Connect with us
HTONE

Music

HTONE Merilis ‘Pura-Pura’: Soundtrack Dalam Diamnya Gadis yang Sembunyikan Perasaan Suka

Single ini dirilis sebagai salam perkenalan ke industri musik nasional.

Dalam perjalanan hidup yang penuh warna, fase remaja kerap dianggap sebagai masa yang dipenuhi dengan misteri dan ketidakjelasan. Remaja, sebagai pahlawan yang masih mencari jati diri, sering kali menemukan diri mereka terjebak dalam kebingungan, perasaan cemas, dan keragu-raguan tentang masa depan. Perasaan campur aduk ini kemudian dikemas secara kreatif menjadi sebuah single upbeat yang ceria oleh HTONE dengan judul ‘Pura-Pura’. Lagu ini menjadi single pembuka di tahun 2024 oleh HTONE setelah sebelumnya merilis Debut Single berjudul ‘Satu-Satunya’.

HTONE adalah grup idol lokal asli Surabaya yang terbentuk dari siswi SMA dengan impian untuk menapaki jalur gemilang menjadi idola yang bersinar. Di bawah arahan Winda sebagai leader, Divka yang memukau sebagai lead vocal, serta harmoni indah dari Lia dan May, mereka menciptakan paduan suara yang mempesona.

‘Pura-Pura’ adalah lagu Pop Idol yang menceritakan tentang dinamika cinta di antara persahabatan dalam sebuah kelompok remaja. Lagunya sedih, namun ceria. Dibalut dalam aransemen drum upbeat dengan melodi ceria yang dituturkan melalui sederet Synthesizer yang tertata rapi dan tebal sehingga terdengar seperti karya musik era Girlband mainstream yang cukup populer di tahun 2010-an.

Menurut HTONE, lagu ‘Pura-Pura’ adalah pengingat bahwa tidak semua orang memiliki kekuatan untuk menyatakan perasaan. Mengingat adanya resiko, sebuah benang tipis yang bisa putus apabila kita berusaha melewatinya. Sehingga terkadang jauh lebih mudah untuk menjalani hidup dalam ilusi kenyamanan bahwa semua akan baik-baik saja apabila kita tidak melakukan apa-apa.

“Cinta itu tidak perlu disembunyikan dengan pura-puraan. Menurut kami, ketika seseorang mengalami yang namanya jatuh cinta, rasa itu seharusnya diungkapkan langsung kepada orang yang disuka dengan tulus dan apa adanya,” ujar para personil HTONE.

HTONE

Sebagai Idol Group yang mengusung genre Pop Idol, Komposisi musik “Pura Pura” tetap disusun sesuai dengan konsep karya musik HTONE yang telah dikenal sebelumnya. Untuk mempertahankan warna musik, kali ini HTONE masih bekerjasama dengan Satriagung Caesar Wijaya sebagai Composer dan Produser. Satria sebelumnya juga turut terlibat di produksi Debut Single HTONE ‘Satu-Satunya’ sebagai Composer bersama Alia Sabilla sebagai Lyricist dan Masdito Bachtiar sebagai Audio Engineer.

“Untuk referensi aransemennya, kami merujuk kepada girl group yang populer di era 2000-an awal seperti Cherrybelle, Princess, dan SuperGirlies. Sedangkan untuk twistnya kami banyak terinspirasi dari karya-karya AKB48, mungkin juga mengarah ke Korea seperti CSR, Dreamcatcher, dan IU. Untuk penulisan liriknya sendiri kami banyak sekali menggunakan bahasa percakapan gadis remaja pada umumnya, sedikit introvert dan penakut, mungkin bisa dibilang lugu, namun penuh dengan harapan dan impian,” begitu kata Satria selaku produser.

Dengan lirik yang banyak mengangkat tema percakapan gadis remaja, “Pura Pura” menggambarkan sosok gadis introvert namun penuh harapan dan impian. Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa Lagu ini, sesuai dengan era sekarang, diharapkan dapat meresonansi dengan banyak orang yang mengalami hal serupa dalam kehidupan mereka.

 

Proses pengerjaan lagu ini memakan waktu kurang lebih tiga bulan. Mulai dari penulisan lagu, pengerjaan aransemen, rekaman, hingga mixing-mastering. Lagu ini memiliki vibe yang serupa namun berbeda dari single yang sebelumnya. Meski sama-sama mengusung Pop Idol, namun HTONE ingin single kedua ini terdengar lebih fresh dan rancak.

Single ‘Satu-Satunya’ mungkin terdengar sangat terinspirasi oleh grup Pop Idol Jepang yang menjadi inspirasi mereka, namun dari situlah muncul gagasan untuk membentuk karakter dan konsep original sendiri, sehingga dapat menunjukkan betapa seriusnya HTONE dalam produksi single kali ini.

Di tahun 2024 ini, HTONE berkomitmen untuk lebih aktif merilis karya original dan berkolaborasi dengan musisi-musisi lain baik di surabaya maupun indonesia. HTONE merasa bahwa sudah datang saatnya mereka melangkah maju keluar dari zona nyaman dan bertandang di pasar yang jauh lebih menantang. Sejumlah project dan back catalog sudah mulai dipersiapkan untuk menyambut Debut EP yang akan mereka rilis di waktu mendatang.

“Melalui perilisan single ini, kami ingin berjalan lebih jauh dan mengenal dengan lebih banyak orang di industri musik nasional. Selanjutnya kami akan menggelar acara perilisan single yang disusul dengan perilisan video musik dan tur keliling untuk promosi.” tutup para personil HTONE.

meghan trainor timeless meghan trainor timeless

Meghan Trainor Rilis Album Keenam “Timeless”

Music

Steve Aoki dan Bassjackers Luncurkan Kolaborasi Double Single

Music

IMP Rilis Album Perdana “Departure”

Music

ARTMS Merilis Album Debut Full-length ARTMS Merilis Album Debut Full-length

ARTMS Merilis Album Debut Full-length

Music

Connect