connect