Connect with us
The Strokes
Photo Credit: Jason McDonald

Music

The Strokes: At The Door & Bad Decisions Single Review

The Strokes akan segera merilis album baru, The New Abnormal.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Strokes akhirnya akan segera merilis album terbaru mereka yang berjudul “The New Abnormal” pada 10 April 2020 mendatang. Album ini akan menjadi album pertama setelah 7 tahun band asal New York ini merilis “Comedown Machine” pada 2013 silam. Bersamaan dengan pengumuman tersebut The Strokes merilis single pertama, “At The Door”.

The Strokes memutuskan untuk tidak kembali dengan musik yang menghentak, namun komposisi tenang yang membawa kita kembali ke era 80-an. At The Door memiliki aransemen musik yang hanya diiringi dengan instrumen synth, memiliki efek suara 8 bit sound dari video game lama.

Kerinduan kita akan suara khas Julian Casablancas akan terobati dengan lagu ballad yang memiliki lirik tentang mengakhiri suatu hubungan dan impian yang tak pernah tercapai. Tak sekedar bernyanyi dengan suaranya yang memiliki distorsi alami, he sing his heart out. “At The Door” merupakan lagu dimana The Strokes meredam segala emosi mereka tanpa melupakan signature mereka dalam bermusik. The Strokes merupakan band Rock lawas yang masih terdengar ikonik karena suara Julian yang tidak pernah berubah.

Suasana nostalgia semakin terasa jika kita melihat video klip dari “At The Door” yang mengusung konsep animasi lama, membawa kita dunia Saint Seiya hingga Akira. Dengan beberapa plot cerita tentang dewa jagat semesta, kelinci mutant, hingga pertarungan alien.

Tak lama setelah merilis “At The Door”, The Strokes merilis “Bad Decisions” yang lebih up beat, meluapkan jiwa Rocker mereka yang sempat tertahan. Mendengarkan single terbaru ini membuat kita benar-benar merasakan bahwa The Strokes is back!

“Bad Decisions” memiliki aransemen musik yang terdengar diproduksi dengan baik. Komposisi pola aransemen instrumen tampak di-plotting dengan baik dari intro, memasuki verse dan chorus, hingga penutup lagu. Kita akan kembali mendengar musik ala The Strokes bergenre Garage Rock dengan efek gitar yang khas.

Lagu dibuka dengan dentuman drum dan rhythm gitar yang catchy dan membangun semangat. Kemudian disambut dengan melodi gitar yang lebih meramaikan aransemen musik. Sekali lagi, kita akan melihat teriakan Julian Casablanca yang mengoyak jiwa para pendengarnya sebagai klimaks sebelum mengakhiri lagu dengan musik yang kembali mengenang.

The Strokes juga mengusung tema 80-an yang hampir mirip dengan video klip “Last Nite”. Namun, kali ini para personil The Strokes tampil sebagai produk kloning yang dijual dalam sebuah acara televisi.

The Strokes memang tidak pernah mengubah genre, warna musik, hingga aransemen mereka pada setiap project terbarunya (tidak termasuk project solo Julian Casablanca yang lebih eksperimental). Mereka selalu kembali dengan format yang sama meski dengan materi yang berbeda. Namun, kapan terakhir kali kita excited akan musik terbaru The Strokes?

Setelah mendengarkan “At The Door” dan “Bad Decisions”, kita akan berpikir bahwa inilah saat yang tepat untuk kembali semangat menantikan album terbaru The Strokes, “The New Abnormal”.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect