Connect with us
The Consultant
Cr. Amazon Studios

TV

The Consultant Review: Penampilan Terbaik Christoph Waltz sebagai Regus Patoff

Ketika “Iblis” ambil kendali di perusahaan mobile game yang diambang kebangkrutan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“The Consultant” merupakan serial terbaru Prime Video yang diadaptasi dari novel bertajuk serupa oleh Bentley Little. CompWare adalah perusahaan mobile game yang sedang diambang kebangkrutan. Regus Patoff (Christoph Waltz), seorang konsultan, menjanjikan kesuksesan perusahaan pada setiap pegawai CompWare di bawah pengawasannya.

Membuat kebijakan baru yang dipertanyakan dan menunjukan kekerasan mental pada setiap pegawai, Elaine (Brittany O’Grady) dan Craig (Nat Wolff) menjadi dua pegawai yang penasaran dengan latar belakang Regus Patoff dan melakukan investigasi pada boss baru mereka tersebut.

“The Consultant” menjadi sajian drama thriller berlatar di lingkungan kerja yang bikin stress. Serial yang hanya terdiri dari 8 episode ini juga memiliki unsur misteri yang menegangkan. Terutama tanda tanya besar pada Regus Patoff yang misterius, mengungkap jati diri karakter ini berhasil membuat penonton tertarik untuk mengikuti penelusuran Elaine dan Craig.

Penampilan Mengesankan Christoph Waltz sebagai Boss yang Kejam

Salah satu keunggulan paling menonjol dari serial ini adalah akting Christoph Waltz sebagai Regus Patoff. Berperan sebagai karakter paling krusial dalam “The Consultant”, penampilan Waltz dalam setiap adegan benar-benar terasa. Ibarat kita juga pegawai yang sedang di tengah-tengah aktivitas kerja, pasti ketikan boss sedang ada di sekitar kita, auranya pasti berbeda. Sangat penting karakter Regus Patoff memberikan kesan demikian, Christoph Waltz telah berhasil menghadirkan ‘aura’ tersebut.

Dalam skenario ini, ia mengklaim diri sebagai seorang konsultan yang di-hire untuk mengambil kendali perusahaan. Memperbaiki apa yang salah, serta melakukan cara paling efektif yang tersedia di meja untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan total. Bahkan dengan ide-ide yang ekstrim sekalipun. Ia persisten, manipulatif, dan cerdik, kerap membuat kita bertanya-tanya; sebetulnya dia jahat atau targetnya saja yang mudah dikelabui?

Hanya ada tanda tanya besar tentang latar belakang Regus Patoff. Butuh kesabaran juga untuk mengungkap siapa sebetulnya konsultan satu ini. Meski banyak sekali misteri yang tak kunjung dijawab dan menuntut kesabaran penonton, Christoph Waltz selalu berhasil menghibur kita dengan personanya sebagai pimpinan keras hati dan kerap bertindak seenaknya sendiri.

The Consultant

Karakter Elaine dan Craig yang Kurang Kuat Sandingi Regus Patoff

Ketika Christoph Waltz memiliki kharisma yang mendominasi sebagai Regus Patoff, Elaine dan Craig sebagai duo tandingan yang kurang mumpuni. Regus Patoff memiliki penokohan yang sangat kuat, namun karakter yang menjadi lawannya memiliki penokohan yang kurang menarik dan medioker. Elaine adalah pegawai yang sejak awal berlagak seperti pegawai dengan posisi yang tinggi, hingga akhirnya terungkap ia hanya pegawai posisi biasa. Sementara Craig adalah programer game dengan bakat standar. Mereka terpilih sebagai protagonis kita dalam skenario ini terasa cukup acak.

Sebagai orang yang curiga dan menentang keberadaan pimpinan baru, keduanya ternyata juga menunjukan ketergantungan pada posisinya di kantor tersebut. Mereka peduli dengan karir mereka, mereka butuh upah. Jadi cukup dipertanyakan juga kenapa mereka berani cari masalah kalau sendirinya masih peduli dengan pekerjaan mereka.

Kelemahan dua karakter ini juga akhirnya sedikit mempengaruhi presentasi karakter Regus Patoff. Karena sehebat-hebatnya karakter, tidak akan seru kalau tidak ada tandingan yang serasi. Meski bisa dipahami, bahwa skenario didominasi dari perspektif Elaine dan Craig karena posisi mereka sama dengan penonton; tidak tahu dan penasaran dengan latar belakang Regus Patoff.

Eksekusi Konsep Misteri Kurang Mantap, Plot Terasa Instan

Regus Patoff lebih dari sekadar karakter dalam skenario ini, Regus Patoff adalah ‘konsep’. Dia secara spesifik menyebut dirinya sebagai ‘konsultan’, namun jelas ia bukan konsultan biasa. Ada sentuhan misteri hingga supranatural yang seiring berjalannya plot akan kita temui. Hingga sampai pada episode terakhir, penonton akan mulai paham ‘konsep’ dari Regus Patoff sebagai konsultan dalam skenario ini. Meski pada akhirnya kita akan tetap mempertanyakan; siapa Regus Patoff? Pertanyaan tersebut sepertinya masih disimpan untuk potensi season selanjutnya, jika memang serial ini akan mendapatkan season baru.

Regus Patoff membawa kita pada pengalaman dunia bisnis yang hanya peduli dengan efektifitas dan profit. Manusia biasa mungkin memikirkan moral, hak asasi, dan toleransi dalam menjalankan perusahaan secara umum. Namun tidak dengan konsultan satu ini yang hanya fokus pada kesuksesan perusahaan kliennya.

Ide tentang konsultan yang mampu melakukan apapun untuk menyelamatkan bisnis adalah konsep yang menarik. Sayangnya konsep tersebut hanya disampaikan dengan skenario level permukaan yang instan. Masih banyak misteri tidak terjawab dan plot hole yang belum ditutup.

Strategi Regus Patoff dalam menjalankan pekerjaannya juga kurang transparan. Skenario terlihat sangat menutup rapat rahasia dalam “The Consultant”, mungkin sampai lupa untuk memberikan jawaban.Harusnya pertanyaan se-basic ‘siapa Regus Patoff?’ harus bisa terjawab di season perdana ini.

Pada akhirnya, “The Consultant” merupakan serial thriller terbaru dengan premis menarik. Penampilan Christoph Waltz setidaknya paling worth to watch. Namun skenarionya terlalu protektif dengan misterinya sendiri, bahkan tidak ada plot twist. “The Consultant” adalah serial misteri yang tidak mempunyai jawaban.

Moving Review (Part 2-Finale) Moving Review (Part 2-Finale)

Moving Review (Part 2-Finale): Superhero Sejati Adalah Orang Tua yang Melindungi Keluarganya

TV

10 Best K-drama for Non-Drama Fans

Cultura Lists

Hubungi Agen Gue Hubungi Agen Gue

Hubungi Agen Gue! Review: Kekalutan di Agensi Selebriti Indonesia

TV

Moving Moving

Moving Review (Part 1): Serial Superhuman Korea Terbaik Saat Ini

TV

Connect