Connect with us
Korean R&B Playlist

Cultura Lists

Tracks of The Week: Korean R&B Playlist

Rekomendasi musisi dan track K-RnB terbaik.

K-pop merupakan salah satu genre paling nge-hits dan populer saat ini. Selain memproduksi banyak track Pop yang catchy dengan koreografi yang memukau, ada banyak musisi Korea Selatan dari genre lain dengan penampilan memukau.

Buat kita yang lebih nyaman mendengarkan lantunan lagu yang santai dengan kualitas vokal yang powerful, K-R&B bisa menjadi salah satu genre musik yang asik untuk didengarkan. Berikut track list pilihan dari musisi K-R&B terbaik dan terpopuler.

Ohio – Crush

Crush merupakan salah satu musisi K-R&B garda depan dengan berbagai rilisan single populer. Mulai dari ‘Nappa’, ‘Don’t Forget’, hingga ‘Let Us Go’ yang menjadi Original Soundtrack Crash Landing on You.

Tracknya yang bertajuk ‘None’ juga patut didengarkan karena sangat menonjolkan kualitas vokalnya sebagai musisi R&B. Crush baru saja merilis single bertajuk ‘Ohio’ yang lebih up beat dan memiliki aransemen musik R&B up beat dan playful.

Control Me – Colde

Colde juga merupakan salah satu musisi yang menonjol dalam industri K-R&B. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Crush dalam track ‘Your Dog Loves You’ untuk membantu program adopsi anjing di penampungan. Beberapa track pilihan Colde yang juga patut dimasukan dalam playlist K-R&B di antaranya; ‘Shhh’, ‘Sunflower’, dan ‘Control Me’.

ECHO – KATIE

KATIE memiliki kualitas vokal yang berat dan powerfull, dengan berbagai track R&B dan Soul yang lembut. Mulai dari ‘Remember’, ‘Rehab’, dan ‘Thinkin Bout You’. ‘ECHO’ merupakan single terbaru dari KATIE yang video klipnya terpilih menjadi The Best Music Video oleh Pitchfork.

Tak hanya video klipnya yang memiliki visual artistik, ‘ECHO’ juga merupakan track R&B dengan aransemen musik minimalis Soul.

Warm – Junggigo

Junggigo merupakan penyanyi dengan suara lembut dan breathy. Junggigo telah banyak mengisi OST dari drama Korea populer. Mulai dari My ID Is Gangnam Beauty dengan ‘D-Day’, ‘Only U’ untuk Uncontrollably Fond, dan masih banyak lagi. Junggigo baru saja merilis single terbaru dengan aransemen musik Lo-Fi yang lembut bertajuk ‘Warm’.

Instagram – DEAN

DEAN, penyanyi K-R&B satu ini juga merupakan salah satu yang populer dengan banyak hits ternama. Mulai dari ‘Bonnie & Clyde’, ‘Love’, dan ‘Pour Up’ yang berkolaborasi dengan Zico. Track-track DEAN lebih dominan dengan aransemen musik bernuansa Soul yang juga dipadukan dengan Hip Hop. Salah satu single DEAN yang lembut dan easy listening adalah ‘Instagram’.

Adios – Hoody

Hoody merupakan penyanyi R&B yang pernah berkolaborasi dengan Jay Park dalam single ‘Solo’. Ia juga pernah bekerja sama dengan musisi Indie Korea seperti Cokejazz, Teengirl Fantasy, dan ELO. Salah satu single dari masa-masa debutnya yang patut didengarkan adalah ‘Baby Oh Baby’. ‘Adios’ merupakan track terbarunya yang berkolaborasi dengan GRAY.

HaPPiness – SOLE

Sebelum banting setir ke genre R&B, SOLE sebelumnya merupakan salah satu member dari girlband Live High. Hingga akhirnya Ia debut solo pada tahun 2017 dengan single ‘Ride’. ‘HaPPiness’ merupakan single terbaru dari SOLE dengan aransemen musik bernuansa Lo-Fi R&B.

Wine – Suran

Shin Su-Ran merupakan penyanyi K-R&B yang sudah berkolaborasi dengan musisi terkenal lainnya dalam genre ini. Mulai dari Crush dalam single ‘Love Story’, ‘1+1=0’ dengan DEAN, Hingga ‘Wine’ yang diproduseri oleh Suga BTS. Suran memiliki berbagai track R&B yang bernuansa bright dan easy listening. Baru-baru ini ia merilis single bertajuk ‘Relax Moment’.

Sorry – Nieah

Nieah mungkin merupakan salah satu musisi K-R&B yang masih jauh dari radar musisi populer. Namun, penyanyi bersuara lembut ini patut didengarkan juga beberapa tracknya. Penyanyi yang terinspirasi oleh Kelly Rowland ini kerap merilis single dengan aransemen R&B yang lembut dengan nuansa cozy.

‘No Rush’ merupakan salah satu track dari zaman awal-awal kemunculannya di industri musik. Tak lama ini, Nieah kembali merilis single terbaru bertajuk ‘Sorry’.

Love Distance – Jooyoung (feat. Heize)

Satu lagi penyanyi K-R&B dengan suara breathy yang senduh adalah Jooyoung. Penyanyi satu ini berada di bawah salah satu agensi yang cukup besar di industri K-Pop, Starship Entertainment. Ia juga pernah berkolaborasi dengan idol K-Pop, Hyorin dari SISTAR dalam track ‘Erase’.

Salah satu single populernya adalah ‘Wet’, berkolaborasi dengan Superbee. ‘Love Distance’ merupakan lagu terbarunya, berkolaborasi dengan penyanyi K-R&B, Heize.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect