Connect with us
Photo via Press

Music

Saykoji, Iwa K & Ras Muhamad: $ideHustle Single Review

Padukan genre hip-hop dan reggae untuk lagu terbaru tentang kesulitan di masa pandemi.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

‘$ideHustle’ merupakan single terbaru dari Saykoji, berkolaborasi dengan rapper kawakan Indonesia, Iwa K dan penyanyi reggae, Ras Muhamad. Melalui lagu ‘$ideHustle’, ketiganya hendak mencurahkan keresahan dan kesulitan yang pasti sedang dirasakan oleh banyak orang di masa pandemi ini.

Tak ingin bersusah hati, Saykoji mengemas lagu ini dengan produksi musik yang ceria dan kaya warna musik. Memadukan aransemen musik hip-hop dengan reggae untuk representasikan setiap musisi yang tergabung dalam proyek kolaborasi ini.

‘$ideHustle’ didominasi dengan lirik rap padat yang dibawakan sesuai dengan ciri khas masing-masing. Track didominasi porsi rap dari Saykoji dengan aksen dan penulisan lirik rapper lokal ini. Iwa K juga mendapatkan porsi menyanyikan hook dengan warna vokal khasnya yang lebih nge-bass. Kemudian Ras Muhamad nge-rap dengan flow reggae hip-hop yang memberi variasi dari style nge-rap Saykoji yang lebih pure hip-hop. Hook yang diselipkan diracik sebagai verse yang catchy dan asik untuk didendangkan oleh pendengarnya.

Nuansa reggae langsung terdengar pada bagian intro dengan riff gitar dan bass yang khas dan cukup generik. Kemudian masuk hook pertama yang diakselerasi dengan drum kick yang selalu ada dalam aransemen musik hip-hop. Komposisi instrumen piano pendek dimasukan sebagai statement yang tegas pada transisi antara setiap verse dan hook.

Aransemen verse terdiri dari dua warna, antara racikan hip-hop yang swaggy dan verse kedua yang lebih kental dengan unsur reggae. Memberikan variasi agar musik latar tidak terasa monoton dan tidak mengeksploitasi satu genre saja.

Salah satu keseruan mendengarkan tembang rap adalah mendengarkan celotehan berima dari sang penyanyi. ‘SideHustle’ memiliki gaya penulisan lirik yang khas Saykoji. Musisi satu ini selalu menulis lagu-lagu yang relevan dengan isu sosial atau sekadar hal viral yang lagi trending. Kita lihat saja single lawasnya seperti ‘Online’ ketika internet mulai populer di Indonesia, dan ‘Jomblo’ yang relevan untuk banyak anak muda pada masanya. ‘SideHustle’ lebih dari sekedar lagu yang ingin relevan dan merepresentasikan krisis yang sedang dialami banyak orang, namun juga sebagai track penenang dan hiburan.

Membuat kita merasa tidak sendiri, bahkan musisi papan atas pun juga memiliki kegelisahan yang sama. Ini masa yang sulit, semua orang sedang susah. Namun, ‘SideHustle’ tak ragu mengajak kita untuk menertawakan keadaan dan melihat sisi positif dari segalanya. Ketika profesi utama sedang terhambat, kita selalu punya pilihan untuk mencari pemasukan dengan cara lain, melihat peluang bisnis lain, yang penting halal.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect