Connect with us
Raleigh Ritchie
Credit: Stuart C. Wilson/Getty Images

Cultura Lists

Best Songs of Raleigh Ritchie

Curhatan Jacob Anderson, jati diri dan kondisi mental melalui musik R&B hip-hop. 

Kebanyakan dari kita mungkin sudah familiar dengan Jacob Anderson melalui perannya sebagai Grey Worm dalam serial populer “Game of Thrones”. Selain berbakat sebagai aktor, Jacob tampil di bawah nama Raleigh Ritchie sebagai penyanyi.

Melalui musiknya, Ritchie kerap curhat seputar jati dirinya hingga kondisi mentalnya, terutama seputar gangguan kecemasan. Setiap syair yang Ia tulis dikemas dalam balutan musik R&B, hip-hop. 

Sebagian besar diskografi Raleigh Ritchie memiliki perpaduan antara mood music dengan beat hip-hop yang catchy, mengiringi syair dengan mood kontras yang gloomy. Berikut beberapa lagu terbaik Raleigh Ritchie pilihan yang patut kita dengar untuk mengenal musisi Inggris multitalenta ini. 

Stronger Than Ever

Pada 2014, Raleigh Ritchie debut dengan single “Stronger Than Ever”. Selain memeluk genre RnB dan slow hip hop, kita juga akan mendengar sentuhan alternatif dan instrumen orkestra pada lagu-lagu Ritchie. Seperti “Stronger Than Ever” yang dibuka dengan piano kemudian diiringi dengan instrumen string yang berpadu dengan hip-hop beat. Lagu ini menghadirkan angst mood dengan alunan musik orkestra yang emosional. 

Bloodsport ‘15

Salah satu lagu terbaik dari album perdana “You’re A Man Now, Boy” pada 2015 adalah “Bloodsport ‘15”. Kembali memadukan musik orkestra dengan komposisi R&B hip-hop, single keempat ini bisa dibilang standar dari warna musik signature dari Ritchie. Kali ini Ia bicara cinta, namun masih dengan angsty mood. Dibandingkan dengan single pertamanya, komposisi lagu satu ini terasa lebih catchy dengan temponya yang nyaman untuk vibing di kalah galau. 

Never Better

Tidak galau melulu, Ritchie juga bisa menulis lagu romantis dengan lirik mendalam. “Never Better” merupakan lagu tentang bagaimana seseorang merasa diselamatkan oleh orang yang Ia cintai. Liriknya yang romantis bersambut sempurna dengan alunan violin yang dominan dalam mengiringi alunan musik RnB alternatif “Never Better”. Meski banyak Raleigh Ritchie terdengar sangat personal, Ia mengaku tidak terlalu suka menaruh banyak hal personal dalam lagunya. Seperti halnya dengan “Never Better”, Ia berharap setiap pendengar juga bisa memiliki interpretasi sendiri dalam memaknai lagunya. 

The Greatest

Ingi lagu yang bikin kita joget dikit? “The Greatest” merupakan lagu yang paling kental dengan nuansa party anthem dalam deretan lagu terbaik Raleigh Ritchie. Lagu up beat satu ini memeluk aransemen yang sangat kental dengan nuansa hip hop pop yang memancarkan hype pada pendengarnya. Jika kebanyakan lagu Ritchie mengandung mood yang suram, “The Greatest” menjadi salah satu yang paling ceria dan memancarkan energi positif untuk percaya pada diri sendiri dan menikmati hidup sepenuhnya. 

Aristocrats

“Aristocrats” menjadi single pertama yang menandai album sophomore Raleigh Ritchie, “Andy” pada 2020 lalu. Kita kembali diperdengarkan dengan aransemen musik RnB yang dipadukan dengan musik orkestra untuk mengakselerasi mood musik agar semakin menggugah. “Aristocrats” merupakan lagu tentang identitas. Sebagai warga Inggris keturunan Afro-Caribbean, Jacob mengungkapkan bahwa dirinya tumbuh dirundung dengan perasaan tidak diterima di negaranya sendiri. Melalui lagu ini, Ia mengekspresikan rasa kecemasan untuk selalu ingin diterima, serta kebingungan dalam menanggapi posisinya dimana Ia berada. 

Party Fear

Satu lagi party anthem dari Ritchie adalah “Party Fear”. Berbeda dengan “The Greatest” yang hype, lagu berikut ini adalah lagu pesta untuk kita yang tidak suka pesta. Secara garis besar hendak memotret kegelisahan seseorang yang kerap merasa tidak nyaman di tengah keramaian. Alunan lagu yang disajikan merupakan perpaduan antara beat yang danceable, namun dengan suasana hati yang tidak prima. “Party Fear” bisa dikategorikan sebagai drunk dance song yang membuat kita menari meski dalam kecemasan. 

Time in a Tree

Jacob mengaku tumbuh besar sebagai remaja yang penuh dengan amarah dan emosi. Ia kerap menenangkan diri dengan duduk di atas pohon sendirian. “Time in a Tree” lahir dari berbagai pengalaman Jacob di masa remaja. Ia mengaku, jika bisa kembali masa lalu, Ia hanya ingin memeluk dirinya yang masih remaja. Lagu ini merupakan pesan yang mengandung perasaan sentimental tersebut. Video klip dari “Time in a Tree” juga menampilkan cerita narasi visual yang Ingin Ritchie sampaikan melalui lagu yang personal ini. 

Sadboi

Raleigh Ritchie merupakan salah satu musisi yang banyak memiliki lagu sebagai obat atau teman di kalah sedih. Melalui “Sadboi”, Ritchie hanya ingin berkata bahwa dirinya merasa sedih, perasaan yang pastinya sering kita alami juga di tengah kehidupan yang semakin suram. “Sadboi” merupakan salah satu track dalam “Andy” yang memiliki komposisi unik dengan sentuhan classic blues, berpadu dengan root Ritchie dengan RnB dan hip hop. Hasilnya adalah lagu dengan konsep lirik sederhana namun diiringi dengan komposisi musik yang playful

plot hole house of the dragon plot hole house of the dragon

7 Plot Hole dalam House of the Dragon Sejauh Ini

Cultura Lists

Woman King Woman King

Rekomendasi Film Terbaru Oktober 2022

Cultura Lists

Marriage Story Review Marriage Story Review

10 Rekomendasi Film Tentang Perceraian

Cultura Lists

Paramore: This is Why Paramore: This is Why

Paramore: This is Why Single Review

Music

Connect