Connect with us
Sheila Anandara: Kereta Single Review

Music

Sheila Anandara: Kereta Single Review

Lanjutkan perjalanan dengan merilis single kedua yang masih easy listening.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah merilis single perdana yang bertajuk Hari Tanpa Mentari pada 2019 lalu, Sheila Anandara kembali merilis single keduanya yang berjudul Kereta. Single ini telah dirilis sejak 27 Februari 2020 lalu. Masih mengusung genre yang sama, yaitu Pop dengan alunan musik easy listening.

Kereta ditulis oleh Sheila ketika sedang melakukan perjalanan dengan kereta. Saat itu ia melihat pasangan lanjut usia yang duduk tak jauh darinya. Dari situ, ia terinspirasi untuk menulis sebuah lagu tentang perjalanan cinta yang diibaratkan seperti perjalanan dengan menggunakan kereta. Menggambarkan perasaan yang bahagia dan penuh janji pada awal hubungan, sayangnya kisah cinta dalam lagu kereta memiliki plot twist di mana sebuah pasangan berakhir mengambil langkah yang berbeda.

Sheila Anandara

Sheila Anandara

‘Tak lagi bersama walau sudah tiba, tak lagi berdua kisah kita di kereta’, mengibaratkan tak semua hubungan berakhir bersama meski telah melalui banyak hal bersama.

Dibandingkan dengan single pertama, Sheila Anandara tampaknya hendak mencoba aransemen musik yang lebih kaya dengan berbagai layer. Tak hanya alunan gitar akustik yang menjadi ciri khas dalam musiknya, kita bisa mendengar instrumen piano hingga instrumen gesek untuk memberikan nuansa megah pada musik. Meski memiliki kisah lagu manis yang getir, banyak komposisi mengandung chord yang ceria.

Ada banyak pola aransemen dan instrumen dalam lagu Kereta. Directing untuk dinamika musik dalam lagu ini bisa lebih rapi lagi untuk membuat flow lagu lebih nyaman didengarkan. Suara Sheila yang lembut dan merdu sudah menjadi elemen kuat untuk sebuah lagu easy listening. Namun, harmonisasi dalam aransemen musiknya masih terdengar rumit untuk sebuah lagu yang seharusnya bisa dieksekusi dengan sederhana untuk menjadi lebih bermakna.

Sheila Anandara merupakan musisi asal Jakarta yang selalu bermimpi untuk menjadi penyanyi sejak kecil. Mengusung genre Pop dengan alunan musik akustik yang khas, Sheila kerap menulis lagu yang terinspirasi dari pengalaman atau hasil pengamatan kehidupan yang ada di sekitarnya. Membuat karya terasa otentik dan relevan bagi pendengarnya.

Perjalanan Sheila Anandara masih panjang di industri musik lokal. Kita nantikan saja karya-karya terbaru dari Sheila berikutnya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect