Connect with us
Gannibal Review (Episode Pilot)
Disney+

TV

Gannibal Review (Episode Pilot): Menguak Misteri Keluarga Kanibal di Desa Terpencil

Sajikan perkembangan cerita thriller yang cepat hanya dalam dua episode perdana.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Gannibal” merupakan serial thriller Jepang terbaru yang tayang di Disney+ Hotstar. Dibintangi oleh Yuga Yagira, Sho Kasamatsu, dan Riho Yoshioka.

Agawa Daigo pindah ke desa terpencil bersama istri dan anaknya. Ia adalah polisi muda yang dipindahkan tugas dari kota besar, membuatnya harus bisa beradaptasi di komunitas penduduk desa yang lebih guyub. Namun, setelah bertemu dengan keluarga Goto, Daigo menemukan hal tidak biasa tentang keluarga tersebut. Begitu pula segenap anggota keluarga Goto dengan tradisi mereka yang mengerikan.

“Gannibal” telah merilis dua episode perdananya pada penghujung Desember lalu. Sebagai weekly series, sebagian update episode terbaru akan kita nikmati Januari ini.

Belakangan ini semakin banyak serial Jepang yang masuk streaming platform. Pilihan genrenya juga makin variatif, mulai dari survival death game seperti “Alice in Borderland” dan salah satu thriller terbaik di Netflix, “Ju-on: Origins” (2020). Genre thriller Jepang masih sedikit di katalog streaming lokal, “Gannibal” bisa jadi serial thriller yang kita cari-cari.

Gannibal Review (Episode Pilot)

Rahasia Mengerikan Keluarga Goto di Desa Kuge

“Gannibal” sebetulnya memiliki latar cerita yang sudah tidak asing lagi. Agawa Daigo sebagai protagonis, bersama keluarganya pindahan dari kota ke desa. Beberapa dari kita mungkin bisa memahami kegelisahan ketika pindah ke tempat baru. Apalagi di pemukiman desa terpencil seperti desa Kuge di pegunungan.

Meski serial ini berlatar di era modern, kita akan seperti di bawa ke masa lalu, karena latar pedesaan yang sederhana dan masih alami. Namun, karena kita tahu bahwa serial ini bergenre thriller, setiap hal baru akan membuat kita was-was. Bahkan ketika segenap penduduk desa menyambut hangat keluarga Daigo.

Kegelisahan yang dirasakan penonton sejak awal karena sudut pandang thriller yang sudah dipresentasikan melalui prolog. Tanpa basa-basi, kita langsung diperlihatkan adegan yang menampilkan kegilaan dan kebrutalan. Seperti babak akhir dari suatu cerita, yang belum kita pahami awal mula dan kronologinya. Di sinilah peran Daigo sebagai protagonis yang akan kita simak kisahnya sebagai polisi baru yang ditugaskan di desa Kuge.

Penonton akan dibuat merasa gelisah akan teror yang masih bersembunyi dalam skenario pada dua episode pertama ini. Penulis juga tidak pelit memberikan informasi-informasi penting dalam babak prolog ini. Namun, tetap ada misteri lebih besar yang sepertinya masih disembunyikan dari penonton untuk membuat kita tetap lanjut nonton.

Penuh Misteri dan Latar Belakang Karakter yang Masih Bikin Penasaran

Selain misteri keluarga Goto dan desa Kuge yang masih misterius, setiap karakter dalam “Gannibal” juga belum terungkap latar belakangnya. Tak hanya hanya karakter di desa Kuge, Agawa Daigo pun merupakan protagonis yang masih tidak kita ketahui ‘asli’-nya. Mengapa ia dipindahkan ke desa terpencil? Mengapa anak perempuannya tidak mau bicara? Apa yang sebetulnya terjadi pada keluarganya sebelum timeline ini? Ada beberapa tease yang mengarahkan kita pada pertanyaan-pertanyaan tersebut, namun belum terjawab.

Meski kita sudah tahu bahwa keluarga Goto adalah keluarga disebut-sebut sebagai keluarga kanibal, kita belum tahu jelas apa yang sebetulnya terjadi dalam keluarga mereka. Bagaimana sejarahnya, seperti apa praktek kanibalisme yang mungkin dilakukan oleh anggota keluarga Goto? Mengapa penduduk desa Kuge masih membiarkan keluarga Goto menetap di desa tersebut? Dua episode perdana “Gannibal” menimbulkan banyak pertanyaan yang semakin membuat kita penasaran.

Perkembangan Plot yang Sangat Cepat

Drama dengan genre misteri identik dengan perkembangan plotnya yang lambat dan suspenseful. Namun laju plot yang sangat cepat pada “Gannibal” akan membuat kita cukup terkejut. Karena jarang sekali serial thriller masa kini menampilkan banyak adegan mengejutkan hanya dalam dua episode pertama. Penonton cenderung akan diayun-ayun dalam babak pertama yang tenang yang secara perlahan akan berkembang menjadi kegilaan.

“Gannibal” sendiri memiliki banyak elemen misteri yang sudah sering diadaptasi. Mulai dari pemukiman terpencil, keluarga dengan rahasia kelam, hingga tema kanibalisme. Jadi tak ada gunanya juga menyajikan plot lambat dengan rahasia yang mudah tebak, apalagi judulnya sudah sangat mengacu pada tema kanibalisme.

Meski masih belum banyak pertanyaan terjawab, bukan berarti tak terjadi apa-apa. Sekuen adegan menegangkan dan aksi dari setiap karakter terlihat cepat namun tidak impulsif. Jadi semakin membuat penasaran kalau dua episode saja perkembangan cerita sudah sangat signifikan, hal gila seperti apa lagi yang akan terjadi pada episode-episode selanjutnya?

“Gannibal” merupakan serial thriller mister yang benar-benar menjual misteri. Setidaknya pada dua episode perdana ini. Laju plot yang sangat cepat dijamin tidak akan membuat kita bosan. “Gannibal” update episode terbarunya di Disney+ Hotstar setiap hari Rabu.

the last of us episode 2 the last of us episode 2

The Last of Us (Episode 2) Review: Infected

TV

Junji Ito Maniac: Japanese Tales of the Macabre – Adaptasi Manga Horor yang Kehilangan Jiwanya

TV

alice in borderland season 2 review alice in borderland season 2 review

What to Stream This Weekend: Issue #5

Cultura Lists

The Sound of Music The Sound of Music

The Sound of Music Review: Musikal Klasik Terikonik yang Tak Lekang oleh Waktu

Film

Connect