Connect with us

Cultura Lists

Sederet Aktor yang Pernah Memerankan Superman

David Corenswet bakal jadi Superman berikutnya, berikut aktor yang perankan superhero ikonik DC ini dari masa ke masa.

Dalam film terbaru James Gunn “Superman: Legacy”, superhero ikonik DC, Superman akan mendapatkan wajah baru. David Corenswet, yang dikenal melalui perannya dalam “The Politician” dan “Hollywood”, bersiap mengenakan jubah Superman di franchise DC terbaru.

Sementara aktris Rachel Brosnahan yang masih relevan reputasinya melalui “The Marvelous Mrs. Maisel” akan mendampingi Corenswet sebagai Lois Lane. Kabar ini secara resmi dikonfirmasi oleh James Gunn sendiri melalui akun Twitter-nya.

Seperti James Bond, Batman, hingga Joker, Superman juga menjadi salah satu peran ikonik yang mendapatkan sorotan media ketika aktor baru diumumkan. Ini bukan hal yang tidak diantisipasi, Superman telah menjadi wajah utama DC, dengan warisan sinematik yang kini telah memasuki dekade ketujuh. Berikut sederet aktor yang pernah memerankan Superman dari masa ke masa.

Kirk Alyn

Kirk Alyn

Meskipun tidak sepopuler penerusnya, Kirk Alyn menjadi pembuka jalan bagi penampilan Superman di medium live-action. Alyn memiliki keistimewaan menjadi aktor pertama yang memeran Superman.

Setelah popularitas komik Superman, Alyn pertama kali memeran Man of Steel dalam serial teater pada 1948 yang berjudul “Superman”, kemudian kembali untuk serial lanjutan pada 1950, “Atom Man vs. Superman”. Alyn kemudian mendapatkan penghormatan kecil dalam film Superman pada tahun 1978 karya Richard Donner. Alyn meninggal pada tahun 1999 pada usia 88 tahun.

The Adventures of Superman

George Reeves

Pada 1951, George Reeves memerakan Superman dalam feature film pertama pahlawan DC Comics ini dalam “Superman and the Mole Man”. Kemudian ia membawa penampilannya pula ke skena acara televisi.

“The Adventures of Superman” ditayangkan dari tahun 1952 hingga 1958, Reeves didampingi oleh aktris Phyllis Coates sebagai Lois Lane. Serial ini awalnya tayang dalam visual hitam-putih, tetapi setelah dua season, kostum klasik Superman debut di layar dengan wrna biru, merah, kuning yang lengkap.

Setelah serial ini berakhir, muncul pembicaraan di antara para produser mengenai gagasan spin-off. Sayangnya, George Reeves meninggal pada usia 45 tahun akibat luka tembak, tak lama setelah serial Superman yang ia bintangi berakhir.

Christopher Reeve

Christopher Reeve

Superman mengalami perubahan besar dalam film blockbuster pada 1978, ketika Christopher Reeve menjadi bintang utama dalam franchise superhero ini. Film tersebut menampilkan Reeve beradu peran di layar besar dengan Marlon Brandon dan Gene Hackman, yang memerankan ayah Superman dan musuh bebuyutannya, Lex Luthor.

Produksi yang menuai pujian melalui berbagai media ini akhirnya melahirkan tiga sekuel. Ia kembali memerankan peran ganda Superman dan Clark Kent pada tahun 1980, 1983, dan 1987 dalam “Superman IV: The Quest for Peace”.

Pada 1995, Reeve mengalami cedera tulang belakang akibat kecelakan berkuda dan menjadi lumpuh. Sayangnya, insiden tersebut menjadi akhir dari karirnya sebagai Superman, namun legasinya masih tetap meninggalkan kesan mendalam pada penggemar DC meski setelah ia akhirnya berpulang pada 2004 silam.

Dean Cain

Dean Cain

Selama empat season, penampilan Dean Cain sebagai Superman dalam serial populer ABC, “Lois & Clark: The New Adventures of Superman” sempat meninggalkan kesan tersendiri bagi penggemar DC.

Beradu akting dengan Teri Hatcher sebagai Lois Lane, Cain memerankan Clark Kent hingga acara tersebut dibatalkan pada 1997, sayangnya serial tersebut dihentikan begitu saja tanpa akhir yang konklusif dan layak.

Tom Welling

Tom Welling

Tom Weilling pertama kali muncul sebagai Clark Kent pada 2001, ketika serial “Smallville & Crisis On Infinite Earths” tayang perdana di The WB (kemudian pindah tayang ke The CW). Serial ini memberikan perspektif yang tidak biasa dengan mengungkapkan asal-usul Superman dalam sepuluh season yang mengesankan.

Yang menarik, Superman yang diperankan oleh Welling tidak sepenuhnya mengambil identitas Superman atau mengenakan kostum ikonik sampai episode terakhir. Serial ini melompat tujuh tahun ke masa depan perjalanan Clark Kent di Smallville.

Meskipun ‘Smallville’ berbeda dari gambaran Superman pada umumnya, serial ini secara konsisten memberikan penghormatan kepada adaptasi sebelumnya. Serial ini menampilkan cameo dari para pemeran sebelumnya, mulai dari Christopher Reeve dan Dean Cain, serta Margot Kidder dan Amy Adams sebagai Lois Lane.

Brandon Routh

Brandon Routh

Brandon Routh adalah aktor yang memerankan Superman dalam “Superman Returns” yang disutradarai oleh Bryan Singer pada 2008. Meskipun mendapatkan ulasan positif dari media film, film ini sayangnya mengalami flopped. “Superman Returns” merupakan sekuel dari era Superman Reeve, tidak berhasil mencuri hati penggemar DC karena kualitas skripnya.

Namun kehadiran Routh sebagai Superman menjadi waktu yang cukup monumental dalam skena film DC. Karena ia menjadi aktor Superman pertama era modern yang tampil di live-action layar lebar setelah Christopher Reeve.

Tyler Hoechlin

Tyler Hoechlin

Tyler Hoechlin pertama kali debut sebagai Superman dalam serial “Supergirl” yang menjadi bagian dari “Arrowverse”, kemudian muncul dalam serial “The Flash” dan “Arrow” sebagai bagian dari peristiwa lintas semesta “Elseworlds” dan “Crisis on Infinite Earths”. Hoechlin juga tampil dalam “Legends of Tomorrow” dan “Batwoman”.

Aktor Superman ini sekarang membintangi serial “Superman & Lois” di The CW bersama Elizabeth Tulloch sebagai Lois Lane. Meskipun serial-serial Arrowverse di The CW sudah di-cancel, “Superman & Lois” masih tayang hingga season kedua, dan sudah tidak menjadi bagian dari Arrowverse lagi.

Henry Cavill

Henry Cavill

Superman idola sejuta umat, Henry Cavill menjadi aktor yang mengenakan jubah biru merah ikonik superhero DC ini beberapa tahun belakangan di layar lebar. Cavill menjadi aktor pilihan Zack Snyder ketika ia memulai DCU (yang dikenal dengan Snyderverse).

Cavill debut sebagai Superman dalam film “Man of Steel” pada 2013, kemudian lanjut dalam “Batman v Superman: Dawn of Justice” pada 2016, lalu “Justice League” pada 2017.

Setelah penampilan cameo yang menjanjikan dalam “Black Adam”, sempat dikonfirmasi bahwa Cavill akan kembali ke layar lebar sebagai Superman hanya untuk kemudian mengecewakan penggemar bahwa Snyderverse diumumkan berakhir.

Lost in Translation & Her: Kesepian dan Perpisahan dari Dua Perspektif

Film

Siksa Kubur & Badarawuhi di Desa Penari: Rayakan Lebaran dengan Film Horor Lokal

Entertainment

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

Perfect Days Perfect Days

Perfect Days: Slow Living & Komorebi

Entertainment

Connect