Connect with us
Lagu-lagu yang Bisa Menemani Proses Pendewasaan Diri
Morrissey (Photo: Ian Gavan/Getty Images)

Cultura Lists

Adulting Playlist: Lagu-lagu yang Bisa Menemani Proses Pendewasaan Diri

Lagu-lagu yang bisa didengarkan saat sedang lelah seiring bertambahnya usia.

Proses pendewasaan diri oleh sebagian orang dilewati dengan langkah yang tidak mudah. Banyak hal tidak sesuai dengan harapan, dan seseorang terkadang harus menyerah tanpa bisa berbuat apa-apa. Namun ada beberapa hal bisa dilakukan, salah satunya adalah mendengarkan lagu-lagu yang membuat perasaan menjadi tenang, atau setidaknya seperti sedang berbincang dengan seorang teman.

Ada relasi unik antara manusia dengan musik, biasanya orang akan terhubung dengan lagu-lagu melalui perasaan-perasaan yang sama. Lagu yang baik bisa berperan sebagai pembuka percakapan dengan diri sendiri atau bahan renungan tentang apa yang sedang dirasakan saat ini. Berikut adalah lagu-lagu yang bisa didengarkan saat sedang lelah seiring bertambahnya usia.

Growing Up – Daramuda (Rara Sekar)

Lagu “Growing Up” yang dibawakan solo oleh Rara Sekar dalam projectnya bersama Sandrayati Fay dan Danilla Riyadi “Daramuda”, merupakan lagu yang sangat sentimentil bagi beberapa pendengar.

Lagu ini mampu membuat cemas dengan lirik penuh ketakutan yang mengiringi sepanjang musik dimainkan. Rara Sekar seakan melempar banyak pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan ketika dihadapkan dengan pilihan-pilihan sulit dalam proses tumbuh dewasa.

Can anybody tell me
Can anybody help me
How to
What to do

Diulang-ulang dengan tempo yang menekan seperti dengungan permintaan tolong atas semua yang berada di luar kendalinya.

Dengan kecemasan yang diciptakan oleh lagu ini, pendengar seperti disadarkan bahwa keadaan suram yang terjadi dalam proses pendewasaan, bukan hanya terjadi pada satu dua orang saja, semua pernah mengalami dan Rara Sekar mewakili teman yang juga merasakan kegelisahan itu.

100 Years – Five For Fighting

Lagu lawas yang dibawakan oleh Five For Fighting ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 dalam album “The Battle for Everything”. Lagu “100 years” dibawakan dengan nada-nada tenang namun berisi lirik yang mendalam.

Menceritakan tentang proses hidup seorang manusia jika saja diberi kesempatan untuk hidup 100 tahun lamanya. Apa saja yang akan dilakukan dalam titik balik usia-usia pentingnya?

Lagu ini seakan ingin bercerita bahwa sepanjang usia, manusia akan selalu dihadapkan dengan hal-hal sulit dan itu sangat wajar. Mulai merancang mimpi di masa remaja, jatuh cinta dan mengejar cita-cita di usia 20an, berproses menjadi dewasa pada usia 30-an, menghadapi krisis di usia 40-an, dan kejutan-kejutan lain sampai berakhir usia.

Five for Fighting mengajak pendengarnya untuk menjalani hidup dan permasalahan didalamnya dengan cara bertahan seperti orang kebanyakan. Pendewasaan itu sulit, tapi nasib itu ditanggung bersama-sama oleh sebagian besar orang.

Takut – Idgitaf

Lagu yang saat ini sering terdengar dan menjadi favorit banyak orang berjudul “Takut”, berhasil dibawakan dengan sangat merdu oleh selebritas muda yang memiliki nama panggung Idgitaf.

Lagu ini merangkum ketakutan-ketakutan yang dialami manusia kebanyakan di usia 20-an. Dengan lirik-lirik jujur yang penuh dengan pertanyaan-pertanyaan rumit, bagaimana cara memulai? Bagaimana cara melanjutkan? Dan perasaan-perasaan bersalah karena belum bisa memenuhi harapan-harapan orang lain.

“Takut” menjadi cerminan banyak orang yang memiliki kekhawatiran yang sama dalam melalui proses menuju dewasa. Hal-hal yang dulunya diyakini dengan penuh harap, lambat laun hanya melahirkan kecemasan dan kekhawatiran saja.

Castle On the Hill – Ed Sheeran

“Castle On the Hill” adalah lagu yang mengiringi perjalanan menuju kampung halaman Ed Sheeran. Perjalanan ini memulai kilas balik masa kecil dan remajanya, dari cerita persahabatan, bertemu cinta pertama, dosa-dosa masa lalu, dan kisah-kisah penuh kenangan lainnya.

Lagu ini kemudian menyadarkannya bahwa apa yang telah terjadi di masa lalu tidak bisa terulang. Teman-teman yang dulu sekarang sudah larut dengan kesibukan dan nasibnya masing-masing. Tetapi, semua yang pernah dialami adalah sesuatu yang mengantarkannya pada sebuah proses pendewasaan

Melalui lagu “Castle On the Hill” Ed Sheeran mengajak para pendengarmya untuk belajar menjadi lebih dewasa dengan berdamai dengan masa lalu dan tidak pernah melupakan orang-orang yang mempunyai peran besar dalam hidup.

Spent the Day In Bed – Morrissey

Adulting song yang dibawakan oleh Morissey ini memiliki tema lain dari kebanyakan. Melalui lagu ini Morissey mengajak semua orang yang kelelahan menghadapi masalah-masalah hidup untuk bersantai menghabiskan waktu seharian di tempat tidur.

“Spent the Day in Bed” adalah nasehat kepada para manusia sibuk untuk tidak melakukan apa-apa, cukup beristirahat. Tidak usah menonton televisi yang isinya cuma menakut-nakuti saja, dan lakukan segala sesuatu dengan kata hati. Lagu pendewasaan yang cukup bijak dengan permainan musik santai dan sedikit berontak.

Paramore: This is Why Paramore: This is Why

Paramore: This is Why Single Review

Music

Beabadoobea: Beatopia Beabadoobea: Beatopia

Beabadoobea: Beatopia Album Review

Music

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Music

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Connect