Connect with us
Soundtrack Terbaik 2019
Disney

Cultura Lists

10 Soundtrack Terbaik 2019

Memiliki peranan besar, soundtrack tak hanya mampu menyampaikan tema di dalam film. Melainkan juga membawa emosi sampai konflik di dalamnya.

Soundtrack atau lagu tema memiliki peranan sangat penting untuk sebuah tayangan film atau pun serial. Soundtrack yang tepat bukan hanya membuat sebuah film melekat lebih erat di ingatan penontonnya.

Lebih dari itu, soundtrack seharusnya mampu menyampaikan emosi serta tema dari sebuah film atau tayangan serial. Baik itu original soundtrack yang khusus dibuat untuk film tersebut, lagu pop yang dirasa cocok dan digunakan di dalam adegan. Sampai dengan cover lagu yang diolah ulang hingga pas dengan adegan dari sebuah film.

Berikut ini merupakan daftar 10 soundtrack terbaik 2019, baik itu untuk film sampai serial drama.

Into The Unknown – Idina Menzel (Frozen II)

Berbicara mengenai soundtrack memang tak akan terlepas dari film animasi terbaru dari Disney, Frozen II. Terutama karena lagu tema dari sekuel ini sama dinanti-nantinya dengan penayangan film itu sendiri. Kesuksesan “Let It Go” memang mau tak mau melahirkan ekspektasi tinggi untuk soundtrack dari Frozen II.

“Into The Unknown” memang tak “meledak” seperti “Let It Go.” Tak juga memiliki sisi catchy dari mega hits yang merupakan soundtrack dari film Frozen pertama. Meski begitu, “Into The Unknown” sukses memperlihatkan pendewasaan, intense, serta sisi kelam yang ada di Frozen II.

Various Artists: Frozen 2 Soundtrack Album Review

We All Lie – Ha Jin (SKY Castle)

SKY Castle menjadi salah satu serial drama paling populer dari Korea Selatan di tahun ini. Soundtrack dari drama tersebut pula, “We All Lie” tak kalah mendapatkan popularitas yang sama. Lirik di lagu ini menggambarkan dengan sangat tepat konflik serta permasalahan di SKY Castle. Selain itu, “We All Lie” menjadi contoh tepat mengenai bagaimana sebuah soundtrack terikat dengan film atau serial.

Brother Love’s Travelling Salvation Show – Neil Diamond (Once Upon A Time In Hollywood)

Soundtrack untuk film terbaru Quentin Tarantino ini mengusung musik retro. Sesuai dengan setting film Once Upon A Time In Hollywood di tahun 1969. Intro piano dari lagu ini sendiri saja sepertinya sudah langsung akan membawa ingatan penonton kembali ke adegan demi adegan di Once Upon A Time In Hollywood.

Neil Diamond pun terbilang sukses menghadirkan sebuah lagu dengan tema yang menggambarkan film ini secara sempurna.

A Whole New World – ZAYN, Zhavia Ward (Aladdin)

“A Whole New World” merupakan lagu Disney klasik dan dikenal luas. Saat live action Aladdin diumumkan, lagu tema ini pun menjadi salah satu yang dinanti-nanti.

Ada beberapa versi berbeda dari “A Whole New World” yang menjadi soundtrack di live action terbaru Disney tersebut. Hanya saja versi end credit dari ZAYN dan Zhavia Ward tak bisa disangkal merupakan salah satu paling menarik. Terutama dengan intro bersentuhan musik Arabic serta sensasi baru yang dihadirkan melalui perpaduan kolaborasi vocal keduanya.

Pujaan Hati – The Spouse (Perempuan Tanah Jahanam)

Tak akan tepat rasanya tak memasukan soundtrack dari film horor teranyar besutan Joko Anwar ke dalam daftar ini. “Pujaan Hati” dirilis dengan gimmick yang cukup bombastis dan menarik perhatian netizens. Untungnya dibalik gimmick tersebut, “Pujaan Hati” menjadi lagu adiktif dan sangat pas dengan tema film Perempuan Tanah Jahanam secara keseluruhan. Bahkan kesan seram saja sudah bisa dirasakan dari soundtrack ini.

I Got 5 On It – Luniz (Us)

“I Got 5 On It” memang bukan original soundtrack. Meski begitu, lagu hip hop yang menjadi hits di tahun 1995 ini diramu kembali hingga menonjolkan sisi Psycho-esque. Lengkap dengan string yang seakan sudah menghadirkan mimpi buruk untuk pendengarnya. Minimnya lirik di soundtrack ini pun cukup membuat bulu kuduk meremang.

(I’m Gonna) Love Me Again – Elton John, Taron Egerton (Rocketman)

Soundtrack dari biographical musical film Elton John ini pun sangat layak masuk ke dalam daftar terbaik. Sulit sebenarnya memilih 1 diantara 22 track di album soundtrack film ini. Meski pada akhirnya “(I’m Gonna) Love Me Again” layak mendapatkan spotlight karena menjadi satu-satunya lagu baru. Selain juga satu-satunya lagu yang menyertakan suara dari sang legenda sendiri, Elton John.

Spirit – Beyoncé (The Lion King)

Sudah tentu menuliskan satu lagu baru untuk film musikal sekaliber The Lion King bukan perkara mudah. Bila membicarakan mengenai efeknya ke dalam film, “Spirit” pun sukses menghadirkan ketegangan yang disampaikan adegan yang diwakilkan. Perpaduan dari suara Beyoncé, sentuhan R&Bey menyatu dengan begitu manis untuk album garapan dari Elton John dan Tim Rice ini.

Catchy Song – Dillon Francis ft. T-Pain & Lay Lay (The LEGO Movie 2: The Second Part)

Tak perlu banyak penjelasan. Untuk para penonton film The LEGO Movie 2: The Second Part, lirik di bagian chorus: “This song’s gonna get stuck inside your, this song’s gonna get stuck inside your heeeeead” saja sepertinya sudah cukup membuat soundtrack ini memorable. Meskipun memang jauh bila dibandingkan dengan “Everything Is Awesome” dari film pertama.

Growing UP – Rara Sekar (Dua Garis Biru)

Dua Garis Biru membawa sederet musisi indie Indonesia sebagai pengisi soundtrack. Rara Sekar salah satunya. “Growing Up” menjadi salah satu lagu tema utama serta mengiringi beberapa adegan krusial di dalam film. Bukan hanya perpaduan dari kedalaman lagu serta iringan musik akustik saja, lirik dari lagu ini tepat menggambarkan dilema sampai juga konfliks para karakter di dalam film.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect