Connect with us
crush ohio
Photo via Kpopping.com

Music

Crush: Ohio Single Review

Crush bawakan tarian kontemporer diiringi single up beat terbarunya ‘Ohio’.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Crush kembali lagi dengan track terbarunya, ‘Ohio’ yang rilis pada 14 Juli 2020 kemarin. Belum lama semenjak penyanyi R&B asal Korea Selatan ini berkolaborasi dengan Joy Red Velvet dalam track ‘Mayday’ Mei lalu.

Kegelisahan dan kecemasan merupakan salah satu materi lirik yang melekat pada Crush. ‘Ohio’ merupakan track yang mengandung quarter life crisis bercampur dengan situasi pandemi yang masih belum membaik hingga saat ini. Kita bisa mendengarkan bahwa lagu ini memiliki lirik yang otentik, ditulis sendiri oleh Crush selama ia berada di rumah.

Berbeda dengan single ‘Mayday’ yang lebih santai dengan warna musik Lo-Fi, ‘Ohio’ memiliki aransemen musik yang lebih tegas dan elegan. Lagu dibuka dengan komposisi instrumen perkusi yang rancak dan up beat. Kemudian disambut dengan instrumen piano yang playful bernuansa Jazz dan Swing yang elegan.

Kedua instrumen tersebut menjadi statement yang minimalis namun kuat untuk menaikan mood musik pengering meski memiliki pola yang cukup repetitive. Ditambah dengan efek suara paduan suara yang samar-samar dan tepuk tangan, serasi dengan musik perkusi sebagai aksen pada beberapa bagian.

Meski tidak menampilkan vokal R&B dengan nada-nada tinggi seperti single-single lama Crush, ‘Ohio’ memiliki kombinasi vokal directing dengan aransemen musik yang pas. Karena komposisi musik sudah sangat lugas dan ramai, Crush menyanyikan lirik dengan teknik vokal yang lebih santai namun catchy, terutama pada bagian chorus-nya, ‘I’m singin’ odi odi odi ohio’ yang sangat earworm. Ditambah dengan porsi rap pendek untuk memberikan transisi yang variatif.

‘The summer’s getting more and more steamy / Can’t remember the last time I was out/ No longer considered young / I’m almost 30’

Tak berhenti pada aransemen perkusi dan piano dengan pola yang sama, memasuki chorus penutup, komposisi musik diakselerasi dengan instrumen kendang dan bass lebih terdengar. Ditambah dengan nyanyian scat ala penyanyi Jazz dan mulai dimasukan vokal improvisasi bernada tinggi sebagai klimaks sebelum mengakhiri track.

‘Ohio’ juga memiliki konsep video klip yang menarik. Kita akan melihat Crush sebagai bintang utama, menelusuri gedung yang kosong dengan koreografi tarian modern kontemporer mengikuti irama musik yang catchy.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect