Connect with us
Revenant Episode 1-2 Review: K-drama Horor Terbaru Dibintangi Kim Tae-ri

TV

Revenant Episode 1-2 Review: K-drama Horor Terbaru Dibintangi Kim Tae-ri

K-drama genre horor dengan plot investigasi supranatural yang seru.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Revenant” merupakan K-drama terbaru bergenre horor yang tersedia di-streaming di Disney+ Hotstar. Dibintangi oleh Kim Tae-ri, aktris ini terkenal melalui film thriller erotis, “The Handmaiden” (2016), serta bermain di beberapa K-drama sebelumnya, “Mr. Sunshine” dan yang paling baru sebelum serial ini adalah “Twenty-Five Twenty-One” (2022). Kali ini sang aktris beradu akting dengan Oh Jung-se yang berperan sebagai profesor studi folklore yang memiliki kemampuan melihat makhluk halus.

“Revenant” bercerita tentang Gu San-yeong, perempuan yang menemukan bahwa ayahnya selama ini adalah profesor universitas yang melakukan penelitan di bidang folklore. Setelah ayahnya meninggal, San-yeong diikuti oleh arwah misterius yang bisa sangat berbahaya untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Sempat kesulitan menerima hal yang sedang menimpanya, Profesor Yeom Hae-sang tampaknya menjadi satu-satunya pihak yang bisa menolongnya.

K-drama Genre Horor dengan Elemen Investigasi Supranatural yang Seru

Jarang-jarang ada rilisan K-drama genre horor yang menarik belakangan, hingga akhirnya “Revenant” hadir dengan premis yang cukup menarik dari dua episode pertamanya. “Revenant” Episode 1 ibarat episode prolog dengan kasus supranatural yang sifatnya side story. Karena melibatkan karakter dan beberapa pihak yang tidak mempengaruhi jalannya plot utama. Namun cerita misteri yang disajikan setidaknya cukup menarik, serta tepat menjadi episode pengenalan juga bagi kedua karakter utama, San-yeong dan Profesor Yeom.

Baru masuk episode 2, kita mulai masuk pada masalah utama yang bakal menjadi plot drive dari “Revenant”. Dimana diketahui San-yeong ‘ketempelan’ arwah jahat yang bakal membunuh siapa saja yang sengaja maupun tidak disengaja dibenci oleh San-yeong. Sementara Profesor Yeom tak sekadar hendak membantu San-yeong, ia telah melakukan penelitian dan penelusuran akan arwah yang sedang bersemayam dalam San-yeong seumur hidupnya. Jadi tak hanya horor supranatural asal bikin merinding, namun ada sentuhan investigasinya yang bikin seru. Karena ada karakter detektif kepolisian juga yang dilibatkan dalam kisah ini.

Karakter Gu San-yeong dan Profesor Yeom Hae-sang yang Menarik

Gu San-yeong dan Profesor Yeom Hae-sang berpontesi jadi duo yang bakal mencuri hari penonton. Sejauh ini tidak ada indikasi kalau kedunya bakal terlibat asmara, karena drama ini genre utamanya horor. Keduanya punya dinamik yang sedikit mirip dengan IU dan Lee Sun-kyun ketika bermain dalam K-drama “My Mister” (2018). Dimana aktris muda beradu akting dengan aktor yang lebih tua. Sejauh ini yang terlihat adalah bagaimana Profesor Yeom sebagai pakarnya, menjadi satu-satunya orang yang bisa diandalkan oleh San-yeong dalam memecahkan misteri arwah yang bersemayam dalam dirinya, dan bagaimana keduanya bekerja sama untuk memusnahkan arwah tersebut.

Latar belakang karakter keduanya mulai memikat pada episode 2. Sebetulnya kedua karakter ini tidak memiliki ketertarikan secara sentimental, hanya kebetulan memiliki kepentingan masing-masing; San-yeong ingin terbebas dari kutukan, sementara Profesor Yeom ingin mempelajari arwah tersebut. Menarik melihat perkembangan hubungan dan interaksi keduanya yang bisa ditebak akan berkembang lebih emosional seiring berjalannya episode.

Plot Masih Fokus Misteri, Tanpa Gimmick Humor dan Romansa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cukup minim potensi bahwa kedua karakter utama akan menjalin kasih. Namun chemistry-nya sudah dapat tanpa harus menyematkan elemen tersebut yang biasanya memang identik dari K-drama. Kalau melihat pola K-drama secara umum, kemungkinan “Revenant” akan memiliki plot utama yaitu mengungkap misteri tentang ‘arwah berbahaya’ yang bersemayam di San-yeong yang secara tak langsung juga terhubung dengan kisah masa lalu dari Profesor Yeom.

Namun, bakal ada juga side plot seperti episode 1, dimana kedua karakter ini terlibat dalam kasus supranatural lainnya yang bisa terselesaikan karena kemampuan supranatural yang dimiliki oleh mereka. Beriringan dengan kehadiran detektif Lee Hong-sae (Hong Kyung) dan Gu Kang-mo (Jin Seon-kyu) yang merupakan kenalan Profesor Yeom.

Biasanya k-drama dengan genre apapun punya gimmick humor dan romansa. “Revenant” dalam dua episode pertama tidak terlihat mengaplikasikan trik gimmick demikian. Jadi fokus dengan nuansa supranatural horor yang misterius, suram, dan bisa jadi mengarah pada sesuatu yang mengerikan.

Buat yang bosan dengan K-drama romansa dan drama melulu, atau suka skeptis dengan K-drama yang punya side plot pemakan durasi atau gimmick tertentu, “Revenant” sejauh ini menghadirkan cita rasa K-drama horor yang bisa jadi cocok buat kita penggemar genre misteri supranatural horor. “Revenant” rilis dua episode terbaru setiap minggunya di Disney+ Hotstar setiap hari Jumat dan Sabtu.

Hazbin Hotel Hazbin Hotel

Hazbin Hotel Review: Balada Hotel di Neraka

TV

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

House of Ninjas House of Ninjas

House of Ninjas Review: Laga Ninja Berlatar Thriller Spionase Modern

TV

Echo Echo

Echo Review: Alaqua Cox Semakin Memikat dan Ikonik sebagai Maya Lopez

TV

Connect