Connect with us
Best Songs of Babymetal

Cultura Lists

Best Songs of Babymetal

Pioneer genre musik kawaii metal yang cadas sekaligus ceria.

Babymetal merupakan group idol asal Jepang yang debut pada 2010 silam. Memasuki dekade baru, mereka mengukir sejarah dengan mengklaim sebagai grup idol yang membawakan musik bergenre kawaii metal. Awalnya mungkin hanya terdengar seperti gimmick bahkan bercandaan.

Namun, secara bertahap Babymetal menunjukan dedikasi tinggi dalam bermusik. Member dari Babymetal menjalani rutinitas yang padat seputar latihan vokal, menari, rekaman, dan tampil live dengan full band metal yang tak main-main skill-nya.

Penampilan panggung Babymetal yang megah dan memukau telah membawa mereka keliling dunia dan tampil di panggung-panggung internasional seperti Glastonbury Festival 2019 di Inggris.

Semangat idol yang ceria secara ajaib mampu berpadu dengan semangat membara yang menjadi ciri khas musik metal. Berikut sederet lagu terbaik Babymetal yang benar-benar cadas sekaligus ceria dan imut.

Gimme Chocolate!!

“Gimme Chocolate!!” bisa jadi single tersukses dan paling populer dari Babymetal. Lagu tentang permen cokelat ini dibungkus dengan aransemen musik metal yang keras, dengan sedikit sentuhan bubblegum pop sebagai “pemanis”. Menghasilkan single dengan chorus yang catchy. Komposisi gitar dan bass pada “Gimme Chocolate!!” juga tak main-main cadas dan sulitnya.

Catch Me if You Can

“Catch Me if You Can” bisa dibilang lagu yang cukup eksperimental dan terdengar cukup aneh saat pertama didengarkan. Dalam track satu ini, kita akan mendengarkan aransemen death metal yang sangat agresif namun dipadukan dengan vokal dari member Babymetal yang kawaii khas idola Jepang pada umumnya. Pada komposisi gitar dan drum pembuka lebih kental dengan nuansa garage rock. Kemudian ketukan DnB pada bagian chorusnya. Ada cukup banyak elemen rock yang memeriahkan lagu “imut” satu ini.

Megitsune

“Megitsune” bisa dikategorikan sebagai signature track dari Babymetal. Lagu ini memiliki aransemen yang memadukan warna musik metal dengan sentuhan oriental Jepang yang tradisional. Dalam liriknya mengandung kisah dongeng tentang gadis rubah yang lebih dari sekedar gadis rubah biasa. Dalam “Megitsune”, Suzuka Nakamoto sebagai main vocal juga memperdengarkan kualitas vokal yang memukau. Meski dengan hook, ada bagian lirikal yang melodinya lebih lembut dalam lagu ini.

Karate

“Karate” menjadi single dari album kedua Babymetal, “Metal Resistance”. Menggunakan suara khas yang dikeluarkan ketika melakukan karate, ‘seiya’ sebagai hook lagu, track satu ini hendak menggunakan kekuatan dan semangat dalam seni bela diri ini sebagai penyemangat. Pada bagian chorus-nya, “Karate” memiliki aransemen dan vokal directing yang khas J-Pop, meski keseluruhan track tetap didominasi dengan nuansa metal yang cadas.

Road of Resistance

Dibuka dengan dentuman drum double pedal secepat baling-baling helikopter, “Road of Resistance” memiliki aransemen yang metal banget, tak kalah dengan “Avenged Sevenfold” hingga “Dragonforce”. Track satu ini juga bisa dikategorikan sebagai salah satu yang murni metal, musik metal yang memenuhi ekspektasi para metalhead secara umum. Perbedaan mungkin terasa hanya karena vokal idola Jepang yang imut, namun tak kalah semangatnya dengan para rockstar ikonik.

From Dusk Till Dawn

“From Dusk Till Dawn” menjadi lagu yang memadukan genre rock dengan electro dari Babymetal. Komposisi satu ini termasuk track instrumental dengan vokal minim, hanya diselipkan sebagai pelengkap. Melalui track ini, Babymetal menonjolkan kemampuan band-nya dengan aransemen gitar, drum, dan bass yang cukup teknikal, kemudian dipadukan dengan unsur electro sebagai bentuk eksperimental.

Shanti Shanti Shanti

“Shanti Shanti Shanti” bisa jadi menjadi comeback track dari Babymetal yang se-hype “Gimme Chocolate!!”. Menjadi single untuk album ketiga, “Metal Galaxy”. Secara mengejutkan, Babymetal memperdengarkan musik yang baru, yaitu fusion antara bunyi-bunyian khas India yang sangat kental, dan pastinya dengan musik metal yang menjadi core group ini. Melalui “Shanti Shanti Shanti” Suzuka Nakamoto kembali memikat pendengarnya dengan vokal bercengkok dan melodi yang variatif.

Pa Pa Ya!! (feat. F.HERO)

Ada banyak lagu Babymetal dengan hook yang catchy nan imut, salah satunya “Pa Pa Ya!!” yang berkolaborasi dengan F.HERO. Lagu satu ini memiliki konsep aransemen yang cukup serupa dengan single-single generik Babymetal. Namun, ada keseruan tersendiri yang timbul ketika lagu ini dibawakan di atas panggung. Lagu-lagu Babymetal kerap diracik untuk memberikan penampilan dan semangat metal yang membara untuk membakar penontonnya.

Starlight

“Starlight” merupakan track yang memiliki konsep aransemen cukup serupa dengan “Road of Resistance” dengan kiblat western metal. Namun lebih terdengar dramatis dan melankolis, terutama karena pembawaan Suzuka yang menggaung. Cukup banyak permainan riff gitar yang diaplikasikan pada setiap bagian komposisi.

Shine

Mulai kelelahan dengan lagu-lagu Babymetal yang up beat, cadas, dan eksperimental? Mari masuki area rock alternative dari album “Metal Galaxy”. Dibuka dengan music ambient dan gitar akustik, kemudian disambut dengan string instrument orchestral. Lalu dibakar dengan aransemen musik metal dengan riff gitar dan drum yang agresif, berpadu sempurna dengan instrumen string. Ada banyak elemen yang diaplikasikan dalam komposisi “Shine”, kemudian di-mixing dengan tepat untuk menonjolkan setiap elemen instrumen pada bagian yang pas.

Adele Easy On Me Adele Easy On Me

Adele: Easy On Me Single Review

Music

Rekomendasi Film Bertema Vampir Rekomendasi Film Bertema Vampir

10 Rekomendasi Film Bertema Vampir

Cultura Lists

Sore Sore

Sore dan Pengalaman Panggung Kesukaannya

Music

The Last Shadow Puppets The Last Shadow Puppets

Best Songs of The Last Shadow Puppets

Cultura Lists

Advertisement
https://www.cultura.id?_dnembed=true
Connect