Connect with us
Tips Keuangan Corona
Image via Pexels

Lifestyle

Tips Keuangan Saat Wabah COVID-19

Bagaimana tips pengelolaan keuangan saat wabah menurut kacamata financial planner?

Salah satu masalah yang dihadapi hampir semua orang saat ini adalah pengelolaan keuangannya. Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia membuat orang-orang terpaksa mengarantina dirinya di rumah. Pada beberapa negara, karantina ini dilakukan secara massal dan wajib–yang disebut sebagai lockdown.

Sebagian besar negara di Eropa dan beberapa negara di Asia tengah melakukan hal ini. Orang-orang tidak bisa keluar rumah apalagi mencari nafkah.

Bagi karyawan swasta atau PNS, karantina diri di rumah bukan hal yang sulit. Dengan adanya keputusan untuk WFH (Work From Home) orang-orang tetap dapat bekerja dari rumah. Mereka mendapatkan gaji setiap bulan dan mampu mencukupi kebutuhan selama karantina. Namun tidak semua orang memiliki pendapatan tetap. Orang-orang yang bekerja dengan upah harian, wirausaha, atau bekerja paruh waktu akan mengalami kesulitan. Inilah mengapa tips keuangan dari seorang financial planner akan sangat membantu.

Banyak pertanyaan apakah ada tips keuangan saat ini? Apa yang perlu dipersiapkan dan seberapa jauh wabah dan social distance ini bisa mempengaruhi keuangan kita? Ini pertanyaan yang bagus dan memang perlu disikapi dengan serius. Himbauan pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran Corona secara tidak langsung juga akan berdampak kepada perekonomian terutama di sektor riil.

Maka perlu bagi kita untuk mengevaluasi kesiapan keuangan rumah tangga. Seberapa jauh keuangan kita ini bisa bertahan terutama jika penyebaran virus terus berjalan dan akhirnya social distance harus diperpanjang. Berikut adalah beberapa tips dari Budi Raharjo (Independent Financial Planner & Director of OneShildt).

Cek Tabungan

Cek tabungan, terutama tabungan dana darurat. Idealnya tabungan dana darurat ini bisa mengcover sekitar 3-6 bulan pengeluaran termasuk cicilan utang dan kewajiban pajak. Jika belum memadai, selama situasi memungkinkan coba sedikit-sedikit ditambah. Akan sangat berguna jika ternyata situasi menjadi semakin buruk.

Pertimbangkan Cicilan

Pertimbangkan kesinambungan cicilan utang bagi yang saat ini ada berbagai cicilan. Bisa dengan cara melunasi sebagian cicilan dan atau bisa juga melakukan negosiasi ulang serta restrukturisasi utang. Baik dengan mencari pinjaman lunak berbunga yang lebih rendah, atau dapat juga dengan memperpanjang tenor pinjaman untuk sementara waktu agar cicilan menjadi lebih ringan.

Negosiasikan dan cari solusi saat belum menjadi masalah dan situasi keuangan masih dalam kondisi terkendali. Jika memungkinkan lunasi utang-utang yang memang dirasa tidak perlu dan jangan mengambil utang apapun juga untuk sementara waktu.

Gaya Hidup Sederhana

Turunkan gaya hidup menjadi lebih sederhana (pertahankan jika memang sudah bergaya hidup sederhana). Utamakan hanya pengeluaran-pengeluaran dasar dan penting.

Jaga keuangan agar dapat bertahan sepanjang mungkin. Kita belum tahu seberapa jauh efek wabah COVID-19 ini akan berlangsung. Dan salah satu cara bertahan adalah dengan menjaga pengeluaran tetap rendah untuk sementara waktu ini.

Yang masih memperoleh pendapatan rutin berupa gaji, bersyukur dan simpan sebagian penghasilan untuk menambah dana darurat.. dan bagi yang usahanya sudah mulai terpengaruh karena turunnya penjualan harus selalu bersiap-siap. Bukan tidak mungkin setelah ini penerimaan akan turun, dan gaji berkurang separuhnya jika ternyata harus bekerja di rumah.

Bantu Orang Sekitar

Jangan lupa membantu orang-orang di sekitar kita yang upah dan penghasilannya harian. Mereka yang kurang beruntung tidak bisa stok beras, mie instan dan sebagainya karena mengandalkan penghasilan harian. Beli produk dan jasa mereka sesuai kemampuan.

Yang longgar membantu yang lemah dan saling bergotong-royong secara ekonomi. Bayangkan warung yang biasanya kita sambangi saat makan siang di kantor, driver ojek online yang mengantarkan anak sekolah saat ini penghasilan mereka pun pasti terbatas dan berkurang. Setiap sen uang kita berarti bagi mereka.

Kesediaan Asuransi

Cek kesediaan berbagai asuransi yang penting seperti asuransi kesehatan dan jiwa. Cek isi polis apakah dalam situasi wabah proteksi tetap berjalan. Jika memberatkan apakah perlu penyesuaian dan pertimbangan ulang? Jangan sampai kondisi keuangan melupakan ketahanan proteksi. Jangan sampai gangguan keuangan yang lebih serius lagi terjadi dan tidak tercover oleh asuransi.

Tetap Optimis

Kita berharap situasi akan kembali seperti semula dan kondisi keuangan juga akan kembali pulih. Dan di saat itu ingat-ingatlah pondasi keuangan yang sudah teman-teman bangun saat longgar adalah solusi di saat sulit. Sehingga di masa yang akan datang dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Click to comment

Leave a Comment

7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine 7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine

7 Ide Masak Dan Bahan Praktis Untuk Stok Selama Self Quarantine

Food & Drink

Hikmah Pandemi Corona Hikmah Pandemi Corona

Apa yang Bisa Kita Petik dari Sebuah Pandemi?

Lifestyle

Rekomendasi Buku Tentang Wabah Rekomendasi Buku Tentang Wabah

Rekomendasi Buku Tentang Wabah

Books

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja 50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

Cultura Lists

Advertisement
Connect