Connect with us
The Minimalists: Less is Now Review
Netflix

Film

The Minimalists: Less is Now Review

Kisah Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus sebagai pelopor gaya hidup minimalis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus merupakan dua sosok inspiratif yang telah membantu jutaan orang untuk menemukan kebahagian melalui gaya hidup minimalis. Dua sahabat karib ini membagi cerita mereka melalui blog, buku, podcast, hingga merilis film dokumenter pertama mereka di Netflix, “Minimalism: A Documentary About the Important Things” pada tahun 2016. Membuat gaya hidup minimalis semakin populer di kalangan masyarakat modern beberapa tahun belakangan.

Kembali bekerja sama dengan sutradara Matt D’Avella dan Netflix, Millburn dan Nicodemus kembali merilis film dokumenter terbaru bertajuk “The Minimalists: Less is Now”. Kita akan kembali mendengar kisah kedua pelopor tersebut dalam memeluk gaya hidup minimalis yang memberikan kebahagian dalam kehidupan mereka. Ditambah dengan narasumber yang memberikan informasi tentang gaya hidup konsumtif pada sebagian besar orang, serta opini dari berbagai orang yang akhirnya memutuskan untuk hidup minimalis.

The Minimalists: Less is Now Review

Netflix

Kembali Menceritakan Kisah Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus

Melalui film dokumenter pertama mereka pada tahun 2016, kita sudah mengenal sosok Millburn dan Nicodemus. Selain latar belakang dan alasan mereka memutuskan untuk menjadi seorang minimalist, kita juga akan melihat usaha mereka dalam mempromosikan buku “Minimalism” yang tidak mudah.

Bagi yang sudah menonton dokumenter pertama, mungkin akan merasa ada pengulangan materi pada “The Minimalists: Less is Now”. Dengan latar belakang kedua tokoh yang lahir dari keluarga miskin dan broken home, tumbuh sebagai orang yang percaya bahwa memiliki segalanya akan membuat mereka bahagia, hingga akhirnya mereka merasa tidak bahagia dan memeluk gaya hidup minimalis. Yang berbeda hanya directing visual dan sinematografi yang lebih terkonsep dan cinematic.

Namun, buat kita penonton baru, materi ini mungkin tidak akan menjadi masalah besar, namun justru inspiratif. Kita akan melihat bagaimana minimalisme masuk dalam kehidupan Millburn secara perlahan dengan proses yang emosional. Sementara Nicodemus mengalami proses perubahan yang lebih cepat dengan metode yang unik dan menyenangkan dibantu dengan sahabatnya tersebut.

Dari sini kita bisa melihat bagaimana setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda akan minimalisme. Kita sebagai penonton mungkin juga akan mengalami pengalaman yang berbeda jika ingin memulai gaya hidup yang membuat hidup menjadi terasa lebih ringan ini.

The Minimalists: Less is Now Review

Netflix

Inspirasi Bagi Kita yang Hendak Melakukan Perubahan di Tahun Baru

Minimalisme sendiri merupakan gaya hidup dimana kita memberi ruang lebih untuk hal yang bernilai, dengan membuang hal-hal yang esensial dalam kehidupan kita, dengan tujuan memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Setidaknya itu definisi minimalisme menurut Millburn dan Nicodemus. Melalui film ini, kita akan diajak mengupas makna dari gaya hidup tersebut melalui pengalaman dari kedua tokoh.

Selain kedua tokoh tersebut, kali ini ditambahkan pula footage dari banyak orang yang secara personal menceritakan pengalaman mereka menjadi seorang minimalist. Dengan berbagai latar belakang yang lebih generik dan relevan. Mulai dari masalah finansial hingga kebiasan belanja untuk hal-hal yang tidak butuhkan. Membuktikan bahwa ada banyak kasus dengan satu solusi yang sama; dengan beralih menjadi seorang minimalist.

Setelah menonton film dengan durasi yang tidak sampai satu jam ini, kita akan disuguhkan challenge #lessisnow dengan instruksi yang sederhana. Sebagai film yang rilis pada 1 Januari 2021, “The Minimalists: Less is Now” bisa menjadi tontonan inspiratif untuk memulai sesuatu yang baru di tahun ini, dengan harapan menemukan kehidupan yang lebih sederhana dan bahagia.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect