Connect with us
Shankara Band

Music

Shankara: Town to Town Single Review

Awali perjalanan industri musik lokal dengan Town to Town.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Town to Town menjadi single perdana dari band asal Tangerang, Shankara. Shankara hendak tampil sebagai sosok pengembara yang menyebarkan kegembiraan melalui karya-karyanya. Band Rock ini terbentuk pada tahun 2019 lalu dengan lineup personil Ruby Prawira Negara, Rizky Pramadani, dan Raihan Azhara Azed.

Sebagai langkah awal menuju perjalanan Shankara mengembara industri musik lokal, “Town to Town” menjadi lagu yang paling pas sebagai track debut mereka. Lagu Rock dalam syair berbahasa Inggris ini mengandung kisah tentang Shankara yang hendak berdamai dengan diri sendiri, menikmati dan menghargai bergulirnya waktu, serta memaknai segala sesuatu yang mereka jumpai.

Pengembaraan juga dilambangkan sebagai “pelarian” diri untuk mencari ketenangan dari masa lalu atau pribadi lama yang hendak dilupakan.

“I had a situation that I couldn’t handle / I made a decision to disappear and live with that feel”

Lirik lagu Town to Town merupakan salah satu materi yang sudah tidak asing lagi untuk kita; pengasingan, perdamaian dengan diri sendiri, dan pencarian jati diri. Dimana materi ini selalu relevan meski telah diadaptasi dalam berbagai platform seni terutama musik.

Butuh inovasi dan gaya pembawaan yang berbeda atau original agar materi musik ini bisa diterima oleh penikmat musik secara umum. Dalam aspek penulisan lirik, “Town to Town” belum menyampaikan syair berima yang catchy.

Dalam segi aransemen musik, Shankara menghadirkan musik Rock yang cukup menarik perhatian. “Town to Town” memiliki nuansa musik Rock n’ Roll dengan sentuhan Dessert Rock yang otentik. Komposisi dari instrumen gitar, bas, dan drum memiliki pola yang diulang-ulang pada setiap bait lagu pada bagian awal hingga memasuki komposisi solo gitar mendekati akhir lagu.

Kemudian ditutup dengan komposisi yang sama persis sepanjang lagu. Ada banyak lagu Rock dengan pola gitar repetitive namun memiliki energi sebagai powerful dan catchy, membuat pendengarnya justru ketagihan dengan riff gitar yang disajikan. Namun, komposisi gitar dalam “Town to Town” masih terdengar lemah untuk menggunakan pola repetitive.

Secara keseluruhan, “Town to Town” memiliki makna dan pesan yang sesuai dengan konsep sebagai perjalanan awal bagi Shankara di industri musik lokal. Genre dan konsep musik yang dimiliki segmentasi genre yang jelas. Untuk menggebrak pasar musik komersial, Shankara membutuhkan single yang lebih powerful lagi.

 

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect