Connect with us
MTV VMA 1992 nirvana
Kurt Cobain performing at the 1992 MTV Video Music Awards on September 9, 1992 Photo by Frank Micelotta/ImageDirect

Cultura Lists

Penampilan MTV VMA Terikonik dan Terbaik

Sederet momen penampilan di MTV VMA yang paling berkesan.

MTV VMA merupakan salah satu ajang musik bergengsi di skena musik mainstream hingga saat ini. Selain pengumuman pemenang, penampilan musisi favorit penonton di panggung VMA juga selalu menjadi highlight dalam perhelatan besar ini.

MTV VMA menjadi salah satu performance stage dimana setiap musisi bisa mengeksekusi konsep yang extraordinary. Baik secara kualitas musikal maupun kemegahan dan keunikan secara visual.

Ada penampilan ikonik dengan gimmick yang fenomenal hingga kontroversial, ada juga penampilan terbaik sebagai suguhan seni. Dalam rangka euphoria MTV VMA 2022, berikut sederet penampilan MTV VMA terunik dan terbaik versi Cultura.

Terbaik: Give it Away – Red Hot Chili Peppers

Pada MTV VMA 1992, Red Hot Chili Peppers (RHCP) menampilkan kemeriahan dengan membawa penggemarnya untuk tampil di panggung bersama mereka, menari bersama dengan alunan  ‘Give it Away’. Berbeda dengan panggung VMA masa kini dengan keglamoran dan clean concept-nya, momen ini meneriakan era rock 1990-an yang kalut sekaligus menyenangkan. Pada MTV VMA 2022, RHCP menerima Global Icon Awards.

Terikonik: Vogue – Madonna

Banyak diakui sebagai penampilan di MTV VMA terbaik sepanjang masa, Madonna lebih pantas dibilang ikonik ketika membawakan ‘Vogue’ pada 1990. Sebagai ajang penghargaan video klip musik, Madonna bersama kru menampilkan stage performance layaknya pertunjukan teater bertema victorian glam drag balls.

Lebih fokus memberikan pertunjukan tari dan akting, Madonna bahkan tidak pusing pura-pura pakai mic agar tidak terlihat terlalu jelas bahwa Ia lipsync. Madonna menampilkan koreografi ‘Vogue’ yang nakal cukup kontroversial pada masanya. Namun, jika kita lihat dengan jelas, kunci dari keberhasilan pertunjukan ini adalah Madonna yang tampil totalitas dan percaya diri dalam setiap gesture kontroversialnya.

Terbaik: Lithium – Nirvana

Siapa yang rindu penampilan raw dari band rock di panggung MTV VMA? Nirvana menjadi salah satu penampil terbaik pada MTV VMA 1992, selain RHCP. Ketika kita berpikir penampilan mereka tidak akan ‘sekacau’ RHCP, menjelang akhir penampilan, kehebohan mulai terjadi. Mulai dari penonton yang naik panggung lalu melakukan surf crowd, Krist yang melempar bass-nya, hingga Cobain yang menghancurkan speaker dengan gitarnya.

Cobain juga punya hobi ‘menggoda’ MTV dengan memainkan intro ‘Rape Me’ setiap kali tampil live, menjadi gimmick yang lucu di penampilan Nirvana setiap kali manggung di MTV.

Terikonik: I’m a Slave 4 U – Britney Spears

Satu lagi penampilan paling ikonik dari MTV VMA 2001 adalah Britney Spears membawakan hits-nya, ‘I’m a Slave 4 U’. Dalam durasi kurang lebih 4 menit, Britney menyulap panggung VMA menjadi hutan rimba. Lengkap dengan dekorasi, konsep kostum para penari latar yang termasuk kolosal (mirip dengan video klip original), dan kehadiran beberapa binatang buas di panggung live.

Britney sendiri keluar dari kerangkeng dengan singa asli di dalamnya (bersama pawang). Hingga momen ikoniknya, ketika Ia mengalungkan ular piton berwarna putih dan kuning yang besar di pundaknya. Tampil serasi dengan balutan bikini hijaunya. Saat itu Britney Spears masih berusia 19 tahun.

Terbaik: Blinding Lights – The Weeknd

‘After Hours’ menjadi momen kesuksesan The Weeknd yang masih tidak bisa kita lupakan. Pada era ini, The Weeknd mendominasi banyak live stage performance. Mulai dari American Music Awards, Super Bowl Halftime Show, Billboard, dan pastinya MTV VMA 2020. Keterbatasan (tak tanpa audience karena pandemi) justru menjadi kesempatan solois ini memberikan penampilan yang maksimal.

The Weeknd tampil di atas gedung pencakar langit di New York dengan latar belakang langit malam dan helikopter yang megah. Kemudian ditutup dengan kembang api yang semarak dari kapal yang stand by di bawah. Menyanyi secara live juga, The Weeknd juga menampilkan improvisasi vokal yang lebih bagus dari versi recording-nya.

Terikonik: Love on Top – Beyonce

‘I want you to feel the love that’s growing inside me’, menjadi sambutan pembuka sebelum Beyonce menyanyikan ‘Love on Top’ pada MTV VMA 2011. Lebih dari sekadar ungkapan cinta yang sesuai dengan lagu yang Ia bawakan, ungkapan tersebut ternyata foreshadowing untuk pengumuman kehamilan di akhir penampilan.

Melihat kembali penampilan satu ini, kita bisa melihat sang diva benar-benar tampil bahagia dan aura tersebut terpancar selama Ia bernyanyi di atas panggung. Beyonce mampu tampil sempurna dalam balutan tuksedo blink-blink dan high heels. Membawakan setiap keynote tinggi dengan sempurna dengan fakta Ia sedang mengandung Blue Ivy, anak perempuan pertamanya.

Terbaik: Ungodly Hour – Chloe x Halle

Menjadi penampilan yang cukup underrated, Chloe x Halle membawakan ‘Ungodly Hour’ menjadi penampilan terbaik versi Cultura pada  MTV VMA 2021. Sayang sekali penampilan ini bahkan tidak masuk main stage kala itu. Mulai dari presentasi secara visual, konsep kostum, dan rearrangement musik versi live-nya yang tak tergantikan.

Kakak beradik berbakat ini tampil dalam balutan one piece metalik yang berkilau sebagai pencahayaan dramatis. Penampilan mereka terlihat futuristik sekaligus klasik dipadukan dengan lagu pop R&B sensual yang mereka nyanyikan. ‘Ungodly Hour’ aransemen live satu ini merupakan salah satu yang terbaik.

Terikonik: Dynamite – BTS

Menjadi sensasi di dunia musik internasional, banyak Army dari negeri barat menantikan kehadiran BTS di panggung-panggung besar. Hingga akhirnya pada MTV VMA 2020, BTS menampilkan hits-nya, ‘Dynamite’ yang meledak kala itu. BTS tampil dalam balutan suit yang elegan dan stylish, serasi dengan latar visual perkotaan New York lokasi MTV VMA 2020.

Terbaik: DNA./HUMBLE. – Kendrick Lamar

Kendrick Lamar ‘membakar’ panggung MTV VMA 2017 dengan hits-nya ‘DNA’ dan ‘HUMBLE’. Meski tanpa penari latar dan konsep yang heboh, Kendrick Lamar selalu berhasil membuat penonton heboh dengan presentasi rap-nya yang swaggy.

Penampilan semakin panas menuju transisi ‘HUMBLE’ dimana Kendrick Lamar bernyanyi di depan penari latar yang ‘dibakar’. Kemudian klimaksnya adalah latar jaring api dengan penari berkostum seragam karate memanjat jaring tersebut. Meski dengan latar yang cukup menarik perhatian, perhatian kita tak akan teralihkan dari penampilan Lamar yang nge-rap dengan aransemen musik live dengan full-band rock.

Terikonik: Pink Venom – Blackpink

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Blackpink tampil di panggung MTV VMA 2022. Momennya sangat tepat karena empat dara cantik ini baru saja kembali dengan single terbaru bertajuk ‘Pink Venom’. Menjadi momen comeback yang juga sudah lama dinanti semenjak ‘The Album’ pada 2020 lalu. Perayaan ini juga semakin maksimal euphoria-nya karena Blackpink bisa tampil di depan penonton secara live.

Beabadoobea: Beatopia Beabadoobea: Beatopia

Beabadoobea: Beatopia Album Review

Music

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Soccer Mommy: Sometimes, Forever Album Review

Music

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Connect