Connect with us
film penipuan saham
Cr. Netflix

Cultura Lists

5 Film Dokumenter Tentang Skandal Penipuan Crypto & Finansial

Mengungkap berbagai skandal finansial besar, mulai dari penipuan crypto hingga penyelewengan dana.

Setelah dokumenter kriminal mendominasi trend beberapa waktu lalu, dokumenter tentang skandal penipuan kini mengambil alih. Di era serba digital ini, ada tawaran berbagai alternatif menghasilkan uang dan trend investasi saham yang semakin marak. Namun, tak sedikit pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan untuk meraup keuntungan lebih dengan cara curang.

Menonton film dokumenter tentang skandal penipuan tak jarang memberikan wawasan dan pelajar untuk mengambil keputusan dengan lebih bijak. Berikut beberapa film dokumenter skandal penipuan yang bisa kita tonton sebagai tambahan wawasan.

The Inventor: Out for Blood in Silicon Valley (2019)

Elizabeth Holmes merupakan CEO dari Theranos yang terjerat dalam skandal besar di Silicon Valley. Dropout dari Universitas Stanford dan membangun perusahaannya sendiri pada usia 19 tahun, Holmes mengklaim bahwa dirinya mengembangkan sebuah alat medis yang hanya membutuhkan setetes darah pasiennya untuk diagnosis medis secara keseluruhan.

“The Inventor: Out for Blood in Silicon Valley” hendak mengungkap bagaimana seorang perempuan mampu membujuk para investor untuk menyuntikan dana ke Theranos. Perusahaan yang berawal dari mimpi Holmes untuk menyelamatkan banyak orang, berubah menjadi delusi yang menyebabkan ribuan kesalahan diagnosis medis dan ratusan orang kehilangan pekerjaannya.

Kita juga bisa melihat “The Dropout” biopik series tentang Elizabeth Holmes yang dibintangi oleh Amanda Seyfried.

Operation Varsity Blues: The College Admissions Scandal (2021)

Masuk universitas lewat ‘jalur belakang’ sudah menjadi skandal meresahkan bahkan di negeri kita. Tak sedikit pula orang tua di Amerika yang rela melakukan suap demi memasukan anaknya ke universitas ternama. Rick Singer merupakan tersangka dalam skandal “Operation Varsity Blues”. Dengan ‘bantuannya’, kurang lebih 750 mahasiswa, kebanyakan anak dari keluarga kaya hingga publik figur diterima di universitas bergengsi, baik sepengetahuan mereka maupun tidak.

“Operation Varsity Blues” merupakan film dokumenter Netflix dengan narasumber dan reka adegan dengan Matthew Modine sebagai aktor yang berperan sebagai Rick Singer.

FYRE: The Greatest Party That Never Happened (2019)

Fyre Festival merupakan skandal penipuan dengan modus festival musik mewah di Bahama pada 2017 silam. Billy McFarland dan rapper Ja Rule menjadi penggalang festival musik yang menjanjikan euphoria melampaui Coachella dan Lollapalooza.

Mengandalkan aset branding media sosial meyakinkan dan influencer yang juga ingin pansos, McFarland ‘sukses’ meraup keuntungan dari penjualan tiket sekaligus memusnahkan mimpi para peserta festival dengan venue yang menyedihkan dan sepotong sandwich keju murahan, Saksikan skandal penipuan festival musik ‘terbaik’ yang tidak pernah terjadi dalam film dokumenter “Fyre” di Netflix.

Trust No One: The Hunt for the Crypto King (2022)

Investasi crypto sudah menjadi trend investasi yang semakin marak di era digital saat ini. Menjanjikan kemudahan menghasilkan uang dengan mata uang digital, menjadi celah sempurna untuk manipulasi dana yang bisa dimanfaatkan oleh penipu seperti Gerry Cotten. Ia adalah founder dari QuadrigaCX, sebuah situs jual beli bitcoin dan mata uang crypto.

Setelah mendapatkan banyak investor dengan menanamkan uangnya di QuadrigaCX, Cotten menghilang hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Membuat bitcoin senilai 250 juta USD terkunci di sistem QuadrigaCX yang hanya bisa diakses oleh Cotten.

“Trust No One” merupakan film dokumenter tentang penipuan crypto yang bisa menambah kewaspadaan kita sebelum berniat terjun ke dunia investasi ini. Kita akan mengikuti kisah penelusuran kebenaran Gerry Cotten yang diyakini memiliki kejanggalan cerita hingga kemungkinan memalsukan kematiannya sendiri.

The Tinder Swindler (2022)

Sempat viral beberapa bulan lalu, “The Tinder Swindler” juga menjadi skandal penipuan yang mengandalkan internet, khususnya media sosial, dan aplikasi kencan, Tinder. Simon Leviev mengklaim bahwa dirinya adalah anak dari pemilik perusahaan berlian dari Israel, Leviev Diamonds.

Dengan trik yang sama, Simon berhasil menipu satu wanita ke wanita lainnya yang Ia temui melalui Tinder. Memanfaatkan citra sebagai pria kaya dengan jet pribadi, fasilitas liburan yang serba mewah, hingga cinta dari setiap korbannya.

“The Tinder Swindler” berawal dari artikel berjudul serupa yang dipublikasikan oleh tim jurnalis dan tiga korban Simon yang hendak mencegah jatuhnya lebih banyak korban yang tertipu oleh Simon.

The Tinder Swindler Review: Balada Penipuan Simon Leviev melalui Aplikasi Kencan

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

My Missing Valentine My Missing Valentine

My Missing Valentine: Menyusuri Ingatan Satu Hari yang Hilang

Film

Connect