Connect with us
Mr. & Mrs. Smith
Prime Video

TV

Mr. & Mrs. Smith Review: Marriage Story dengan Laga dan Ledakan

Bukan remake atau reboot, Mr. & Mrs. Smith versi Donald Glover sajikan skenario pernikahan berbeda.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Mr. & Mrs. Smith” merupakan film laga komedi romantis ikonik dari sutradara Doug Liman. Dibintangi oleh pasangan Hollywood yang ikonik juga pada masanya, Brad Pitt dan Angelina Jolie, pasangan yang saling menyembunyikan identitas mereka sebagai agen rahasia.

19 tahun semenjak filmnya yang rilis pada 2005 silam, Donald Glover bersama dengan Francesca Sloane mendaur ulang naskah Simon Kinberg tersebut menjadi serial di Prime Video.

Dibintangi pula oleh Donald Glover sebagai John Smith dan Maya Erskine sebagai Jane Smith, keduanya adalah agen rahasia yang menikah demi misi. Ya, ini menjadi perubahan besar dalam premis “Mr. & Mrs. Smith” versi terbaru. Bukan skenario kucing-kucingan suami istri yang merahasiakan identitas, namun tantangan yang masih sama tetap menjadi konflik utama kedua agen rahasia ini; pernikahan mereka.

Jika bukan Donald Glover, mungkin serial ini tidak akan dikompromi dan menerima perhatian seperti sekarang. Karena melihat proyek serial Glover sebelumnya seperti “Atlanta” dan “Swarm” ada kepercayaan akan serial ini.

Mr. & Mrs. Smith

Definisi dan Konflik Pernikahan yang Berbeda di Antara Pasangan Agen Rahasia

Pernikahan memiliki definisi yang berbeda untuk John dan Jane Smith satu ini. Ada perpaduan antara kewajiban akan misi yang sifatnya formal, namun mereka juga tidak bisa lepas dari hal natural yang terjadi ketika pria dan wanita hidup bersama dengan komitmen. Ini seperti “Marriage Story” namun dengan laga dan ledakan. Daripada berdebat hak asuh anak atau menuduh siapa yang selingkuh duluan, John dan Jane kerap bertengkar ketika terjadi perbedaan pendapat dan kesalahan dalam menjalankan misi.

Jika “Mr. & Mrs. Smith” 2005 dari cinta jadi benci (kemudian cinta kembali), Donald Glover dan Maya Erskine mengalami perkembangan hubungan yang akan kita simak sepanjang episode serial ini. Mulai dari orang asing yang saling bertemu, menjalankan misi pertama bersama, hingga akhirnya semakin dekat dengan benih-benih asmara sungguhannya yang mengikuti.

Perasaan penonton yang lebih dipermainkan, karena kita harus shifting antara ketika sedang bersantai, bermain suami-istri, kemudian harus kembali garang dan serius lagi ketika menjalankan misi.

Mr. & Mrs. Smith

Penampilan Donald Glover dan Maya Erskine yang Memikat

Jika memiliki ekspektasi hubungan cinta yang panas seperti Angelina Jolie dan Brad Pitt, Donald Glover dan Maya Erskine berada dalam skenario yang tidak menargetkan chemistry demikian. Dua “Mr. & Mrs. Smith” yang telah ada sebetulnya memiliki score setara, hanya berbeda cita rasa.

Versi film orisinalnya lebih terasa hiperbola untuk alasan yang baik. Sementara versi serial lebih memiliki nuanasa thriller suspense, dengan sentuhan komedi. Cita rasa hiperbolanya diturunkan untuk naskah dan perkembangan hubungan karakter yang lebih natural.

Glover tampil menarik dengan karakternya John Smith, yang jatuhnya tidak seperti protagonis laga yang sudah umum. Daripada tipikal agen rahasia yang dingin atau sebaliknya penggoda, ia tampak lebih natural sebagai pria yang sedang mengalami kebingungan dalam skenario pernikahan tak biasa, tersakiti baik secara mental maupun fisik. Daripada chemistry yang intim dan romantis, Glover dan Erskine lebih mengarah pada chemistry rekan kerja dengan keuntungan. Mereka bertengkar tak terlalu berbeda dari pasangan asli, namun dengan konteks yang berbeda karena definis pernikahan mereka yang dari awal sudah tidak biasa.

Produksi Serius Layaknya Film Drama Laga Hollywood

Tak banyak serial laga rilisan streaming platform menimbulkan ekspektasi budget produksi yang totalitas. “Mr. & Mrs. Smith” bukan salah satu yang patut kita remehkan. Serial ini tidak main-main dalam menghadirkan efek visual, sound mixing, dan variasi lokasi yang sudah semestinya immersive dalam genre laga. Tingkat produksinya bisa disetarakan dengan film-film Hollywood yang serius.

Mulai dari aksi baku tembak sambil kejar-kejaran dengan mobil, episode berlatar di ski resort, hingga ledakan-ledakan yang dihadirkan dengan efek praktikal. Meski tetap ada penggunaan CGI dalam adegan-adegan tertentu, eksekusinya sudah sesuai standar layak. Satu lagi yang seru dari desain produksi serial “Mr. & Mrs. Smith” ini adalah lagu-lagu yang jadi soundtrack-nya. Tidak kaget sebetulnya, karena Donald Glover sendiri adalah seorang musisi dengan selera musik yang tak perlu diragukan lagi.

Secara keseluruhan, “Mr. & Mrs. Smith” versi Prime Video bukan reboot apalagi remake dari versi OG-nya yang ikonik. Donald Glover lebih mengandaptasi skenario suami-istri dengan profesi agen rahasia, namun plot dan konsep semestanya jauh berbeda. Mungkin tidak memenuhi ekspektasi penonton umum, namun tetap layak tonton dengan keseruannya sendiri.

Hazbin Hotel Hazbin Hotel

Hazbin Hotel Review: Balada Hotel di Neraka

TV

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

House of Ninjas House of Ninjas

House of Ninjas Review: Laga Ninja Berlatar Thriller Spionase Modern

TV

Echo Echo

Echo Review: Alaqua Cox Semakin Memikat dan Ikonik sebagai Maya Lopez

TV

Connect