Connect with us
Review Ngeri-Ngeri Sedap
Imajinari

Cultura Lists

10 Film Drama Keluarga Indonesia di Streaming Platform

Rekomendasi sederet film drama keluarga lokal terbaik yang patut di-streaming.

Tidak hanya film horor dan film romansa, film drama keluarga merupakan salah satu genre yang populer di perfilman Indonesia beberapa tahun belakangan. Ada banyak film drama bertema keluarga yang semakin bagus, menghibur, dan beberapa memang family friendly.

Selain menghibur dan mengundang tawa, banyak film drama keluarga Indonesia mengandung pelajaran hidup. Mulai dari tentang keluarga yang harmonis maupun keluarga disfungsional, setiap keluarga punya kisahnya sendiri yang mungkin bisa menjadi pelajaran buat penontonnya.

Semakin banyak juga film drama keluarga terbaru lokal yang kini sudah bisa di-streaming. Berikut sederet film drama bertema keluarga Indonesia yang bisa ditonton di berbagai streaming platform.

Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Pak Domu (Arswendy Beningswara Nasution) dan Mak Domu (Tika Panggabean) adalah sepasang suami istri berdarah Batak. Mereka memiliki empat anak, Sarma (Gita Bhebhita Butar-butar) masih tinggal dengan mereka di Sumatera, sementara tiga anak laki-laki lainnya; Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox),  dan Sahat (Indra Jegel). Memiliki debat dengan sang bapak, ketiganya tak ingin pulang kampung. Hingga akhirnya Pak Domu dan Mak Domu pura-pura bercerai untuk memancing kepulangan anak-anak yang sedang merantau.

“Ngeri-Ngeri Sedap” merupakan salah satu film Indonesia terbaik pada 2022 kemarin, bahkan patut masuk dalam katalog film Indonesia terbaik sepanjang masa. Film drama keluarga dengan latar belakang budaya seperti inilah yang sebetulnya bisa lebih banyak lagi di Indonesia. “Ngeri-Ngeri Sedap” bisa di-streaming di Netflix dan Disney+ Hotstar.

Orang Kaya Baru (2019)

“Orang Kaya Baru” merupakan film drama keluarga bernuansa komedi. Dibintangi oleh Raline Shah, Cut Mini Theo, Lukman Sardi, Derby Romero, dan Fatih Unru. Bercerita tentang keluarga biasa yang ditinggal meninggal oleh bapak mereka. Saat dirundung duka, teman bapak mereka datang untuk memberikan wasiat; bahwa selama ini bapak mereka adalah orang kaya dan mewariskan banyak uang pada keluarga mereka.

Film ini menjadi film drama komedi yang juga mengandung pelajaran kehidupan. Terutama bahwa uang tidak selalu menjadi sumber kebahagiaan dan harmonisnya suatu keluarga.

Keluarga Cemara (2018)

“Keluarga Cemara” yang disutradarai Yandy Laurens ini merupakan adaptasi dari serial TV Indonesia yang populer pada era 90an hingga 2000an. Film ini dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir sebagai Abah dan Emak, serta Adhisty Zara dan Widuri Putri Sasono.

Kehidupan keluarga Abah dan Emak di Jakarta harus berakhir setelah mereka bangkrut karena ditipu oleh kerabatnya sendiri. Bersama dengan anak-anak mereka, satu keluarga pindah ke desa di Bogor untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana. Meski sempat kesulitan, keharmonisan keluarga membuat mereka mampu bertahan. “Keluarga Cemara” dan sekuelnya bisa di-streaming di Netflix.

June & Kopi (2021)

Film keluarga tentang hubungan manusia dengan hewan peliharaan mereka masih sangat jarang ada di Indonesia. “June & Kopi” merupakan film keluarga dari sutradara Noviandra Santosa tentang keluarga dan dua anjing peliharaan mereka, June dan Kopi.

Ketika sedang membeli makan tak jauh dari rumah mereka, Aya (Acha Septriasa) diikuti oleh seekor anjing liar berwarna putih. Ia pun akhirnya memutuskan untuk mengadopsi anjing tersebut meski suaminya (Ryan Delon) sebetulnya tidak setuju.

Meski naskahnya tidak bisa dibilang sempurna, setidaknya “June & Kopi” masih bisa jadi film tentang hubungan manusia dengan peliharaannya yang sangat menyentuh dan jenaka Cukup untuk membuat penonton tertawa dan gemas dengan penampilan anjing-anjing dalam film ini. Chemistry aktor-aktornya juga seru dengan kedua anjing yang jadi bintang utamanya. “June & Kopi” merupakan rilisan Netflix Original Indonesia.

Gara-Gara Warisan (2022)

“Gara-Gara Warisan” adalah film drama keluarga bergenre komedi yang disutradarai oleh Muhadkly Acho. Film ini dibintangi oleh Indah Permatasari, Oka Antara, Yayu A.W. Unru, Sheila Dara, Ge Pamungkas, dan Dicky Difie. Film salah satu film terbaru yang sudah bisa di-streaming di Disney+ Hotstar.

Warisan kerap menjadi pemicu konflik dalam keluarga. “Gara-Gara Warisan” merupakan film tentang persaingan tiga bersaudara untuk mendapatkan warisan dari ayah mereka, Dahlan. Dahlan justru mengadu ketiga anaknya untuk membuktikan diri dalam persaingan menjadi pengelola bisnis keluarga. Dimana yang memiliki performa terbaik akan menjadi pemenangnya.

Ali & Ratu Ratu Queens (2021)

Ali (Iqbaal Ramadhan) ditinggal ibunya sejak kecil dan tinggal bersama ayahnya. Setelah ayahnya meninggal, Ali pun mulai mencari ibunya ke New York. Dalam petualangan kecilnya, Ali bertemu dengan orang-orang baru, menjalin perteman tidak terduga hingga menemukan cinta.

“Ali & Ratu Ratu Queens” adalah film dengan naskah yang ditulis oleh Ginatri S. Noer dan disutradarai oleh Lucky Kuswandi. Selain dibintangi Iqbaal Ramadhan, film ini juga dibintangi oleh Marissa Anita, Tika Panggabean, Aurora Ribeiro, dan Happy Salma. Film drama lokal ini bisa ditonton di Netflix.

Nanti Kita CeritaTentang Hari Ini (2020)

Kalau cari film drama keluarga yang melodrama, “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” (NKCTHI) merupakan yang paling populer. Film ini dibintangi oleh Rio Dewanto, Sheila Dara, dan Rachel Amanda  sebagai tiga bersaudara di keluarga disfungsional. Film ini juga telah memiliki sekuel, “Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang” (2022).

NKCTHI menjadi film drama yang memberikan pelajaran tentang keterbukaan dalam keluarga. Dimana konflik batasan dan hambatan berkomunikasi dalam keluarga dialami cukup banyak oleh orang pada umumnya. NKCTHI bisa ditonton di Netflix. Ada juga spin-off-nya, ‘Story of Kale’ dan ‘Story of Dinda’ yang juga tersedia di Netflix, meski kedua film ini bergenre romansa.

Losmen Bu Broto (2021)

“Losmen Bu Broto” merupakan film drama lokal yang disutradarai oleh Eddie Cahyono dan Ifa Isfansyah. Dibintangi oleh Putri Marino, Baskara Mahendra, Maudy Koesnaedi, Maudy Ayunda, Marthino Lio, dan Mathias Muchus. Film ini tersedia untuk di-streaming di Disney+ Hotstar.

Bercerita tentang pasangan Broto yang menjalankan penginapan di Jogja. Bersama ketiga anak mereka yang juga membantu; Pur, Sri, dan Tarjo. Namun, dibalik kehangatan penginapan tersebut, tersimpan masalah yang dipendam oleh setiap anak pasangan Broto.

Sabtu Bersama Bapak (2016)

“Sabtu Bersama Bapak” merupakan film drama Indonesia yang disutradarai oleh Monty Tiwa, dengan Adhitya Mulya sebagai penulis cerita. Film ini dibintangi oleh Deva Mahenra, Ernest Prakasa, Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Ira Wibowo,  dan Arifin Putra. Film ini bisa di-streaming di Disney+ Hotstar.

“Sabtu Bersama Bapak” bercerita tentang Gunawan, seorang suami dan aah dari dua anak laki-lakinya. Kehidupan keluarganya mengalami guncangan ketika Gunawan mengetahui ia hanya memiliki waktu setahun lagi untuk hidup. Meskipun begitu, ia mencoba yang terbaik untuk memberikan cinta yang semestinya pada kedua anaknya selagi masih ada waktu.

Miracle in Cell No.7 (2022)

Satu lagi film drama keluarga melodrama Indonesia yang dijamin tear-jerking yaitu “Miracle in Cell No.7”. Film ini merupakan remake dari versi originalnya sebagai film k-drama populer dengan judul serupa.

Film arahan Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Vino G. Bastian, Graciella Abigail, Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Bryan Domani, dan Denny Sumargo. Film ini masih termasuk baru dan sudah masuk Prime Video untuk di-streaming.

Meski dengan sedikit modifikasi, plot secara keseluruhan hampir sama dengan versi aslinya. Dodo adalah pria muda dengan disabilitas intelektual yang jualan balon untuk menghidupi anaknya, Ika. Suatu hari Dodo dituduh bertanggung jawab atas kematian seorang gadis kecil dan harus menerima hukuman penjara. Dengan bantuan sipir dan rekan satu sel, Dodo bertemu kembali dengan anak perempuannya di dalam sel.

The Holdovers The Holdovers

The Holdovers Review: Tidak Semua Liburan Adalah Liburan Terindah

Film

Dream Scenario Dream Scenario

Dream Scenario Review: Popularitas Berujung Mimpi Buruk

Film

A Murder at the End of the World A Murder at the End of the World

A Murder at the End of the World (Finale) Review

TV

Avatar: The Last Airbender Avatar: The Last Airbender

10 Serial Animasi Anak-anak Populer yang Juga Menghibur Penonton Dewasa

Cultura Lists

Connect