Connect with us
ITZY Kpop
Photo via itzy.jype.com

Cultura Lists

Debut K-pop Terbaik 2019

Solois maupun grup K-Pop yang berhasil debut tahun ini.

Industri musik K-pop merupakan salah satu industri hiburan yang selalu sibuk dan tak pernah berhenti menyajikan hal baru setiap tahunnya. Begitu pula pada tahun 2019 ini, telah banyak solois, girlband, hingga boyband baru yang debut dan meramaikan industri hiburan yang mendunia ini.

Tak hanya berhasil debut, beberapa nama berhasil debut dengan sukses dan langsung memiliki fanbase yang kuat. Para rookie di industri K-Pop tampaknya mulai tampil maksimal dan memantaskan diri untuk bersanding dengan para idol senior.

Tak hanya berdasarkan tingkat popularitas, namun juga kualitas, berikut daftar debut K-pop terbaik 2019 versi Cultura.

ONEUS

ONEUS merupakan boyband di bawah label RBW yang debut pada 9 Januari 2019. Satu label dengan MAMAMOO tidak membuat boyband itu terus disandingan dengan grup seniornya. ONEUS telah membuktikan prestasinya sendiri dengan lagu-lagu hits dan penampilan panggung yang memukau. Mereka kerap menampilkan koreo baru dan atraksi spesial untuk membuat penampilan panggung mereka lebih menarik.

ONEUS juga rajin merilis album di tahun 2019, mulai dari; “Light Us”, “Raise Up”, “Twilight”, dan “Fly With Us”. RBW tampaknya serius dalam mempromosikan boyband terbarunya satu ini.

ABI6IX

AB6ix adalah boyband yang debut pada 22 Mei 2019. Member terdiri dari Lee Dae-hwi dan Woo-jin, mantan member Wanna One, serta tiga member lainnya; Lim Young min, Jeon Woong, dan Kim Dong hyun.

Tak hanya pandai menyanyi dan menari, boyband ini juga pandai dalam menulis lagu dan memproduseri lagu-lagunya sendiri. Lee Dae hwi merupakan salah satu member termuda namun memiliki selera musik yang brilliant. Ia menulis dan memproduseri musik single debut mereka, “BREATHE”.

TXT

TOMORROW X TOGETHER atau TXT merupakan boyband terbaru yang dibentuk oleh Big Hit. TXT sempat dibanding-bandingkan dengan seniornya, BTS. Namun, jelas TXT memiliki konsep boyband yang berbeda dan tidak sepatutnya dibandingkan dengan BTS. TXT tampil dengan image remaja yang lebih ceria dan fresh dengan lagu-lagu tentang menikmati hari-hari sebagai remaja.
TXT telah memiliki bukti prestasi nyata dengan memenangkan 2 penghargaan untuk Best New Artist (Male) pada MAMA 2019 dan Best New Artist Award di MMA 2019.

CIX

CIX merupakan boyband terbaru dari C9 Entertainment yang debut pada 23 Juli 2019. Grup satu ini terdiri dari member-member dengan pengalaman menarik. Mulai dari Baek jin young yang merupakan mantan member Wanna One, hingga BX yang merupakan mantan trainee dari ajang YG Treasure Box.

CIX telah merilis album debutnya, “Hello Chapter 1: Hello Stranger” dengan singlenya catchy berjudul “Movie Star”. Boyband ini juga telah melakukan comeback dengan album “Hello Chapter 2: Hello Stranger Place” mendekati penghujung tahun ini. Kedua labum tersebut dipromosikan hingga ke Jepang.

SuperM

Berikutnya ada boyband yang sempat disebut Avengers-nya K-Pop yaitu SuperM. SuperM merupakan gabungan dari berbagai member unggulan dari grup terpopuler di SM Entertainment. Mulai dari Taemin Shinee, Baekhyun dan Kai EXO, serta Taeyong, Mark, Ten, dan Lucas NCT. Mereka debut pada 4 Oktober 2019 dengan merilis album dan single “Jopping” di Billboard.

“Jopping” pun memecahkan rekor terbaru Billboard Chart sebagai boyband yang pertama kali meraih peringkat pertama untuk single debut mereka. Meski sempat pro dan kontra, SuperM pun tampil dengan talenta yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Kang Daniel

Ketika LM Entertainment sibuk menuntut Kang Daniel, mantan center dari Wanna One ini justru sibuk membangun one-man agency-nya, KONNECT Entertainment. Kang Daniel akhirnya berhasil debut dengan sukses pada 25 Juli 2019. Ia merilis album “Color On Me” dengan single utama “What Are You Up To”. Ia pun berhasil memecahkan rekor sebagai penjualan album debut solois yang sold out pada minggu pertama.

Setelah kasus hukumnya dengan LM Entertainment selesai, karir Kang Daniel semakin menanjak dengan berbagai tawaran iklan dan duta brand fashion ternama. Ia juga telah merilis single comeback-nya yang berjudul “Touchin”.

Kang Daniel juga telah mengantongi beberapa penghargaan, mulai dari; SBS Entertainment Award for Rookie Variety, AAA Potential (Singer), AA Best Emotive (Singer), dan berapa penghargaan lainnya.

AleXa

Alexa merupakan solois yang debut pada 21 Oktober 2019 dengan single “Bomb”. Idol cantik dengan darah Korea dan Rusia ini sempat menjadi kontestan dari acara survival Mnet, Produce 48 namun Ia tereliminasi pada posisi 82. Meski tidak berhasil debut sebagai salah satu member IZONE, tampaknya Alexa memang lebih cocok bersinar sendiri sebagai solois.

Melalui singlenya “Bomb”, Alexa tampil dengan konsep badass dan tomboy yang garang. Tak hanya melalui aransemen lagu, namun konsep tarian, video klip, dan kostum. Konsep ini merupakan salah satu konsep yang masih jarang dianut oleh solois perempuan di industri K-Pop. ZB Label juga rajin mempromosikan Alexa melalui acara besar hingga luar negeri.

Meski belum memiliki nama besar tahun ini, Alexa memiliki potensi untuk kembali dengan gemilang di masa depan.

Itzy

Jika TXT merupakan boyband rookie terbaik tahun ini, Itzy berhasil menyandang title girlband rookie terbaik 2019. Grup yang beranggotakan Yuna, Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, ini debut di bawah label besar JYP Entertainment pada 12 Februari 2019.

Tak hanya gencar dalam promosi, single pertama mereka yang bertajuk “DALLA DALLA” memang catchy dan memiliki konsep yang menarik. Itzy tampil dengan image girl crush yang kental dan selera fashion yang selalu memukau, dalam video klip maupun penampilan panggung. Setiap anggota juga memiliki pesona bintang alami yang terpancar. Itzy tak diragukan lagi akan menuai kesuksesan lebih besar lagi di masa depan.

Click to comment

Leave a Comment

Semut Semut Merayap: Senandung Rindu Single Review Semut Semut Merayap: Senandung Rindu Single Review

Semut Semut Merayap: Senandung Rindu Single Review

Music

crush crush

Crush: Digital Lover Single Review

Music

The Strokes The Strokes

The Strokes: At The Door & Bad Decisions Single Review

Music

Museum Musik Indonesia Malang Museum Musik Indonesia Malang

Museum Musik Indonesia dan Dominasi Rock di Malang

Music

Advertisement
Connect