Connect with us
Good Omens

Cultura Lists

10 Rekomendasi Serial Fantasi Berlatar di Alam Baka

Serial dengan malaikat pencabut nyawa hingga semesta setelah kematian.

Apa yang terjadi setelah kematian? Apa surga dan neraka itu nyata? Bagaimana dengan malaikat dan iblis? Segala pertanyaan tersebut masih menjadi misteri tak terjawab bagi kita yang menjalani kehidupan.

Dengan keyakinan masing-masing, kita memiliki gambaran tentang alam baka dan apa saja yang mungkin terjadi setelah kehidupan berakhir. Latar tersebut telah menginspirasi penulis naskah untuk menciptakan alam baka mereka sendiri. Baik menjadi drama fantasi yang penuh aksi, romansa yang tragis, hingga sitcom yang membuat penonton tertawa. Berikut sederet serial fantasi berlatar di alam baka.

The Good Place

Setelah manusia meninggal, ada dua tempat yang menunggu mereka di alam baka; ‘the good place’ dan ‘the bad place’. Setidaknya hal itu yang menjadi ide dari sitcom Amerika karya Michael Schur.

Eleanor (Kristen Bell) disambut oleh Michael (Ted Danson) di ‘the good place’ setelah dirinya meninggal karena kecelakaan. Namun Ia merasa ada kesalahan dalam sistem alam baka karena Ia sadar bahwa dirinya sama sekali bukan orang baik selama hidup. Berada di tempat yang tidak seharusnya, Eleanor telah menciptakan ketidakstabilan di alam baka. “The Good Place” telah berakhir setelah tiga musim dan masih bisa kita binge di Netflix.

Miracle Workers (Season 1)

“Miracle Workers” merupakan sitcom anthology dengan skenario berbeda setiap berganti musim. Musim pertama serial ini berlatar di surga, dimana digambarkan tidak berbeda dari kantor perusahaan di dunia. Ada banyak pekerja hingga berbagai divisi berbeda untuk membantu Tuhan sebagai penguasa Bumi. Kita akan mengikuti kisah malaikat level rendah (Daniel Radcliffe) yang bekerja di divisi pengurus doa-doa manusia yang belum terjawab.

Good Omens

Aziraphale (Michael Sheen) adalah malaikat dari surga, sementara Crowley (David Tennant) adalah iblis. Bukannya saling bersaing, keduanya justru bekerja sama untuk menyelamatkan dunia dari kiamat. Untuk mencegah hal tersebut, mereka berdua memiliki misi untuk menemukan bocah 11 tahun yang ditakdirkan menjadi Antichrist.

Ada banyak referensi surga dan neraka yang sudah tidak asing lagi dari serial “Good Omens”. Mulai dari kehadiran malaikat Gabriel (Jon Hamm), hingga ‘empat pengendara’ yang siap mengakhiri kehidupan manusia di Bumi menurut kitab suci.

Hotel Del Luna

Hotel Del Luna adalah hotel khusus orang mati dan tidak bisa ditemukan atau dimasuki manusia hidup. Keinginan Jang Manwol (IU) yang kuat untuk menebus dosa membuat dirinya menemukan Hotel Del Luna dan terperangkap di dalamnya. Jang Manwol pun menjadi kepala hotel selama berabad-abad dengan tugas mengantar setiap arwah manusia yang menemukan Hotel Del Luna setelah meninggal.

Kdrama satu ini merupakan salah satu yang populer pada masanya. Lepas dari drama ini diperankan oleh idol terkenal IU, naskah dan visual effect yang disajikan memang pantas menerima apresiasi lebih sebagai drama tema fantasi alam baka.

Tomorrow

“Tomorrow” merupakan kdrama fantasi yang sedang trending di Netflix. Serial yang diadaptasi dari Webtoon ini berlatar di kantor alam baka yang mengurus segala hal tentang kematian manusia. Mulai dari divisi yang mengedit video kilas balik kehidupan manusia, divisi malaikat pencabut nyawa, dan masih banyak lagi.

Goo Ryeon (Kim Hee-sun) menjadi malaikat pencabut spesialisasi pencegahan bunuh diri. Bukan divisi yang populer, Ia hanya punya dua member, Lim Ryung-gu (Yoon Ji-on) dan manusia yang terjebak dalam koma, Choi Jun-woong (Rowoon). Mereka tidak boleh gagal dalam menyelamatkan manusia yang hendak bunuh diri, atau harus menghadapi konsekuensi besar.

Black

Malaikat pencabut nyawa (Song Seungheon) yang dingin turun ke Bumi untuk menjalankan tugas dari alam baka. Hingga Ia harus terjebak dalam situasi yang rumit setelah bertemu dengan seorang wanita yang bisa melihat kematian manusia sebelum terjadi. Kang Haram (Go Ara) selalu berusaha menyelamatkan orang yang akan menemui ajalnya. Hal ini akan membuat tugas sang malaikat pencabut nyawa semakin sulit, bukan? “Black” merupakan kdrama dengan latar supranatural dan thriller yang penuh plot kekerasan hingga drama sentimental.

49 Days

“49 Days” merupakan salah satu kdrama rilisan 2011. Meski sudah cukup lama, judul ini merupakan salah satu yang terbaik dengan tema fantasi alam baka. Jihyun (Nam Gyuri) adalah anak perempuan keluarga kaya dengan kehidupan yang sempurna. Namun menjelang hari pernikahannya, Jihyun mengalami kecelakan dan mengalami koma.

Di alam baka, Jihyu bertemu dengan malaikat yang memberikan Ia pilihan, memilih untuk meninggalkan kehidupannya atau mengumpulkan tiga air mata dari orang-orang yang tulus mencintainya untuk bangun dari koma. Awalnya Jihyu merasa tugas tersebut sangat mudah, namun ternyata, tak banyak orang dalam kehidupannya selama ini benar-benar mencintainya setulus hati.

Death Parade

“Death Parade” merupakan anime bergenre drama supranatural berlatar di bar alam baka, Quindecim. Ketika ada dua orang yang meninggal secara bersamaan, mereka akan bertarung dalam permainan khas bar untuk menentukan nasib mereka; reinkarnasi ke kehidupan baru atau berakhir dalam lembah kegelapan.

“Death Parade” bisa dikategorikan sebagai drama survival death game, namun lebih didominasi dengan unsur psikologi dan drama sentimental tentang latar belakang setiap karakter berbeda di setiap episodenya.

Hoozuki no Reitetsu (Hoozuki’s Coolheadedness)

“Hoozuki no Reitetsu” merupakan anime komedi yang kental dengan tema Jepang tradisional. Kita akan mengikuti rutinitas Hoozuki, iblis dingin dan sadis yang bekerja di neraka. Meski cerita tidak terlalu menitik beratkan pada manusia yang disiksa di neraka, keseharian para pekerja di neraka bisa menjadi suguhan komedi yang unik untuk disimak.

Death Office

Setelah orang meninggal, mereka tak langsung masuk neraka atau surga, mereka harus mengurus registrasi dulu di Kantor Kematian. “Death Office” merupakan drama Jepang yang diadaptasi dari manga berjudul serupa bergenre drama supranatural.

Dalam setiap episodenya, kita akan menyimak berbagai kisah dibalik kematian karakter dipandu dengan para staf dari Kantor Kematian. Tak hanya manusia-manusia yang baru saja meninggal, setiap staf di “Death Office” juga menyimpan latar belakang misterius yang menarik untuk diungkap.

Click to comment

justin timberlake justin timberlake

Best Songs of Justin Timberlake

Cultura Lists

A Copy of My Mind Review A Copy of My Mind Review

10 Rekomendasi Film Potret Kehidupan di Jakarta

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Dokumenter Edukatif & Inspiratif

Cultura Lists

Review Film Mulan Review Film Mulan

3 Stereotip Karakter Perempuan Paling Kontroversial dalam Film

Cultura Lists

Connect