Connect with us
Raleigh Ritchie
Photo via documentjournal.com

Music

Raleigh Ritchie: Aristocrats Single Review

Mantan cast Game of Thrones bersiap rilis album ke-2 dengan single terbaru.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Raleigh Ritchie baru saja merilis single terbarunya yang berjudul “Aristocrats” pada 6 Mei 2020 kemarin. Bersamaan dengan rilisnya lagu ini, mantan cast Game of Thrones ini juga mengumumkan jadwal rilis album keduanya yang bertajuk ‘Andy’, pada 26 Juni 2020 mendatang. Sebelumnya Raleigh Ritchie telah merilis single “Time in a Tree” pada tahun 2018 yang juga akan masuk dalam album ini.

Pada single “Aristocrats”, genre R&B yang telah menjadi ciri khas Raleigh Ritchie masih dipertahankan pada aransemen musiknya. Memberikan perasaan familiar bagi pendengar setia yang telah mengikuti perjalanan musisi Inggris satu ini sejak album pertamanya, You’re a Man Now, Boy (2016).

Komposisi beat R&B yang dipadukan dengan instrumen musik string sudah menjadi salah satu aransemen yang diterapkan oleh Raleigh Ritchie pada lagu-lagunya yang emosional. Sentuhan instrumen string memberikan nuansa elegan yang menimbulkan atmosfer tersendiri. Dimasukan secara bertahap secara samar pada awal lagu yang semakin diakselerasi pada chorus sebagai hook.

Ada beberapa unsur beat dan snare yang mainstream ditambahkan pada komposisi musik untuk memberikan kesan fresh dan modern. Raleigh Ritchie selalu bisa memadukan beat R&B yang modern dengan instrumen string klasik dan menghasilkan lagu dengan chorus dan penutup yang powerful, termasuk pada lagu Aristocrats ini.

Raleigh Ritchie juga memadukan vokal otentik ditambah dengan porsi slow rap yang pas. Berbeda dengan rap yang biasanya memberikan kesan swag atau badass, rap Raleigh Ritchie lebih terdengar emosional bagaikan luapan perasaan yang melankolis.

Materi lirik yang disajikan oleh musisi dengan nama asli Jacob Anderson ini masih seputar perenungan diri. Kali ini ia hendak mengeksplorasi sejarah Inggris dalam video klip Aristocrats. “Sejarah adalah segalanya, hal tersebut membantu kita untuk membangun masa depan. Di sekolah, aku tidak belajar banyak tentang sejarah Inggris selain tentang kemenangan negara, dan beberapa versi dalam sejarah yang (sebetulnya) kejam”, ungkap Raleigh Ritchie dilansir dari NME.

Sebagai kaum kulit gelap, Ia sangat mencintai negaranya, namun terkadang ia merasakan bahwa negaranya tidak mencintai dirinya. Perasaan tersebut diungkapkan melalui visual video klip yang artistik dengan akhir yang cukup memberikan vibe kelam dan mengerikan.

Secara keseluruhan, “Aristocrats” menunjukan konsistensi Raleigh Ritchie dalam mengomposisi lagu. Meski memiliki materi yang masih sama dengan karya-karya sebelumnya, Ia mampu mengeksplorasi dirinya secara maksimal. Hal ini membuat setiap karya Raleigh Ritchie terasa personal, emosional, dan relevan bagi orang-orang yang memiliki masalah pribadi yang serupa.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect