Connect with us
Pieces of Her
Netflix

TV

Pieces of Her Review: Mengungkap Masa Lalu Kelam Sosok Ibu Penyayang

Memikat pada episode pertama, namun tidak berkembang sebagai cerita yang cerdas.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Pieces of Her” (2022) merupakan serial Netflix Original terbaru yang cukup antisipatif pada Maret ini, terutama karena dibintangi oleh Toni Collette. Selain Collette sebagai Laura Oliver, Jessica Barden (The End of the F World) kembali bermain dalam serial Netflix ini sebagai Laura muda. Tak ketinggalan Bella Heathcote sebagai Andy, anak tunggal Laura. Netflix Original Series ini bergenre thriller dengan plot misteri yang menjadi subjek utama untuk diungkap. 

Andy meninggalkan mimpinya di New York untuk tinggal bersama ibunya, Laura, yang sempat memiliki isu kesehatan. Pada hari ulang tahunnya yang ke-30, Andy dan ibunya melangsungkan makan siang di restoran, yang kemudian berubah menjadi situasi menegangkan ketika seorang pemuda melontarkan tembakan dengan senjata api. Hanya berniat untuk melindungi anaknya, Laura justru menjadi pahlawan dan menarik banyak perhatian. Cukup perhatian untuk memancing kembalinya masa lalu laura yang kelam.

Pieces of Her

Episode Pertama yang Menarik dan Misterius

Bermodal Toni Collette sebagai bintang utama dalam konsep trailer yang misterius (juga menampilkan Jessica Barden), “Pieces of Her” telah menimbulkan ekspektasi yang tinggi pada audience Netflix. Sebelumnya, Collette telah sukses tampil sebagai detektif dalam serial Netflix, “Unbelievable” (2019). Begitu juga Jessica Barden yang terkenal sebagai remaja jutek dalam “The End of F World” (2017 -2019). Serial terbaru ini juga mengandung elemen yang tak terlalu jauh dari kedua serial lama tersebut. 

Pada episode pertama, “Pieces of Her” menyajikan rentetan plot yang langsung memikat setelah adegan penyerangan yang menegangkan. Hingga akhirnya peristiwa tersebut runtuh bagai domino, membangkitkan ‘hantu’ dari masa lalu Laura. Kembali menjadi ancaman nyata yang bersiap untuk menerkam dirinya bersama sang anak, Andy. 

Perubahan sikap dan tindakan yang diambil oleh Laura akan membuat kita mulai berasumsi. Apakah Laura semacam mata-mata yang terlatih? Atau sesuatu yang lain dengan kejutan yang akan memukau penonton? Sayangnya, kesuksesan episode pertama akan dibalas dengan kelanjutan episode-episode berikutnya yang hanya membuat kita setengah hati menyimak perjalanan Andy yang beralih mendominasi plot.

Pieces of Her

Toni Collette yang Bersinar sebagai Ibu, dengan Karakter Anak yang Mengganggu

Aspek utama yang akan membuat kita kesal dalam mengikuti kelanjutan “Pieces of Her” adalah penokohan Andy. Anak perempuan Laura yang bersikap seperti remaja labil meski baru saja menginjak usia 30 tahun. Tak menunggu hingga episode ketiga, Ia langsung merusak objektif dengan tidak meninggalkan pesan penting dari ibunya.

Mungkin niatnya untuk menciptakan petualangan suspense dari perspektif Andy, namun penulis naskah tidak memperhatikan bahwa keputusan tersebut telah membuat karakter ini dibenci oleh sebagian besar penonton. Pola yang sama akan terus berlanjut, dimana Andy tampil ceroboh namun tiba-tiba bisa mengambil tindakan yang cerdas, atau sebaliknya. 

Namun, kita masih alasan cukup kuat untuk bertahan karena tokoh Laura Reed yang memiliki latar belakang misterius untuk diungkap. Kita akan mulai melihat plot flashback ke masa lalu Laura yang semakin intens dari episode ke episode berikutnya. 

Kualitas Plot Semakin Menurun Menjelang Episode Terakhir

Semakin berjalannya episode mendekati akhir, semangat kita hanya terus digerus. Kita mungkin sudah lelah untuk mengkritisi keputusan ceroboh dari Andy. Hingga perkembangan plot utama yang terus-terus berusaha memberikan kejutan yang tidak lagi mengejutkan. Setiap karakter tampil sebagai sesuatu yang bukan seperti dugaan kita, namun tidak dengan cara yang memikat.

Kita tidak akan mencintai karakter yang seharusnya didukung, kita juga tidak akan membenci karakter yang ditempatkan sebagai ‘penjahat’ karena masih ada menggantung ceritanya, tidak jelas apa motivasi sesungguhnya. 

Satu hal yang membuat beberapa dari kita bertahan hingga akhir adalah mengungkap kisah masa lalu Laura Reed. Sementara plot utama di masa kini tidak menyajikan plot investigasi misteri sesuai dengan ekspektasi kita. “Pieces of Her” memiliki indikasi kembali dengan season berikutnya karena masih beberapa plot yang menggantung. Namun Netflix belum memberikan pengumuman resmi untuk kelanjutan serial thriller terbarunya ini.

Click to comment

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Merugi Di Awal Tahun, Netflix Perkenalkan Iklan Sebagai Opsi Baru Merugi Di Awal Tahun, Netflix Perkenalkan Iklan Sebagai Opsi Baru

Netflix Perkenalkan Iklan Sebagai Opsi Baru

Current Issue

rebecca 2020 rebecca 2020

10 Film dengan Plot Romansa yang Berubah Menjadi Horor

Cultura Lists

Suami-suami Masa Kini Suami-suami Masa Kini

Suami-suami Masa Kini Review: Tentang Gejolak Hidup Laki-laki Kekinian

TV

Advertisement
Connect