Connect with us
SMSR: The Sentiment Single Review

Music

SMSR: The Sentiment Single Review

Luncurkan single untuk persiapan album terbaru bertajuk Egress.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“The Sentiment” merupakan single terbaru SMSR yang rilis pada 2 April 2020 kemarin. Diluncurkannya single ini menjadi penanda project album mereka, ‘Egress’ yang akan dirilis pada tahun ini juga.

“Single ini merupakan langkah awal kita menuju perilisan album dalam waktu dekat. Sebenarnya, (lagu) ini bercerita tentang rasa terima kasih kita kepada orang tua masing-masing yang kebetulan sama dalam menyikapi jalan hidup anak-anaknya. Karena memang kita semua tidak begitu pandai dalam mengungkapkan langsung perasaan kita ke orang tua, maka kita ekspresikan melalui musik”, ungkap para personil SMSR tentang lagu “The Sentiment”.

SMSR: The Sentiment Single Review

Lagu ini ditulis dan dikomposisi oleh kedua gitaris SMSR, Ardana Putra dan Arya Pradipto. SMSR masih menganut genre Psychedelic Rock untuk single terbarunya ini. Aransemen musik memadukan riff gitar dengan chord tertentu yang menjadi statement dari komposisi musik single ini. SMSR memasukan berbagai efek dan pola instrumen gitar untuk menciptakan musik yang terdengar cukup repetitive namun memiliki aksen. Instrumen synth dan keyboard menyelimuti aransemen musik untuk memberikan sentuhan atmospheric yang menjadi ciri khas dari musik bernuansa psychedelia.

Dibawakan dengan tempo medium yang stabil, lagu ini memiliki flow musik yang pas untuk membuat pendengarnya terhanyut.

Sebagai lagu dengan label Psychedelic, synth dan keyboard menjadi salah satu instrumen yang harus dimaksimalkan untuk menghidupkan musik. Tak sekadar pelengkap dan aksen tambahan, ada beberapa porsi instrumental dengan synth dan keyboard yang ditambahkan mendekati akhir lagu. Perpaduan antara semua elemen instrumen dan vokal autotune yang dikemas dalam lagu “The Sentiment” ini ditutup dengan mixing dan mastering yang profesional.

Namun, The Sentiment memiliki directing vokal yang masih kurang powerful untuk menjadi hits dan menaikan hype album terbaru SMSR. Jika dibandingkan dengan single SMSR lainnya seperti “Ease Your Mind”, lagu tersebut lebih catchy sebagai single promosional. “The Sentiment” memiliki warna musik yang cukup idealis sebagai salah satu track dalam album terbaru yang bisa dinikmati oleh kalangan tertentu.

SMSR merupakan unit band dari Jakarta Selatan yang beranggotakan Ardana Putra, Farzad Arezoo, Reygi Prabowo, Arya Pradipto, dan Muhammad Wildan. Mereka telah merilis EP pertama pada 2019 lalu yang bertajuk Mileu.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect