Connect with us
Rina Sawayama performs at The Roundhouse 2018 in London. (Photo: Burak Cingi/Redferns)

Music

Enter Sandman Metallica Versi Nu Metal yang Memukau dari Rina Sawayama

Rina Sawayama cover hits tersukses Metallica untuk “The Metallica Blacklist”.

Rina Sawayama baru saja membagikan cover terbarunya untuk hits klasik Metallica, “Enter Sandman”. Track cover ini akan masuk dalam album tribute 30 tahun band Metallica, “The Metallica Blacklist” yang akan rilis pada 10 September mendatang.

Tak hanya Rina Sawayama, pada awal Agustus kemarin, Weezer juga telah membagikan cover “Enter Sandman”. Namun, Rina bisa dibilang lebih unggul dalam memberikan versi cover terbaik sejauh ini untuk track metal legendaris ini.

“Enter Sandman” versi Rina Sawayama menyuguhkan nuansa baru dengan eksekusi yang tepat. Dimana Ia memilih genre nu metal sebagai warna utama dalam cover ini.

Merupakan pilihan tepat karena genre tersebut bisa menyatukan identitas Rina yang belakangan ini juga bereksperimen dengan genre tersebut, dan masih ada pengaruh genre metal yang merupakan identitas dari Metallica.

Cover dibuka dengan riff gitar dan bass line khas yang dipertahankan sebagai dasar komposisi. Bersiaplah memasuki dimensi Rina Sawayama ketika mendengar komposisi drum rock diganti dengan drum beat bernuansa industrial rock. Samar-samar hembusan girl crush terdengar melalui chant yang menyelimuti akselerasi instrumental. Memberikan identitas feminin sekaligus garang, bahwa lagu ini adalah versi ‘wanita’ dari sebuah track yang maskulin.

Salah satu kekuatan dari track “Enter Sandman” Metallica adalah proses membangkitan mood pendengar pada bagian instrumen pembuka. Dengan aransemen yang baru, Rina Sawayama tetap berhasil mempertahankan energi tersebut, bahkan memberikan sesuatu yang fresh dan menarik perhatian pendengar untuk terus mendengarkan “Enter Sandman” versinya.

Secara keseluruhan, Rina tidak mengubah dasar komposisi dari track ini, Ia hanya mengganti beberapa elemen dan membungkusnya dengan mastering yang lebih modern.

“Enter Sandman” versi Rina juga memiliki layering musik yang lebih tebal dan avant-garde. Ia juga hati-hati dalam mengganti elemen-elemen penting dari komposisi lagu ini. Ia tidak menghilangkan rumus mood-building pada bagian pembuka, tetap menyelipkan gitar solo komposisi original pada interlude, hingga fade out pada bagian akhir track. Perubahan tepat Ia selipkan pada bagian lirik doa, dibawakan dengan melodi vokal, menampilkan suara lembut dari Rina sebagai penyanyi pop wanita. Melalui project cover ini, Rina Sawayama telah memperkuat identitasnya sebagai musisi yang berkarakter kuat.

Merupakan tanggung jawab yang besar untuk mengcover hits terpopuler dari band metal legendaris. Tak berusaha menandingi, namun juga tak ingin rendah diri, rasa percaya diri Rina telah terpancar dalam cover ini.

“Enter Sandman” versi Rina Sawayama sudah bisa dipastikan menjadi salah satu highlight dari album “The Metallica Blacklist” yang patut diapresiasi lebih. Selain Rina Sawayama, musisi lain mulai dari Phoebe Bridgers, Royal Blood, The Neptunes, J Balvin, hingga IDLES juga akan mengcover lagu-lagu terbaik dari Metallica dalam album tersebut.

Kebangkitan Semangat Pop Punk 2000an pada Musisi Perempuan Terkini

Entertainment

People’s Choice Awards 2021 People’s Choice Awards 2021

Pemenang People’s Choice Awards 2021

Entertainment

Hivi Hivi

Hubungan Istimewa HIVI! Bersama Penggemarnya Melalui Musik

Music

Black Country, New Road Black Country, New Road

Black Country, New Road: Concorde Single Review

Music

Advertisement
Connect