Connect with us
the weeknd heartless
The Weeknd

Music

The Weeknd: Heartless Single Review

The Weeknd is back!

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah lebih dari satu tahun sejak perilisan EP My Dear Melancholy, Abel Tesfaye kembali dengan single baru. “Heartless” digadang-gadang sebagai jump start sebelum Chapter IV (well, sebutan nama album keempat Weeknd sebelum ada judul resmi nanti) meluncur. Dimulainya era baru ini bukan hanya menjadi pembicaraan tersurat di beberapa wawancara berbeda. Melainkan juga kembalinya Weeknd ke Instagram, sampai kabar adanya syuting untuk video musik.

Satu lagi, dengungan mengenai didaftarkannya track dengan judul “Like Selena,” yang secara tak langsung menandai dimulainya masa promosi untuk Weeknd.

“Like Selena” belum benar-benar dirilis memang, namun “Heartless” sendiri sudah sarat akan referensi sampai pertanda mengenai kedua mantan kekasih The Starboy; Selena Gomez dan Bella Hadid. Meski nama keduanya sama sekali tak disebutkan dalam lirik.

Lirik untuk “Heartless” sendiri menggambarkan bagaimana Abel berupaya menjadi seorang pria baik. Walaupun pada akhirnya, popularitas, uang, dan juga wanita-wanita membuatnya kembali menjadi seseorang yang heartless.

Line pembuka “Never need a b*tch, I’m what a b*tch need” jelas menunjukan bahwa track kali ini tak akan menye-menye; berbeda dengan harapan sebagian besar penggemar. Abel justru menghabiskan nyaris semua bagian lagu menunjukan dirinya seorang Starboy dengan lirik: “Photoshoots, I’m a star now/I’m talkin’ Time, Rolling Stone, and Bazaar now.” Selain juga memamerkan sisi cocky dirinya, “So much p*ssy, it be fallin’ out the pocket.”

Selain itu? Tak banyak perbedaan berarti dibawa oleh Weeknd untuk rilisan kali ini. Konsep, musik R&B berpadu dengan sentuhan trap, lirik dirtbag yang berbicara tentang wanita, popularitas, dan betapa hebat dirinya. Semua sudah menjadi ramuan di hits Weeknd sebelumnya.

Sedikit sentuhan berbeda diberikan oleh Metro Boomin, yang menjadi co-producer bersama dengan Illangelo, pada lagu ini melalui bass-heavy palette. Menjadikan “Heartless” terdengar kelam pada beberapa bagian. Metro Boomin sendiri (yang namanya menjadi bagian untuk lirik “Metro Boomin turn this ho into a moshpit” di lagu ini) sebelumnya menggarap track apik Weeknd, “Six Feet Under” dan “Low Life.”

Selain itu? “Heartless” kurang masih belum memperlihatkan sisi berbeda dari seorang The Weeknd. Meskipun tak bisa disangkal, nama besar serta popularitas Abel sendiri saja akan cukup membuat track ini menjadi hits.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect