Connect with us
Vicious Novel Review
Photo via bookidote.com

Books

Vicious (2013) Novel Review

Saat manusia biasa menjadi luar biasa setelah bangkit dari kematian.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Vicious” merupakan buku karya penulis asal Amerika, Victoria Elizabeth Schwab yang lebih populer dengan nama V.E. Schwab. Novel ini, terbit pada tahun 2013 dan berhasil menjadi salah satu novel best seller dan sangat populer di beberapa Negara.

Novel ini mengisahkan dua pemuda bernama Victor Vale dan Eli Cardale seorang mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang sedang sibuk menulis dan melakukan penelitian untuk tesis mereka. Victor Vale yang memang merupakan siswa cerdas dengan begitu mudahnya mendapatkan ide untuk tesisnya yang juga dirasanya terlihat biasa saja bahkan membosankan. Lain lagi dengan Eli, ia memiliki ide yang mencengangkan untuk tesisnya hingga membuat professor Lyne, dosen pembimbingnya sedikit pesimis dengan keberhasilan tesisnya.

Namun, Eli bersikeras bahwa penelitiannya merupakan penelitian yang akan mengejutkan dunia. Eli dan Victor pun mulai berbagi pendapat tentang penelitian mereka khususnya pada penelitian Eli.

Persoalan dalam penelitian tersebut merupakan studi kasus yang aneh tapi seru. Penelitian ini menjelaskan bangkitnya manusia setelah mati dan kemudian menjadi manusia yang memiliki sebuah kekuatan atau yang mereka sebut sebagai manusia “luar biasa” atau extraordinary.

Eli yakin, keberadaan manusia extraordinary ini bisa dijelaskan secara ilmiah, maka dari itu Eli dengan berani mencoba penelitiannya sendiri, dibantu oleh Victor untuk merasakan kematian dan bangkit kembali menjadi manusia Luar Biasa. Eli memilih menghabisi hidupnya dengan cara berendam di air es. Victor berada disamping Eli dan akan membantunya untuk hidup kembali.

Victor menjadi sangat tercengang ketika Eli berhasil hidup kembali dengan kekuatan yang sangat aneh yang tidak akan mungkin dimiliki oleh manusia biasa.

Dengan keberhasilan Eli, Victor ingin mencoba hal itu (yang sebernarnya ini adalah percobaan kedua Victor), ia berencana menghabisi hidupnya dengan cara menyetrum dirinya sendiri dibantu oleh kekasih Eli. Dengan jutaan arus listrik yang mengaliri dirinya. Victor pun mati, tetapi saat itu juga Victor hidup kembali dengan jiwa yang baru namun penuh dengan kehampaan, dan yang lebih mengejutkan adalah ia pun memiliki kekuatan yang juga sangat aneh dan sedikit berbahaya.

Keberhasilan Victor untuk bangkit dari kematian ternyata membawa korban, hal itulah menjadi awal penyebab keretakan persahabatan antara Eli dan Victor. Lambat laun mereka pun menjadi musuh dan masing-masing memiliki tujuan tersendiri ketika mereka sudah menjadi manusia Luar Biasa.

Adapaun beberapa karakter yang menjadi sentral dalam buku ini, seperti Sidney Clarke seorang gadis berusia 12 tahun, korban penembakan yang ditolong oleh Victor, juga Mitch yang merupakan teman setia Victor, dan Serena seorang gadis cantik penuh misteri yang dekat dengan Eli Cardale.

Vicious Novel Review

Vicious Novel Review

Novel setebal 426 halaman ini (versi terjemahan), memiliki daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati para pembaca khususnya bagi penikmat novel bergenre thriller. Jangan mengharapkan romansa dalam novel ini karena kita akan kecewa. Namun, terlepas dari itu, alur yang dibuat sangatlah kokoh.

Kita akan dihadapkan pada beberapa plot antara masa lalu saat perkuliahan, dan masa kini saat Eli dan Victor berseteru. Dengan plot maju mundur ini, memberikan kesolidan cerita dan gambaran kehidupan yang kompleks dari masing-masing karakter.

Lewat beberapa bagian cerita kita akan menemukan, asal muasal karakter itu muncul, begitupun sebab akibat dari kehidupan karakter tersebut ditunjukkan dengan sangat baik. Novel ini bisa memberikan koneksi secara tidak langsung kepada pembaca untuk terlibat secara emosional terhadap setiap karakter. Seperti karakter Sidney dan Mitch yang begitu mengesankan.

Novel ini menghadirkan chapter-chapter yang unik. Di tengah bagian cerita yang sedikit panjang kita akan istirahat sejenak dengan chapter yang hanya berisi sedikit cerita. Hal ini, tidak membuat kita ingin berhenti membaca. Justru dengan chapter yang pendek ini, cukup membuat penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Di akhir novelnya, V.E. Schwab menyajikan latar waktu dari jam hingga beberapa menit menuju akhir kisah yang berhasil membuat jantung berdebar cepat. Sering kali di akhir beberapa chapter, kita akan menghela napas panjang, karena cerita yang disajikan begitu intens.

Karena novel ini bergenre fantasy, inti cerita memang memberikan hal yang aneh dan tidak masuk akal. Kita pun harus kuat dengan beberapa adegan sadis yang ada di dalamnya. Tetapi, novel ini sama serunya dengan cerita-cerita fantasy lain seperti X-Men ataupun Avenger dengan manusia-manusia yang memiliki kekuatan yang tidak biasa.

Ternyata, novel ini tidak berakhir di halaman terakhir saja, namun cerita akan berlanjut pada novel kedua berjudul “Vengeful” yang tentunya diharapkan akan seseru novel pertama ini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect