Connect with us
UN1TY
Photo via Billboardid.com

Music

UN1TY: Boyband Lokal yang Indonesia Banget

Tak berusaha menyamai boyband Korea, UN1TY tampil dengan warna musik pop Indonesia.

UN1TY merupakan boyband lokal terbaru yang telah debut pada 9 Desember 2019 lalu. Boyband ini debut dibawah naungan Famous All Stars melalui sebuah music training program bernama 1ID Music Project yang dicetuskan oleh Patrick Effendy.

Setelah melalui seleksi dari 500 peserta dalam project pencarian bakat tersebut, terpilih 8 member unggulan yang dianggap memiliki karakter yang kuat. 8 member UN1TY adalah Fajri, Farhan, Fenly, Fiki, Gilang, Ricky, Shady, dan Zweitson. Mereka semua datang dari latar belakang etnis yang berbeda dengan rata-rata usia 16 hingga 23 tahun.

Boyband Lokal Dengan Warna Musik yang Indonesia Banget

UN1TY memiliki konsep boyband yang berbeda dengan boyband lokal yang pernah ada sebelumnya. Tidak berusaha menyamai boyband dari Korea yang sudah berhasil “menginvasi” trend musik dalam negeri, UN1TY tampil dengan musik pop ringan yang easy listening ala musik pop Indonesia.

Sebetulnya Indonesia sendiri juga memiliki root boyband-nya sendiri, jika boyband Korea identik dengan musik electro yang up beat dengan koreografi tarian yang memukau, boyband Indonesia lebih santai dan identik dengan lagu-lagu pop easy listening yang catchy.

Kita bisa menoleh sebentar ke sejarah boyband Indonesia yang sudah ada sejak tahun 90-an. Ada boyband seperti M.E yang terkenal dengan hits mereka “Inikah Cinta”, Trio Libels, hingga girlband seperti AB Three dan group campuran, Warna.

UN1TY memiliki warna musik yang serupa dengan senior-senior mereka tersebut jika dibandingkan dengan lagu-lagu pop boyband yang sedang trend sekarang.

Berusahan Menonjolkan Setiap Member Dalam Setiap Single

Salah satu single yang telah dirilis oleh UN1TY adalah “Coba Cintaku”. Lagu ini memiliki lirik yang easy listening tentang merayu seorang perempuan untuk meninggalkan kekasihnya untuk mencoba cinta yang baru dan lebih pantas.

Lirik yang sedikit “nakal” dibawakan dengan romantis dan lembut dengan alunan musik Pop dan R&B yang ringan dan menenangkan. Ada sedikit sentuhan rap mendekati akhir lagu sebagai variasi dalam single ini.

Salah satu konsep yang ingin dipertahankan oleh UN1TY adalah menonjolkan setiap member secara adil. Setiap single yang akan dirilis UN1TY kedepannya akan menonjolkan setiap member satu persatu. Hal ini juga menjadi langkah awal bagi boyband baru ini memperkenalkan kedelapan member mereka yang memiliki bakat dan karakter yang berbeda-beda.

Untuk tahun 2020 ini, UN1TY akan segera merilis berbagai single untuk tetap mempertahankan eksistensinya di industri musik Indonesia.

UN1TY tampil tak hanya mengikuti trend boyband Korea yang telah mendominasi trend musik dalam negeri, namun tampil sebagai group musik baru yang ingin memberikan warna baru dalam industri musik dalam negeri. Lagunya yang catchy dan easy listening akan membuat kita mengingat kembali bahwa Indonesia juga punya jati diri dan warna musik boyband-nya sendiri.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect