Connect with us
Jason Statham
Crank

Cultura Lists

10 Film Laga Jason Statham Terpopuler

Mulai dari Transporter yang ikonik hingga Crank yang klasik.

Bicara tentang perfilman laga Hollywood, Jason Statham jadi salah satu aktor paling konsisten dalam skenanya. Dengan karismanya, kerap tampil sebagai karakter dengan tatapan tajam dan pembawaan yang dingin, baik sebagai protagonis maupun antagonis. Jika label typecast kerap dihindari banyak aktor, Statham memeluk statusnya sebagai aktor laga selama lebih dari dua dekade ke belakang.

2024 ini, Jason Statham kembali menjadi bintang film laga terbarunya yang sedang tayang di bioskop, “The Beekeeper”. Memang tidak pernah bosan melihat aktor ini beraksi di film action. Ini dia sederet film laga Jason Statham terpopuler.

The Transporter Series

Penampilan Jason Statham di “The Transporter” sebagai Frank Martin pastinya menjadi yang paling ikonik dari sang aktor. Berperan sebagai supir sewaan yang misterius, memadukan karisma dengan aksi fisik yang berkesan, Frank Martin menjadi salah satu karakter ikonik dalam skena film laga Hollywood.

“The Transporter” memiliki pesona dengan pekerjaan Frank yang misterius, dibarengi aksi stunt mengendarai mobil yang memacu adrenalin dan sekuen bertarung yang dibawakan oleh Statham. Plot fokus dan protagonis dengan kehadiran yang kuat di layar, “The Transporter” masih menjadi film laga terbaik dari Jason Statham.

Crank Series

Tak selalu tampil dingin dan rapi, dalam “Crank” Statham cukup berbeda dari film laga lainnya. Berperan sebagai hitman bernama Chev Chelios, karakternya memiliki penampilan lebih chaotic dan badass. Chev bakal tampil semakin chaotic karena harus berpacu dengan adrenalin dan waktu. Chev menerima suntikan obatan terlarang dari geng rival-nya, dengan obat sintestis mematikan bernama ‘Beijing Cocktail’.

Ia hanya memiliki waktu selama satu jam untuk hidup. Obat tersebut menekan produksi adrenalin yang dibutuhkan oleh Chev, dan ketika adrenalinnya semakin menurun, nyawanya pun terancam. “Crank” menjadi film laga yang brutal, erotis, dan penuh kekerasan jalanan yang riuh. Mulai dari kejar-kejaran obil, pertarungan, bahkan hubungan intim di publik, demi mempertahankan adrenalin Chev sembari melancarkan rencana balas dendam.

The Mechanic Series

Dalam “The Mechanic”, Jason Statham berperan sebagai Arthur Bishop, pembunuh bayaran dengan metode khusus dan kode moral. Sang aktor tampil tenang kembali, sebagai pembunuh yang cerdik dan disiplin dengan aturan mainnya sendiri. “The Mechanic” menjadi franchise film laga dengan misi-misi menantang, selalu mempertanyakan kembali dilema moral, serta mengeksplorasi dunia kontrak pembunuhan.

“The Mechanic” menjadi perpaduan dari sekuen laga menegangkan, kekerasan yang penuh perhitungan, dan kehadiran Statham yang karismatik. Buat yang tidak pernah bosan dengan film laga pembunuh bayaran dan Jason Statham, ini bisa jadi satu lagi koleksi seri film laga untuk ditonton.

The Expendables Series

“The Expendables” menjadi film laga Hollywood paling ambisius dengan mengumpulkan bintang-bintang laga. Mulai dari yang legendaris hingga yang populer di era modern seperti Jason Statham. Dalam film ini, Statham berperan sebagai Lee Christmas. Menjadi salah satu bagian dari tim, Lee Christmas dibekali kemampuan martial art dan marksman.

Masih langgeng sampai “Expend4bles”, Jason Statham juga masih tampil di film keempat dari seri ini yang baru rilis pada 2023 lalu. Meski bukan film dengan score terbaik menurut media-media besar, penampilan Statham dalam seri bersama dengan mega bintang laga lainnya membuat statusnya semakin solid sebagai aktor di skenanya.

Furious 7 (2015)

Jason Statham bergabung dalam franchise laga terpopuler, ‘Fast and Furious’ pada film ketujuhnya. Berperan sebagai Deckard Shaw, karakter antagonis mantan pasukan khusus Inggris yang menjadi ancaman baru bagi Dom dan kawan-kawan. Seperti franchise laga populer pada umumnyadi Hollywood, ‘Fast and Furious’ selalu kembali dengan dengan karakter antagonis yang harus meninggalkan kesan. Memilih Statham pastinya menjadi keputusan yang tepat.

Peran Statham tidak terlalu berbeda dengan film-film laga populernya di “Furious 7”. Masih sebagai pria dengan kemampuan bertarung yang ahli, pembawaan yang dingin. Yang paling seru adalah melihat aktor ini kembali beraksi mengendari mobil. Begitu pula pertarungannya dengan Vin Diesel yang juga salah satu mega bintang dalam skena laga.

Snatch (2000)

“Snatch” merupakan film laga komedi arahan Guy Ritchie, dibintangi oleh Jason Statham sebagai karakter bernama Turkish. Filmnya berlatar di kehidupan kriminal bawah tanah di London dan pengejaran akan berlian curian. Karakter Statham dalam film ini adalah seorang promotor boxing yang berusaha menavigasi kekacauan dunia kriminal. Karakternya karismatik dan cerdik, dilengkapi dengan elemen dark humor yang membuat film ini sedikit beda dalam filmografi sang aktor.

Jason Statham beradu akting dengan aktor kawakan, Brad Pitt, dimana keduanya tampilkan chemistry yang seru untuk disimak. “Snatch” menjadi salah satu film yang memberikan variasi dalam koleksi film Statham. Dalam skena komedi kriminal, film ini juga diidentifikasi sebagai cult classic.

Death Race (2008)

“Death Race” merupakan film laga Jason Statham yang disutradarai oleh Paul W.S.Anderson. Bercerita tentang Jensen Ames, mantan pembalap yang dituduh sebagai pembunuh. Ia kemudian dimasukan ke penjara, dimana para tahanannya bertarung dalam balapan mematikan yang ditayangkan di televisi. Satu lagi koleksi unik dalam daftar film Statham, film ini memiliki sentuhan distopia fantasi. Ames menjadi karakter dengan ambisi besar untuk bertahan di Death Race demi kebebasan.

Film laga ini memadukan skenario balapan mematikan yang intens dengan penampilan Statham yang kembali membawa kita pada kebrutalan “Crank”. Sebetulnya banyak elemen yang akan mengingatkan kita pada peran generik sang aktor, namun latar terbaru ciptaan Anderson jadi elemen baru yang menantang kegenerikan penampilan Jason Statham.

Spy (2015)

Satu lagi film komedi laga dari aktor ini adalah “Spy”. Disutradarai oleh Paul Feig, Jason Statham berperan sebagai agen rahasia bernama Rick Ford. Ford adalah karakter agen yang kocak karena rasa percaya diri yang berlebihan dan mulut besar. Visi penokohan dimana Ford berusaha menjadi agen tangguh dan dingin serta penyampaian dialog dengan kedataran yang kontras dengan ekspektasi, menjadi humor yang ingin dicapai oleh film ini.

“Spy” menjadi salah sau film yang menunjukan bahwa, sekalipun aktor ini suka main aman di genre laga, ia juga terbuka dengan elemen subgenre lain untuk ia eksekusi. Buat penggemar laga komedi, “Spy” bia jadi tontonan yang menghibur dan seru.

Safe (2012)

“Safe” merupakan film laga Jason Statham dengan skenario yang dikuasai oleh sang aktor. Berperan sebagai seorang mantan pasukan elit, kini ia berusaha melindungi gadis Cina yang diincar oleh Triad dan mafia Rusia karena informasi yang dimilikinya. Cukup mengingatkan kita kembali pada vibe “The Transporter”, kembali beraksi sebagai pria dingin dan tangguh dengan kemampuan bertarung handal.

“Safe” disutradarai oleh Boaz Yakin, memadukan pertarungan kelas jalanan dengan narasi yang mengeksplorasi penebusan dan keadilan. Latar tema kehidupan mafia internasional dalam film ini juga menjadi daya tarik dalam skenanya. Ini menjadi film penuh sekuen aksi dan unjuk kebolehan Statham yang sudah luwes dalam genrenya.

Wrath of Man (2021)

Kembali berkolaborasi dengan Guy Ritchie, “Wrath of Man” merupakan film aksi kriminal. Kali ini Jason Statham berperan sebagai super truk pengangkut uang. Dalam film ini, aktor berperan sebagai pria dengan identitas misterius, H. Memiliki kemampuan lebih dari sekadar menumbangkan usaha perampokan, H menyimpan masa lalunya dan ternyata memiliki motivasi balas dendam yang kuat.

Protagonis dengan balas dendam kuat sudah menjadi premis yang berkali-kali kita temukan dalam skena laga. Sama seperti film laga balas dendam pada umumnya, “Wrath of Man” memiliki plot yang sederhana sebagai wahana unjuk aksi dari Jason Statham.

The Holdovers The Holdovers

The Holdovers Review: Tidak Semua Liburan Adalah Liburan Terindah

Film

Dream Scenario Dream Scenario

Dream Scenario Review: Popularitas Berujung Mimpi Buruk

Film

Avatar: The Last Airbender Avatar: The Last Airbender

10 Serial Animasi Anak-anak Populer yang Juga Menghibur Penonton Dewasa

Cultura Lists

Emma Stone Emma Stone

10 Film Emma Stone Terbaik dan Terikonik

Cultura Lists

Connect