Connect with us
10 Film Nominasi Best Picture Oscars 2024
Cr. Searchlight Pictures

Cultura Lists

10 Film Nominasi Best Picture Oscars 2024

Sederet film terbaik yang masuk nominasi Academy Awards ke-96, beberapa bisa sudah bisa kita streaming.

Industri perfilman dunia sedang merayakan euforia musim penghargaan. Ini waktunya sederet film terbaik 2023 menambang kemenangan di setiap ajang penghargaan bergengsi, mulai dari Golden Globe, Critics’ Choice Awards, dan puncaknya adalah Oscars. Academy Awards ke-96 akan diselenggarakan pada 10 Maret 2024 (waktu setempat), dengan Jimmy Kimmel sebagai pembawa acara.

Sepuluh film terbaik dari yang terbaik telah diumumkan sebagai nominasi Best Picture. Beberapa film ini memang belum bisa diakses di Indonesia, namun tak sedikit yang sedang tayang di bioskop lokal.

Ada pula film-film yang sudah bisa di-streaming. Berikut sederet film yang masuk nominasi Best Picture Oscars 2024, dan dimana film-film ini bisa kita tonton sekarang.

American Fiction

“American Fiction” merupakan film debut sutradara Cord Jefferson, diadaptasi dari novel “Erasure” oleh Percival Everett. Dibintangi oleh Jeffrey Wright sebagai Thelonious “Monk” Ellison, seorang penulis dan profesor Amerika-Afrika dari Los Angeles. Isu menarik diangkat dalam film ini, yaotu bagaimana Monk frustrasi dengan bagaimana industri hiburan memanfaatkan Black culture demi profit semata.

Jeffrey Wright mendapatkan nominasi Best Actor pertamanya dalam Oscars 2024 ini. Selain Best Picture, “American Fiction” juga masuk nominasi Best Supporting Actor untuk Sterling K. Brown. Film ini telah mengantongi dua penghargaan Golden Globe dan Best Adapted Screenplay dari Critics’ Choice Awards.

Anatomy of a Fall

Neon

 

Anatomy of a Fall

Kini kita selalu menemukan wildcard dari skena film non-english dalam nominasi Oscars setiap tahunnya. “Anatomy of a Fall” menjadi salah satunya di Oscars 2024. Judul arahan sutradara Justine Triet ini merupakan film legal drama asal Prancis.

Dibintangi oleh Sandra Huller sebagai Sandra, bersama dengan pengacara dan putranya yang buta menjadi satu-satu saksi mata, ia berusaha memberikan pembelaan bahwa ia tidak bersalah atas kematian suaminya yang jatuh dari atap rumah mereka. Film ini sudah menuai prestasi di Cannes Film Festival dengan Palme d’Or, serta beberapa penghargaan di Golden Globe.

Dalam ajang Academy Awards ke-96 ini, “Anatomy of a Fall” masuk dalam 5 kategori nominasi. Selain Best Pictures, Justine Triet masuk nominasi Best Director, kemudian Sandra Huller dengan nominasi Best Actress. Film ini juga masuk nominasi Best Original Screenplay dan Best Editing. “Anatomy of a Fall” sedang tayang di bioskop Indonesia.

Barbie Review

Cr. Warner Bros.

Barbie

Meskipun Greta Gerwig tidak dapat nominasi Best Director, begitu pula Margot Robbie tidak masuk nominasi Best Actress, “Barbie” tetap menjadi film yang berkesempatan untuk memperebutkan gelar Best Picture. Masih menjadi film peringkat pertama di Box Office, “Barbie” mendapat total 8 nominasi.

Selain Best Pictures, film ini masuk nominasi untuk Best Adapted Screenplay, Ryan Gosling sebagai kandidat Best Supporting Actor, America Ferrera sebagai Best Supporting Actress, Best Production Design, Best Costume Design, dan dua nominasi untuk Best Original Song.

“I’m Just Ken” telah mendapatkan penghargaan sebagai Best Song di Critics’ Choice Movie Award. Sementara “What Was I Made For?” oleh Billie Eillish dan Finneas O’Connell dinobatkan sebagai Best Original Song di Golden Globe. Kesuksesan film ini pada 2023 tak lepas dari fenomena Barbenheimer pada 21 Juli tahun lalu. Buat yang tidak sempat nonton di bioskop kemarin, “Barbie” sudah bisa di-streaming di HBO GO.

oppenheimer movie

Cr. Universal Pictures

Oppenheimer

“Oppenheimer” menjadi film dengan peraihan nominasi terbanyak di Oscars 2024 dengan total 13 nominasi. Selain Best Picture, Cillian Murphy mendapatkan nominasi Oscars pertamanya sebagai Best Actor, kemudian Christopher Nolan yang kali ini berkesempatan besar dinobatkan sebagai Best Director.

Nolan sendiri sebetulnya sudah delapan kali masuk nominasi Oscars, namun belum memenangkan satu pun penghargaan. Tidak hanya Nolan, Murphy juga memiliki peluang besar dinobatkan sebagai Best Actor tahun ini.

“Oppenheimer” juga menerima nominasi untuk Best Adapted Screenplay, Best Supporting Actor untuk Robert Downey Jr., Best Supporting Actress untuk Emily Blunt, Best Original Score, Best Cinematography, Best Production Design, Best Costume Design, Best Film Editing, dan Best Sound.

Tidak hanya “Barbie” yang dapat snubs, “Oppenheimer” sebetulnya juga patut masuk nominasi Best Visual Effects. Karena justru adegan ledakan yang diciptakan tanpa CGI dalam film inilah yang menjadi alasan film ini menerima hype. Buat yang belum sempat nonton kemarin, beruntung sekali “Oppenheimer” sedang tayang kembali di bioskop.

The Holdovers

“The Holdovers” adalah film drama komedi bertema Natal yang disutradarai oleh Alexander Payne. Dibintangi oleh Paul Giamatti sebagai seorang guru killer di sekolah asrama Inggris yang ditugasi untuk menjaga sekelompok murid yang tidak pulang saat liburan Natal. Secara tidak terduga, ia mulai menjalani interaksi dengan orang-orang yang menghabiskan Natal bersamanya di asrama sekolah tersebut.

“The Holdovers” juga menjadi salah satu dari film peraihan nominasi terbanyak. Mulai dari Best Actor, Best Supporting Actress, Best Original Screenplay, dan Best Film Editing. Sebelumnya film ini telah mengantongi beberapa penghargaan dari Golden Globe dan Critic’s Choice Awards.

Killers of the Flower Moon

“Killers of the Flower Moon” membawa Martin Scorsese pada nominasi kesepuluhnya sebagai Best Director di Oscars. Membuat sutradara ini kini adalah sutradara dengan peraihan nominasi terbanyak dalam kategorinya yang masih hidup. William Wyler dengan peraihan 12 nominasi, namun beliau telah meninggal pada 1981.

Film ini mendapat total 10 nominasi. Selain Best Picture, ada nominasi Best Adapted Screenplay, Best Costume Design, Best Original Song, Best Original Score, Best Production Design, Best Editing, dan Best Cinematography.

Fakta menarik, Rodrigo Prieto adalah sinematografer untuk “Killers of the Flower Moon” dan “Barbie”. Lily Gladstone menjadi perempuan Suku Asli Amerika pertama yang masuk nominasi Best Actress. Robert De Niro juga masuk nominasi Best Supporting Male Actor. Sayangnya, Leonardo DiCaprio dengan penampilannya yang memukau di film ini tidak dapat nominasi Best Actor. “Killers of the Flower Moon” sudah bisa di-streaming di Apple TV.

Maestro Review

Netflix

Maestro

Pertarungan sebetulnya bukan “Oppenheimer” dengan “Barbie” lagi di musim penghargaan ini. “Maestro” yang dibintangi dan disutradarai oleh Bradley Cooper ‘lah yang menjadi pesaing baru dari film Christopher Nolan tersebut. “Maestro” adalah film biopik dari konduktor dan komposer legendaris Amerika, Leonard Bernstein. Film ini juga menjadi salah satu dengan peraihan nominasi terbanyak, dengan total 7 nominasi.

Bradley Cooper disebut-sebut sebagai pesaing terberat dari Cillian Murphy sebagai Best Actor, kemudian Carrey Mulligan juga berikan penampilan terbaik dengan masuk nominasi Best Actress. “Maestro” juga masuk dalam nominasi Best Original Screenplay, Best Cinematography, Best Sound, dan Best Makeup and Hairstyling. “Maestro” bisa di-streaming di Netflix.

Past Lives

“Past Lives” yang disutradarai oleh Celine Song mendapatkan 2 nominasi dalam Oscars 2024, yaitu Best Picture dan Best Original Screenplay. Banyak yang berpendapat seharusnya Celine Song bisa masuk dalam nominasi Best Director, serta Greta Lee untuk Best Actress. Rilis pada 2023, film A24 ini sempat trending dinobatkan oleh banyak orang sebagai film paling mematahkan hati. Bukan film drama percintaan biasa, “Past Lives” mengisahkan reuni antara Nora dan Hae Sung.

Keduanya memiliki jalinan yang sangat erat sebagai teman masa kecil. Namun keduanya harus terpisah karena keluarga Nora pindah meninggalkan Korea Selatan. Menghabiskan waktu bersama selama seminggu ketika Hae Sung mengunjungi Nora yang sudah bersuami, mereka menavigasi cinta, takdir, dan pilihan hidup mereka. “Past Lives” sempat tayang di bioskop Indonesia dan menuai banyak ulasan positif dari penonton lokal.

Poor Things

Searchlight Pictures

Poor Things

Berada di posisi kedua setelah “Oppenheimer”, “Poor Things” mendapatkan 11 nominasi Oscars termasuk Best Picture. Disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, tentu saja film bergenre komedi fantasi ini memiliki konsep yang eksentrik.

Dibintangi oleh Emma Stone sebagai Bella Baxter, ia bukan wanita biasa, melainkan wanita yang dihidupkan kembali oleh ilmuwan. Kabur bersama seorang pengacara, ia melakukan petualangan dan perjalanan lintas benua.

Ini menjadi keempat kalinya bagi Emma Stone masuk nominasi Oscars. Selain itu “Poor Things” juga masuk nominasi Best Supporting Actor untuk Mark Ruffalo, Best Director untuk Yorgos Lanthimos, Best Original Score, Best Cinematografi, Best Adapted Screenplay, Best Production Design, Costume Design, Makeup and Hairstyling, serta Best Film Editing.

The Zone of Interest

Satu lagi film non-english yang masuk nominasi Best Picture Oscars 2024 adalah “The Zone of Interest”. Disutradarai oleh Jonathan Glazer, film drama sejarah ini diadaptasi dari novel Martin Amis bertajuk serupa. Film yang distribusikan oleh A24 ini merupakan hasil kolaborasi produksi Amerika Serikat, Inggris, dan Polandia.

Dibintangi oleh Christian Friedel sebagai komanda Nazi, yang membangun pemukiman dengan kehidupan sejahtera, tak jauh dari zona kamp konsentrasi. Sandra Huller dari “Anatomy of a Fall” juga membintangi film ini.

“The Zone of Interest” mendapatkan total 5 nominasi. Selain Best Picture, Jonathan Glazer masuk nominasi Best Director, kemudian Best Adapted Screenplay, kemungkinan besar memenangkan Best International Feature Film, serta masuk nominasi Best Sound. Film ini sudah mengantongi banyak penghargaan dari Cannes Film Festival. “The Zone of Interest” akan tersedia untuk di-streaming di KlikFilm.

The Holdovers The Holdovers

The Holdovers Review: Tidak Semua Liburan Adalah Liburan Terindah

Film

Dream Scenario Dream Scenario

Dream Scenario Review: Popularitas Berujung Mimpi Buruk

Film

Avatar: The Last Airbender Avatar: The Last Airbender

10 Serial Animasi Anak-anak Populer yang Juga Menghibur Penonton Dewasa

Cultura Lists

Emma Stone Emma Stone

10 Film Emma Stone Terbaik dan Terikonik

Cultura Lists

Connect