Connect with us
Tengoku Daimakyou Season 1

TV

Tengoku Daimakyou Season 1 Review

Anime sci-fi adventure dengan presentasi dua plot beriringan yang menarik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Tengoku Daimakyou” (Heavenly Delusion) merupakan salah satu dalam line up Spring Anime 2023 populer. Diadaptasi dari manga karya Masakazu Ishiguro, diproduksi oleh Production I.G., studio yang mengerjakan anime sci-fi populer seperti “Psycho-Pass” dan “Ghost In The Shell”.

Anime seinen bergenre sci-fi adventure berlatar post apocalypse ini sudah tutup season pertama pada akhir bulan ini. Ketiga-belas episode “Tengoku Daimakyou” bisa di-binge di Disney+ Hotstar.

Kiruko mendapatkan misi untuk mengantar Maru ke lokasi yang disebut sebagai ‘surga’. Maru memiliki kekuatan spesial yang juga membantu Kiruko dalam menghadapi monster-monster pemakan manusia selama perjalanan mereka. Di sisi lain, ada sekelompok anak yang tinggal dalam sekolahan dan asrama dilindungi oleh tembok tinggi dan tidak terpapar oleh dunia luar. Kedua sudut pandang sama-sama berusaha memecahkan misteri yang bersembunyi di sekitar mereka selagi melindungi orang-orang yang mereka peduli.

Tengoku Daimakyou Season 1

Anime Sci-fi Adventure Berlatar Post Apocalypse

Sebagai anime dengan genre seinen, “Tengoku Daimakyou” memiliki elemen kekerasan, materi dewasa, nudity, dan topik yang cukup triggering seperti pelecehan seksual. Meski elemen tersebut porsinya sangat sedikit. Plot diisi dengan Kiruko dan Maru yang berkelana dengan tujuan lokasi ‘surga’. Dimana juga mereka sendiri masih tidak tahu lokasi dan apa sebenarnya tempat tersebut.

Sembari mengumpulkan informasi dan menarik kesimpulan sendiri sebagai pentunjuk, Kiruko dan Maru sama-sama bisa diandalkan dalam situasi genting. Baik ketika menghadapi monster atau manusia-manusia jahat di lingkungan post apocalypse dimana peradaban manusia modern telah menghilang. Selagi ada beberapa orang baik (maupun jahat) berusaha membangun komunitas manusia kembali.

Skenario latar tersebut membuat Kiruko dan Maru melihat rupa kemanusian di setiap lokasi yang sedang mereka lalu dalam perjalanan. Mulai kisah dokter melawan sekte anti mesin, seorang ayah yang ingin menemukan anaknya, dan beberapa skenario situasi lainnya. Perbaduan antara elemen dan drama kemanusian ala post apocalyspe-nya sangat pas.

Tengoku Daimakyou Season 1

Dua Plot Terpisah yang Membutuhkan Waktu untuk Dipahami

Seperti yang telah disebutkan, “Tengoku Daimakyou” memiliki dua plot yang terlihat jauh berbeda satu sama lain. Hampir seperti dua cerita yang berbeda. Ini mungkin akan sedikit sulit kita pahami pada episode-episode pertama benang merah antara keduanya.

Plot Kiruko dan Maru di ‘luar’ dengan sekelompok murid-murid misterius yang tinggal di ‘dalam’ atau di balik tembok. Anime ini memiliki cara menggiring cerita dua plot yang cerdas seiring berlangsungnya episode demi episode. Kita akan merasakan dengan mulus perjalanan keduanya menuju titik temu.

Sebagai anime sci-fi yang juga mengandalkan misteri untuk menciptakan plot yang menarik perhatian penonton, “Tengoku Daimakyou” juga pandai menyembunyikan misterinya dengan rapi serta mengungkapkannya di saat yang tetap. Ini adalah eksekusi narasi berbobot dengan pendekatan ‘show not tell’. Baik melalui narasi, dialog, hingga penampakan visual, anime ini juga menantang penontonnya untuk memecahkan misteri yang disebar dalam cerita.

Episode Penutup Belum Selesai Menjawab Misteri Sepanjang Season

Selalu tidak sabar menunggu episode terbaru dari anime ini selama musim semi kemarin. Ketika misteri sudah dipresentasikan dengan baik, anime ini berhasil membuat penontonnya ketagihan. Setiap episode selalu ada agenda, selalu ada yang terjadi. Pacing-nya juga sudah pas, tidak terlalu cepat namun cukup padat meski dengan narasinya yang sabar dalam menyampaikan kisahnya.

Titik temu antara kedua plot menjadi plot twist yang berkualitas. Tidak sekadar reveal yang membuat penonton kaget seketika. Jika kita telah memperhatikan setiap petunjuk sepanjang episode, kita sendiri akan mulai bisa menarik kesimpulan pada plot twist yang tetap berkesan. Sensasinya adalah terpukau akan apa yang selama ini kita lihat tidak sesederhana kelihatannya, sekaligus kepuasan karena teori kita benar.

Namun, episode finale dari season pertama “Tengoku Daimakyou” masih menimbulkan misteri tak terjawab yang tanggung. Entah seperti ini pendekatan yang sengaja diterapkan, mempercayakan jawaban dan asumsi dari penontonnya sendiri daripada memberikan statement resmi secara langsung.

Secara keseluruhan, “Tengoku Daimakyou” adalah salah satu Spring Anime 2023 layak ditonton. Terutama buat penggemar genre petualangn sci-fi, survival, dan semesta post apocalypse. Anime ini juga cocok buat penggemar anime misteri dengan penulisan yang cerdik.

The First Omen The First Omen

The First Omen Review: Prekuel Horor Religi Lebih Sinematik

Film

The Boys Season 3 The Boys Season 3

5 Hal Yang Patut Dinantikan dari “The Boys” Season 4

Cultura Lists

Rekomendasi Film & Serial Prime Video Juni 2024

Cultura Lists

A Town Without Seasons Review: Suka Duka Warga Hunian Sementara yang Eksentrik

TV

Connect