Connect with us
Tarrarin & Abraham Kevin: Emotions
Tarrarin | Photo via Press

Music

Tarrarin & Abraham Kevin: Emotions Single Review

Menggambarkan Anxiety Disorder dalam project musik dan visual.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada awal Mei 2020 kemarin, Tarrarin dan Abraham Kevin merilis single kolaborasi berjudul “Emotions”. Kolaborasi digagas oleh I Made Suri Pandhu yang merupakan founder dari Kegelisahart.

Kegelisahart sendiri merupakan sebuah platform online yang ditujukan untuk teman-teman penyintas dan pejuang kegelisahan yang ingin menuangkan keresahannya melalui karya yang mereka ciptakan. Lirik “Emotions” ditulis oleh Tarrarin yang terinspirasi dari cerita Kevin dan Pandhu yang berjuang menghadapi Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan. Vokalis dari grup musik Svmmerdose ini juga berperan sebagai produser dari single ini.

Abraham Kevin

Abraham Kevin

“Emotions” dibawakan dengan aransemen gitar akustik yang sederhana terdiri dari rhythm dan melodi. Pemilihan chord minor dalam rhythm memberikan warna musik psychedelic yang suram dan sesuai dengan tema dari lagu ini. Vokal Tarrarin dan Abraham Kevin berpadu dalam harmoni yang sempurna. Keduanya memiliki kekuatan vokal yang sama-sama berkualitas. Ada bagian interlude dengan tempo strum gitar yang dipercepat mengiringi improvisasi vokal dari Kevin.

“Emotions” merupakan bentuk nyata dari empati orang normal yang juga bisa memahami perasaan orang dengan masalah mental. Tarrarin sebagai orang yang tidak memiliki gangguan mental, mampu memahami perasaan orang yang memiliki masalah itu dengan mendengarkan cerita mereka. Hal ini bisa menjadi contoh bahwa kita juga bisa memahami dan menanggapi isu ini dengan serius jika mau mendengarkan kisah dan perjuangan orang-orang yang mengidap Anxiety Disorder.

Meski dibangun dari berbagai unsur yang sederhana, “Emotions” telah berhasil menggambarkan emosi dari seorang pengidap gangguan kecemasan. Melalui komposisi gitar, lirik, hingga flow dari lagu.

Secara keseluruhan, musik yang disajikan memiliki nuansa gloomy dan sunyi. Kita bisa mendengar sisi kecemasan atau kegelisahan yang tenang, yang disimpan sendiri oleh para penderita kecemasan. Namun ada juga bagian dalam lagu yang mempresentasikan kegelisahan dan kecemasan yang tidak terkontrol serta lirik yang diulang-ulang, bagaikan seseorang yang terjebak dalam pikirannya sendiri dan berusaha menenangkan diri.

Emotions

Emotions

Tak hanya musiknya, cover art dari “Emotions” juga didesain untuk memvisualisasikan Anxiety Disorder. Mengangkat artwork bertemakan karya seni kolase terinspirasi dari dadaisme dan abstrak ekspresionis. Warna di dalam artwork ini, warna merah dijadikan statement sebagai simbol melawan gangguan kecemasan. Sementara warna-warna lain adalah simbol dari berbagai perasaan lainnya yang campur aduk dan menimbulkan kegelisahan.

Sebagai pihak yang menginisiasi kolaborasi antara Tarrarin dan Abraham Kevin, Kegelisahart berharap lagu Emotions dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu seputar kesehatan mental khususnya gangguan kecemasan. Karya ini juga diharapkan mampu menjangkau para pejuangan dengan gangguan mental untuk terinspirasi melampiaskan emosi mereka melalui media seni.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect