Connect with us
Rookie Cops
Disney+

TV

Rookie Cops Review: K-drama Debut Kang Daniel di Akademi Kepolisian

K-drama coming of age drama dengan ekspektasi latar belakang karakter yang personal.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Go Eunkang (Chae Soo-bin) adalah seorang lulusan SMA yang memiliki cita-cita untuk mengemban pendidikan di akademi kepolisian demi seseorang. Wi Seung-hyeon (Kang Daniel) adalah putra pejabat tinggi kepolisian yang meninggalkan sekolah kedokterannya untuk menjadi polisi

Keduanya bertemu kembali dalam akademi kepolisian setelah berbagai kebetulan bagaikan takdir. “Rookie Cops” merupakan K-drama terbaru bergenre coming of age dan romansa. Drama yang disutradarai oleh Kim Byung-so ini menjadi debut akting bagi K-pop idol ternama, Kang Daniel.

Dua episode pertama “Rookie Cops” kini sudah tersedia di Disney+ Hotstar, rilis setiap hari Jumat untuk episode terbaru kedepannya. Kehadiran Kang Daniel sebagai pemeran utama pria dalam serial ini tak dipungkiri menjadi daya tarik utama bagi para penggemarnya. Namun, apakah “Rookie Cops” benar-benar menyajikan kualitas naskah yang menarik untuk kita ikuti? Berikut ulasan “Rookie Cops” dari dua episode pertamanya.

Rookie Cops

Formula K-Drama Generik dengan Latar Akademi Kepolisian yang Fresh

Lepas dari trailer dan aset promosinya yang bernuansa ceria, “Rookie Cops” dibuka dengan adegan aksi yang cukup brutal sebagai prolog. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan protagonis perempuan, Eunkang, tipikal protagonis SMA dengan pembawaan optimis, bubbly, dan berkemauan keras.

Sementara Seung-hyeon memiliki penokohan sebagai siswa berprestasi dan memiliki jiwa heroik untuk membela yang tertindas. Keduanya menjadi kombinasi ‘pasangan’ yang sudah sering kita temui dalam k-drama pada umumnya.

Formula sudut pandang cerita dari berbagai karakter yang mengisi serial juga bukan hal yang baru dari sebuah k-drama lintas genre pada umumnya. Cerita tidak hanya fokus pada Eunkang dan Seung-hyeon sebagai pemeran utama, ada orang tua, teman-teman, hingga pihak dari akademi kepolisian yang memiliki potensi untuk lebih banyak di kembangkan cerita dalam kelanjutan plot “Rookie Cops”. Formula inilah yang kerap membuat sebuah k-drama memiliki durasi lebih dari satu jam per episodenya.

Namun, meski dengan berbagai unsur k-drama yang sudah tidak asing lagi bagi kita, latar akademi kepolisian memberikan materi yang fresh untuk disimak. K-drama dengan latar sekolah maupun institusi pemerintah sudah banyak juga diangkat, namun akademi kepolisian merupakan salah satu yang masih jarang. Jadi, tetap ada plot-plot baru yang bisa kita nanti kedepannya dari serial ini.

Ekspektasi akan Latar Belakang Karakter yang Menarik Kedepannya

Eunkang memiliki motivasi karena rasa kagum pada seseorang, sementara Seung-hyeon memiliki motivasi yang masih terungkap. Namun, dari prolog, dialog, dan penokohan pada karakternya, kita bisa memprediksi motivasi Seung-hyeon yang personal. Mungkin cukup tertebak, namun kita akan tertarik untuk mencapai babak pengungkapnya. Teori ini menimbulkan kekontrasan motivasi dua karakter utama dalam mengejar cita-cita mereka sebagai polisi. Sebuah kontras yang mampu menimbulkan reaksi yang patut kita nanti ketika keduanya semakin sering berinteraksi.

Sebagai penampilan debut akting, Kang Daniel cukup terlihat luwes dalam memerankan siswa pandai berkepala dingin. Namun masih banyak episode kedepannya untuk mengeksplorasi sejauh mana Kang Daniel mampu mengeksekusi penampilan yang lebih emosional. 

Tak hanya dua karakter utamanya, karakter lain bisa jadi juga memiliki latar belakang yang patut kita nanti. “Rookie Cops” menimbulkan ekspektasi drama slice of life masa muda di sebuah akademi kepolisian, sebuah institusi yang tak banyak dari kita mengalami secara langsung. Ada pengalaman baru yang mungkin bisa kita alami dari setiap cerita para siswa maupun pihak akademi.

Belum Menunjukan Plot Romansa, Lebih Fokus Kehidupan Akademi yang Disiplin

Meski ada hint yang memberikan ekspektasi romansa antara Eunkang dan Seung-hyeon, “Rookie Cops” belum menyuguhkan nuansa yang romantis. Dua episode pertama ini lebih fokus pada usaha Eunkang masuk dalam akademi kepolisian. Kita juga akan diperlihatkan rutinitas dan kegiatan orientasi akademi kepolisian yang keras dan menuntut kedisiplinan maksimal. Ditambah dengan adegan-adegan komedi sebagai potret suka-duka menjadi siswa akademi kepolisian dalam masa orientasi yang ketat. 

Meski belum menunjukan materi romansa, kita tidak akan dibuat tidak sabar untuk sampai pada titik tersebut. Beberapa dari kita mungkin justru lebih tertarik dengan perkembangan drama yang lebih mengeksplorasi tema coming of age pada naskah “Rookie Cops”. Ada juga ekspektasi tentang konspirasi institusi dan masa lalu menyedihkan yang mengisi naskah drama ini. 

Bagi kita yang menyukai genre drama coming of age, slice of life, dengan latar lingkungan eksklusif, “Rookie Cops” bisa menjadi tonton yang seru. Buat kita para Danity (julukan fans Kang Daniel), serial ini lebih dari sekedar memanjakan secara personal, naskah “Rookie Cops” yang tidak hanya tentang romansa memberikan ruang lebih luas bagi idola kita satu ini untuk berkembang dalam dunia akting. 

Cyberpunk: Edgerunners Cyberpunk: Edgerunners

Cyberpunk: Edgerunners Review – Kebrutalan Menawan Petualangan David Martinez di Night City

TV

House of the Dragon (Episode 5) Review House of the Dragon (Episode 5) Review

House of the Dragon (Episode 5) Review: We Light the Way

TV

King of the Narrow Sea Review King of the Narrow Sea Review

House of the Dragon (Episode 4) Review: King of the Narrow Sea

TV

The Photograph The Photograph

The Photograph Review: Tentang Menyikapi Masa Lalu dan Masa Depan

Film

Connect