Connect with us
Dere

Music

Dere: Tanya Single Review

Eksplorasi musik electro pop pada single kedua.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Mengawali debutnya pada Oktober 2020 lalu, Dere kini kembali dengan single terbaru bertajuk ‘Tanya’. Lagu kedua dari musisi 18 tahun ini tercipta dari pemikirannya akan betapa besar energi manusia yang tersita dengan begitu banyak pertanyaan berlalu-lalang di kepala mereka. Mulai dari pertanyaan sederhana hingga pertanyaan kompleks yang tidak kunjung terpecahkan jawabannya.

Lagu ini dirilis di bawah naungan label rekaman dan manajemen talenta TigaDuaSatu milik musisi pop kawakan Indonesia, Tulus. “Lewat lagu ini, aku ingin mengajak teman-teman untuk sejenak berhenti memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala, dan lebih menikmati waktu atau momen yang saat ini kita punya”, ungkap Dere tentang lagunya tersebut.

“Dari sekian bintang cakrawala, Apa hanya kita saja yang bernyawa?”

‘Tanya’ ditulis Dere bersama Tulus. Keterbatasan mobilitas di masa pandemi ternyata tak menghambat mereka untuk terus berkarya. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memproduksi musik maupun berkomunikasi, lagu ini berhasil diciptakan secara daring.

Dere Tanya

Dere – Tanya

Aransemen lagu ‘Tanya lahir dari eksplorasi Dere bersama Ibnu Dian sebagai produser. Dentuman bass yang eksploratif, menjadi statement dari komposisi musik secara keseluruhan. Secara bertahap ditambah dengan instrumen string ala orkestra untuk menambah layer komposisi. Memasuki bridge, senandung dari paduan suara dimasukan dengan transisi instrumen piano. Hingga pada akhirnya “pecah” pada chorus penutup dengan memadukan berbagai unsur instrumen sebelum akhirnya kembali tenang dengan dentuman bass yang menjadi statement dari pembuka.

Secara keseluruhan, mixing setiap layer instrumen yang ditambahkan secara bertahap memberikan perjalanan musikal yang menenangkan. Kembali menonjolkan suara bening dari Dere yang merdu. Namun, beat bass yang dihadirkan mungkin akan terdengar sedikit anomali dan off tempo dengan instrumen lainnya pada awal lagu. Akan butuh beberapa saat untuk merasakan rhythm dari lagu ‘Tanya’.

Melalui single pertamanya, ‘Kota’, Dere mengawali perkenalannya kepada pendengar melalui petikan gitar mengiringi suara beningnya yang mengalun syaduh. Melalui lagu ‘Tanya’, kita disuguhi materi musik dengan komposisi bass dengan ambience electro, cita rasa baru musik dari Dere.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect