Connect with us
Four Seasons Hotel Alexandria At San Stefano
Four Seasons Hotel Alexandria At San Stefano

Cultura Lists

Solo Traveling Ke Tempat Bersejarah

Merayakan Hari Perempuan dengan napak tilas perjalanan para perempuan ikonis sepanjang sejarah.

Mengapa solo traveling penting bagi perempuan? Ternyata salah satunya adalah wujud self care. Bila sepanjang tahun kita telah sibuk bekerja, maka kita dapat memberikan hadiah pada diri sendiri berupa traveling. Kadang kita bosan melihat pemandangan yang sama setiap harinya. Bepergian sedikit lebih jauh dari biasanya dapat membantu kita untuk lebih bersemangat kembali setelah pulang. Istilahnya, recharge energi.

Self care penting untuk memertahankan kewarasan. Ketika dunia semakin sibuk dan cepat berputar, kita makin cepat merasa lelah dan tertekan. Kita butuh suasana baru. Sesuatu yang berbeda dan tak kita hadapi setiap harinya. Namun solo traveling pun bisa saja direncanakan sedikit lebih ambisius. Tak sekadar jalan-jalan tapi pergi ke tempat bersejarah, khususnya bagi kaum perempuan. Apalagi Maret adalah bulannya perempuan memperjuangkan kesetaraan.

Booking.com melakukan riset yang hasilnya adalah 1 dari 10 perempuan ingin solo traveling pada 2020. Salah satu ide untuk menentukan destinasi wisata kita adalah tempat-tempat kaum perempuan mencetak sejarah. Mereka adalah perempuan yang mendobrak stereotip pada masanya dan berhasil menginspirasi banyak orang hingga saat ini.

Raden Ajeng Kartini – Jepara

Kita merayakan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini yang melambangkan keberdayaan seorang perempuan. Kartini terkenal karena sosoknya yang memperjuangkan pendidikan untuk kaum perempuan. Di zamannya dulu, hanya perempuan dari keluarga kaya maupun perempuan dari Eropa yang mampu mengenyam pendidikan.

Kartini lalu membangun sekolah untuk mendidik perempuan membaca, menulis, mempelajari ketrampilan baru, serta mendapatkan pengetahuan. Setelah Kartini meninggal, sebuah lembaga yaitu Yayasan Kartini didedikasikan untuk meneruskan perjuangannya. Yayasan ini dibangun di Semarang pada 1912. Sejak itu yayasan tersebut mendirikan sekolah-sekolah perempuan di berbagai penjuru Indonesia.

Villa Isabella Putri B&B

Villa Isabella Putri B&B

Soal menginap, Villa Isabella Putri B&B Jepara sangat direkomendasikan. Di sini kita dapat menikmati fasilitas pantai pribadi. Pilihan makanannya pun beragam. Arsitektur bangunannya pun unik dengan desain melengkung. Perabotannya terbuat dari kayu. Kita dapat berenang bersama hiu di Taman Nasional Laut Karimun Jawa.

Michelle Obama – Chicago

Mungkin Michelle Obama adalah salah satu ibu negara yang paling dicintai di Amerika. Bahkan meski suaminya, Barack Obama, tidak menjabat lagi Michelle masih dielu-elukan banyak orang. Tak hanya karena suaminya adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden di Amerika. Michelle juga dikenal memperjuangkan pendidikan, kesehatan, mode, hingga memotivasi generasi muda kulit hitam. Ia dibesarkan di Chicago dan bersekolah di Harvard.

Sophy Hyde Park

Sophy Hyde Park

Chicago adalah salah satu kota besar di Amerika dengan desain arsitektur yang khas. Termasuk dengan penginapan-penginapannya yang indah misalnya Sophy Hyde Park. Tempat ini tak jauh dari tempat tinggal keluarga Obama. Sophye Hyde Park diapit dua ikon kota Chicago yaitu Museum Sains dan Universitas Chicago. Berdesain American Style yang didominasi warna putih, hotel ini memiliki jendela-jendela kotak berukuran besar sebagai aksen. Perabotannya terbuat dari kayu dan kulit sehingga menambah kesan mewah.

Frida Kahlo – Meksiko

Frida Kahlo tak hanya dikenal sebagai seorang seniman sekaligus feminis. Ia juga seorang disabilitas yang membuktikan bahwa keterbatasan tidak menghalangi langkahnya bersinar. Frida dikenal atas karyanya yang beraliran folk art dipadukan dengan realisme dan surealisme. Topik-topik karya seni Frida antara lain gender, ras, golongan, identitas, dan paskakolonialisme. Ia menghabiskan hidupnya di Coyoaćan, Mexico City.

Tempat tersebut kini dikenal sebagai Rumah Biru dan dibuka untuk umum. Pilihan menginap yang menarik adalah H12 Hotel Boutique. Terletak 2km dari Rumah Biru dan 3,7km dari National Cinematheque. Ini adalah gedung serbaguna tempat kita dapat mempelajari sejarah Meksiko dan industri perfilmannya. Ada berbagai kelas seni dan kegiatan menarik lainnya seperti festival. Arsitektur hotelnya unik dengan sentuhan tradisional yang digabung dengan cita rasa modern.

H21 Hotel Boutique

H21 Hotel Boutique

Frida pindah ke San Fransisco bersama suaminya, Diego, yang juga seorang seniman. Pemerintah kota itu lalu mendedikasikan sebuah jalan dengan nama Frida Kahlo Way. Bila ingin menginap di dekat tempat ini, salah satu pilihannya adalah White Swan Inn. Dekorasinya unik dengan wallpaper dinding bermotif bunga yang ramai. Selain terasa homey, lokasinya juga strategis dengan beberapa destinasi wisata di San Fransisco seperti Grace Chatedral dan Union Square.

Marie Curie – Polandia

Sebagai seorang ilmuwan, Marie Curie banyak mencatatkan sejarah gemilang. Ia adalah profesor perempuan pertama di University of Paris. Ia juga perempuan pertama yang mendapatkan Nobel dan meraihnya sebanyak dua kali. Marie juga penemu elemen polonium dan radium. Lahir di Warsaw, Polandia, Marie mendirikan Curie Institutes yang juga berdiri di Paris dan masih menjadi tempat penelitian penting hingga saat ini.

Millennium Awangarda Green

Millennium Awangarda Green

Millenium Awangarda Green adalah sebuah apartemen dengan lokasi strategis yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki ke Stasiun Warsaw West serta Istana Kebudayaan dan Sains. Desainnya minimalis dan menyediakan mesin cuci di dalam kamar. Tidak banyak perabotan sehingga bangunan terkesan luas dan bersih. Selain itu tempat ini dekat dengan pusat perbelanjaan.

Pemerintah Paris membangun Museum Curie di bangunan bekas laboratorium radiologi terbesar milik sang ilmuwan. Tak jauh dari sana kita dapat menginap di Le 66. Tempatnya mungil dan desainnya unik sehingga terasa seperti rumah sendiri. Letaknya 3,7 km dari Kastil Notre Dame dan 3 km dari Opera Bastille. Kamarnya dilengkapi dengan penghangat ruangan dan menyediakan banyak bukaan sehingga sinar matahari bebas masuk. Ada banyak tanaman hijau di sekelilingnya sehingga nampak asri.

Cleopatra – Mesir

Ia adalah seorang pemimpin perempuan paling terkenal dalam sejarah Mesir. Cleopatra merupakan penguasa Kerajaan Ptolemaic yang dikenal sangat pandai. Tak hanya mengamankan beberapa aliansi militer di bawah kekuasaannya, Cleopatra juga menguasai berbagai bahasa. Selain itu Cleopatra juga dikenal akan kisah cintanya. Ia berhasil menaklukkan hati banyak lelaki. Hidupnya digambarkan dalam banyak karya seni.

Four Seasons Hotel Alexandria

Four Seasons Hotel Alexandria

Four Seasons Hotel Alexandria At San Stefano adalah tempat bermalam yang tak boleh dilewatkan. Dengan pemandangan ke Laut Mediterania, pantai berpasir pribadi, dan beraneka ragam hidangan laut membuat menginap di sini menjadi kenangan tak terlupakan. Selain fasilitas yang sangat lengkap, hotel ini juga berjarak dekat dengan museum arkeologi Yunani-Romawi. Tak hanya aktivitas di alam, kita juga dapat berolahraga dan memanjakan diri lewat spa.

The RomeHello

The RomeHello

Cleopatra sempat berpindah tempat tinggal ke Italia. Saat itu ia berhasil menaklukkan hati Julius Caesar. Banyak perempuan Italia di masa itu meniru selera fashionnya. Kita dapat menginap di The RomeHello. Berjarak tiga menit dari halte terdekat dan tidak jauh dari Air Mancur Trevi dan Chiesa di Santa Susanna alle Terme di Diocleziano. Resepsionisnya menguasai banyak bahasa sehingga tamu takkan dibuat kesulitan. Kamar-kamar di hotel ini memiliki warna yang cantik. Bagian lobinya dihiasai mural yang indah.

Anasuya Sarabha – India

Anasuya adalah perempuan yang mempelopori pergerakan buruh di India dan mendapat dukungan dari Mahatma Gandhi. Mereka bekerja sama mendirikan persatuan buruh di Kota Gujarat untuk para pekerja tekstil. Kini lembaga itu bernama Self-Employed Women’s Association of India (SEWA). Anasuya lahir di Kota Ahmedabad, India. Ia lalu kuliah jurusan ekonomi di London. Itulah inspirasinya dalam mendorong pergerakan perempuan di India.

Hyatt Regency Ahmedabad

Hyatt Regency Ahmedabad

Museum Tekstil Calico adalah museum kain dan teknik tenun di India. Dulunya bangunan museum ini merupakan rumah Anasuya. Letaknya tak jauh dari Hyatt Regency Ahmedabad yang memiliki pemandangan indah ke arah Sungai Sabarmati. Desainnya modern dan mewah dengan pemandangan kota yang indah. Lokasinya strategis karena dekat dengan Masjid Jama dan Danau Kankarie.

The Strand Private Apartments - Covent Garden

The Strand Private Apartments – Covent Garden

The Strand Private Apartments terletak di Covent Garde, tak jauh dari sekolah lama Anasuya di London. Selain itu tempat ini juga dekat dengan landmark bersejarah seperti Somerset House dan Teater Lyceum. Desainnya putih minimalis yang terlihat mewah dan sangat lapang. Selain itu kita dapat berbelanja dan berjalan di taman kota di Westminster Borough. Tempat ini juga menyediakan mesin cuci sehingga bepergian lama tak menjadi kendala karena pakaian bersih selalu ada.

Related Articles:

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect