Connect with us
film tentang sepak bola
Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Bertema Sepak Bola 

Mulai dari biografi atlet legendaris hingga kisah isu dalam penonton sepak bola. 

Sepak bola merupakan olahraga yang populer dan mendunia. Memiliki penggemar dari berbagai kelas sosial dan golongan. Tak melulu tentang atlet dan pertandingannya yang seru, ada banyak pihak yang terlibat dalam sepak bola. Ada banyak film bertema sepak bola yang bisa kita tonton untuk memahami dunia olahraga ini.

Mulai dari kisah inspiratif legenda lapangan hijau, perjuangan tim meraih kemenangan, dan pastinya yang tidak bisa lepas dari hingar bingar olahraga ini drama dalam kubu penggemar. Ada film Indonesia hingga barat, berikut sederet rekomendasi film bertema sepak bola yang mengangkat berbagai topik menarik.

Hari Ini Pasti Menang (2013)

“Hari Ini Pasti Menang” merupakan film bertema sepak bola Indonesia yang diangkat dari novel “Menerjang Batas” karya Estu Ernesto. Film fiksi ini memiliki topik menarik yang diangkat, yaitu tentang skandal dalam dunia sepak bola nasional meliputi manipulasi skor dan keterlibatan mafia.

Berpusat pada karakter utama, Gabriel Omar Baskoro, seorang atlet sukses di tim ibukota yang bermain di Liga Utama Indonesia. Meski telah menghasilkan banyak prestasi di liga lokal dan internasional, Gabriel justru diserang dengan rumor bahwa prestasinya tidak murni dari hasil kerja kerasnya.

Garuda di Dadaku (2009)

“Garuda di Dadaku” menjadi film keluarga yang cukup fenomenal pada masa rilis perdananya. Sampai ada lagu temanya yang tak kalah populer bertajuk sama, dibawakan oleh band rock, Netral. Kalau film ini memiliki tema cerita yang lebih ringan dan ramah keluarga.

Bercerita tentang Bayu, bocah 6 SD yang jago bermain bola, Ia pun bercita-cita menjadi atlet profesional. Mimpi yang gagal diwujudkan oleh ayahnya. Namun, mimpinya harus dijegal oleh kakeknya sendiri yang beranggapan tak ada masa depan di lapangan hijau.

Cahaya dari Timur (2014)

“Cahaya dari Timur” merupakan film drama inspiratif sekaligus mengangkat isu yang cukup serius. Dikisahkan Sani Tawainella menggunakan sepak bola untuk melindungi anak-anak di kampungnya dari konflik agama yang sedang terjadi di Ambon. Mengumpulkan mereka dalam satu tim untuk mewakili Maluku dalam kejuaraan nasional. “Cahaya dari Timur” diangkat dari kisah nyata tentang konflik saudara, isu agama, dan isu perpecahan.

Hunter in the Blue Side of Manchester (2020)

Film biopik tentang Hanif Thamrin yang diperankan oleh Adipati Dolken, Ia adalah orang Indonesia yang bekerja sebagai jurnalis English Premier League. Ia khususnya meliput khusus untuk Manchester City, menghasilkan konten dalam bahasa Indonesia. Film ini diangkat dari novel autobiografi yang berjudul sama, sudah bisa ditonton di Netflix.

Offside (2006)

Sepak bola memang mayoritas digemari sebagai olahraga pria, mulai dari atlet hingga masa penontonnya. Padahal banyak juga perempuan yang menyukai bola dan ingin menonton di stadion besar juga sama seperti para laki-laki.

“Offside” merupakan film dengan tema menarik, yaitu sekelompok perempuan Iran yang menyamar sebagai laki-laki demi bisa menonton bola. Karena di Iran perempuan dilarang menonton pertandingan sepak bola bahkan dengan sanksi ditahan oleh pihak berwajib. Sutradara Jafar Panahi terinspirasi untuk membuat “Offside” ketika anak perempuan ditolak untuk masuk ke stadium pertandingan bola.

Pele (2021)

Pele merupakan salah satu legenda sepak bola dunia dari Brazil. Sebelumnya ada film dokumenter Pele pada 2016, namun ratingnya tidak bagus. Hingga akhirnya pada 2021, Netflix merilis dokumenter baru tentang Pele yang disutradarai oleh David Tryhorn dan Ben Nicholas.

Mengekspos kisah sang legenda sepak bola yang menyebut olahraga ini sebagai ‘permainan yang indah’, dan bagaimana Ia mengubah sejarah sepak bola dunia. Dokumenter pele terbaru satu ini mendapatkan rating yang lebih bagus dari dokumenter-dokumenter sebelumnya.

Diego Maradona (2019)

Satu lagi legenda sepak bola dunia senior yang ikonik adalah Diego Maradona. Film dokumentasinya pada 2019 menjadi versi terbaik yang disutradarai oleh Asif Kapadia. Dokumenter “Diego Maradona” berhasil memenangkan penghargaan BAFTA dalam kategori Best Documentary. Kalau film dokumenter satu ini tersedia di HBO.

Jada (2019)

“Jada” merupakan film India bertema dunia sepak bola yang bisa di-streaming di Netflix. Film dari sutradara Kumaran ini merupakan sajian drama dengan tag horror dalam katalog Netflix.

Bercerita tentang Jada, seorang atlet sepak bola berbakat yang didorong oleh pelatihnya untuk memberikan penampilan terbaik dengan jaminan kerja dan kehidupan yang lebih baik. Namun, Jada memiliki ambisi lain, yaitu membalaskan dendam akan kematian atlet sepak bola yang meninggal semasa kecilnya.

Ultras (2020)

Tak hanya di Indonesia, anarkisme dalam penonton sepak bola dengan manajemen yang salah juga terjadi hampir di berbagai belahan dunia. “Ultras” merupakan Netflix Original yang mengangkat kisah kekerasan dalam kubu penggemar bola di Naples, Italia. “Ultras’ disutradarai oleh Francesco Lettieri.

Green Street Hooligans (2005)

Film lama juga ada yang mengangkat tema kekerasan dan bentrok antar penggemar sepak bola, yaitu “Green Street”. Film yang dibintangi oleh Elijah Wood ini berlatar di dunia sepak bola Inggris. Tentang seorang mahasiswa yang baru saja dropout dari Harvard dan pindah ke London. Salah pergaulan, Ia masuk dalam dunia hooliganisme di komunitas penggemar sepak bola yang penuh dengan kekerasan hingga mempertaruhkan nyawa.

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

The Guardians of the Galaxy Holiday Special The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special Review

Film

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Connect