Connect with us
Remissa: Harap-Harap Cemas Single Review
Photo via Press

Music

Remissa: Harap-Harap Cemas Single Review

Buat yang sedang harap-harap cemas dengan kehidupan di masa sulit ini.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah merilis album akustik bertajuk ‘Untukmu Saja’ pada akhir tahun 2019 lalu, kini Remissa merilis single terbaru berjudul “Harap-Harap Cemas” pada 9 April 2020.

Seperti karya-karya sebelumnya, melalui lagu ini Remissa masih mengangkat isu sosial yang sedang marak sebagai materi lirik. Kali ini Rizky Toar selaku penulis lirik mengaku jika lagu ini terinspirasi dari curhatan langsung seorang kawan yang sedang merasa cemas dalam menjalani kehidupan. “Dia sering curhat ke saya kalau sampai frustasi dengan kehidupan yang harus dikejar hutang tiap hari”, ungkap vokalis sekaligus gitaris Remissa ini.

Teman Toar ini adalah seorang kepala keluarga yang merupakan seorang pekerja lepas dengan penghasilan yang tak menentu, padahal ia memiliki banyak tanggungan. Mulai dari menafkahi keluarga hingga membayar cicilan hutang.

Kisah frustasi yang pasti relevan untuk mayoritas masyarakat Indonesia ini dituangkan dalam lirik dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Alhasil, Toar sebagai penyanyi yang membawakan lagu ini terdengar seperti sedang curhat kepada pendengarnya tentang kesulitan hidup. Sambil menikmati alunan lagu, kita yang memahami isu ini pasti manggut-manggut merasa relevan dan sambil menikmati alunan musik Rock yang menghayutkan dengan tempo santai.

Remissa Band

Remissa

Dalam segi aransemen musik, Remissa menampilkan komposisi baru yang lebih mantap dan keras jika dibandingkan dengan rekaman akustik sebelumnya. Band asal Malang yang memeluk genre Rock Grunge ini mulai menunjukan “taring” mereka dengan alunan musik yang lebih kaya layer dan pola melodi.

Bukan musik Rock yang terlalu keras, “Harap-Harap Cemas” dibawakan dengan tempo medium dengan instrumen bass sebagai statement yang akan langsung menarik perhatian dari awal lagu ini berkumandang, berpadu dengan melodi gitar. Ada efek suara techno yang ditambahkan, menciptakan atmosfer yang fresh dan memperkaya layer komposisi musik.

Tak ketinggalan porsi solo gitar yang diselipkan dalam pertengahan lagu yang sudah menjadi hal “wajib” untuk menunjukan kualitas dari sebuah band Rock. Remissa memadukan melodi Rock n’ Roll dengan rhythm gitar bernuansa Alternatif dengan dinamika yang pas.

Lagu ini memiliki komposisi dengan flow pas yang akan “menyetir” perasaan pendengarnya. Hal ini karena eksekusi proses mixing dan mastering-nya yang sudah terdengar sangat clean dan profesional. Terutama pemilihan efek bass yang digunakan dan pengaturan kapan setiap instrumen ditonjolkan.

Pada bagian verse, kita akan mendengar bass yang menonjol dan memberikan warna musik yang nge-rock banget. Memasuki chorus, alunan instrumen gitar bernuansa alternatif meengambil alih sebagai oase yang menghantarkan melodi dengan vibe positif dan menenangkan.

“Harap-Harap Cemas” merupakan single pertama penanda dari proyek album terbaru Remissa yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020 ini. “Semoga saja kawan-kawan di luar sana yang merasakan hal sama, bisa ikut juga tergugah dengan pesan yang dituangkan lewat lagu ini”, ungkap Toar sebagai harapan untuk single Harap-Harap Cemas.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect