Connect with us
Rekomendasi Film Tentang Sejarah Kerajaan Inggris
The King (2019)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Tentang Sejarah Kerajaan Inggris

Sederet film yang mengangkat sejarah monarki paling terkenal di dunia.

Mungkin sebagian besar dari kita tak mengenal siapa raja di negara-negara lain yang masih memiliki monarki, namun kita semua pasti tahu bahwa pemimpin tertinggi di kerajaan Inggris adalah Ratu Elizabeth II. Anggota kerajaan Inggris selalu menarik perhatian dunia selama berabad-abad. Tak hanya kiprah mereka dalam menjalankan negara, kehidupan pribadi, dan berbagai skandal yang terjadi di lingkaran para bangsawan ini selalu menjadi topik menarik.

Sekali lagi mata dunia tertuju pada keluarga kerajaan Inggris berkat kepopuleran serial The Crown yang telah memasuki musim ke-4. Buat kita yang sudah selesai menonton The Crown Season 4 dan masih kekurangan materi hiburan bertema monarki Inggris, berikut rekomendasi film tentang kerajaan Inggris yang patut ditonton.

Henry V (1989)

Henry V merupakan film bersejarah yang mendramatisir perjuangan Henry V dalam menaklukan Prancis. Naskah film ini diadaptasi dari pertunjukan teater yang ditulis oleh Shakespeare dengan judul serupa. Film ini merupakan salah satu koleksi klasik dengan produksi yang maksimal dari awal hingga akhir. Mulai dari latar, kostum, hingga casting yang tepat untuk setiap karakter penting dalam kisahnya. Kenneth Branagh berhasil menyajikan film kolosal kerajaan yang epic dan artistik pada masanya.

Elizabeth (1998)

Berikutnya adalah film biografi dari sosok Ratu Elizabeth I yang disutradarai oleh Shekhar Kapur. Film ini merupakan yang pertama dari Elizabeth Trilogy, dibintangi oleh Cate Blanchett sebagai Ratu Elizabeth. Melalui film ini, kita akan menyaksikan hari-hari baru setelah Elizabeth baru saja naik tahta. Ada banyak permasalah yang harus dihadapi, mulai dari masalah politik dan administrasi negara, hingga masalah pribadi ketika dirinya menolak untuk berbagi tahta dengan menikah, dimana sangat esensial untuk seorang pemimpin monarki untuk memiliki penerus tahta.

The Queen (2006)

The Queen merupakan film yang disutradarai oleh Stephen Frears, ditulis oleh Peter Morgan yang juga menulis serial The Crown. Dibintangi oleh Helen Mirren, film drama sejarah satu ini lebih fokus pada momen ketika Ratu Elizabeth II harus menghadapi publik saat kematian tragis Putri Diana. Kita akan mendapat pencerahan tentang apa yang terjadi dibalik keheningan dan asumsi buruk tentang Ratu, bungkam selama beberapa hari setelah wanita yang paling dicintai di seluruh penjuru Inggris tersebut meninggal.

The Duchess (2008)

The Duchess merupakan film sejarah dramatis yang dibintangi oleh Keira Knightley, disutradarai oleh Saul Dibb. Film ini diadaptasi dari buku biografi Georgiana: Duchess of Devonshire, karya Amanda Foreman pada tahun 1998. Bercerita tentang Georgiana Spencer yang menikah dengan Duke of Devonshire pada abad ke-18. Georgiana harus menerima kenyataan setelahnya bahwa suaminya tidak pernah mencintainya dan hanya menginginkan anak laki-laki sebagai penerus tahta.

The Young Victoria (2009)

Selain Elizabeth I dan Elizabeth II, Ratu Victoria merupakan salah satu sosok pemimpin monarki Inggris yang cukup terkenal. Melalui The Young Victoria, kita akan melihat masa kecil dan remaja Ratu Victoria yang dipersiapkan untuk meneruskan tahta kerajaan Inggris, serta hubungan percintaan yang Ia jalani dengan Pangeran Albert. Emily Blunt menjadi aktris utama yang memerankan Putri Victoria dalam film ini.

The King’s Speech (2010)

Kualitas dari film The King’s Speech sudah tidak perlu diragukan dengan prestasinya sebagai pemenang Academy Award for Best Picture dari Oscar 2011. Dibintangi oleh Colin Firth sebagai King George VI, yang harus naik tahta pada masa Perang Dunia II. Ketika Ia dibutuhkan sebagai sosok raja penuh karisma untuk memimpin negara di tengah perang, King George ternyata memiliki masalah teknis dan mental ketika membawakan pidato di depan publik. Ia pun menjalani terapi khusus mempersiapkan pidato dengan seorang terapis bernama Lionel Lough.

Victoria & Abdul (2017)

Seperti halnya The King’s Speech yang memiliki sentuhan komedi, Victoria & Abdul juga merupakan film adaptasi sejarah dengan konten berdasarkan kisah nyata. Bercerita tentang hubungan unik antara Ratu Victoria dengan seorang budak dari India bernama Abdul. Dengan karisma dan kepribadiannya yang menyenangkan, Abdul menarik perhatian Ratu Victoria yang sudah semakin tua dan merasa bosan dengan rutinitas sebagai pemimpin negara. Keduanya pun menjalin persahabatan yang tulus lepas dari latar belakang masing-masing yang sangat bertolak belakang.

The Favourite (2018)

The Favourite merupakan film karya Yorgos Lanthimos, terkenal sebagai salah satu sutradara dengan gaya eksentrik yang khas dalam setiap karyanya. Meski sebagian besar dari naskah merupakan hasil interpretasi dan imajinasi sang penulis, latar belakang waktu dan karakter-karakter dari kisah The Favourite berdasarkan figur bersejarah sungguhan. Melibatkan Ratu Anne, Sarah Churchill yang merupakan nenek moyang dari Winston Churchill, dan sepupu Sarah, Abigail Masham. Kedua saudara tersebut bersaing untuk menjadi penasehat kesayang sang ratu.

Mary Queen of Scots (2018)

Dibintangi oleh Saoirse Ronan dan Margot Robbie, film ini bercerita tentang Mary Stuart yang kembali ke Skotlandia untuk mengklaim tahtanya. Bukan usaha yang mudah, Ia harus merebut tahta tersebut dari sepupunya, Elizabeth I, Ratu Inggris. Kita akan melihat pertikaian antara dua sosok wanita keras kepala sebagai pemimpin sebuah monarki. Dimana pada drama tentang kekuasaan di masa medieval masih identik dengan sosok pria yang lebih dominan dan berkarisma.

The King (2019)

Selain Henry V, The King juga merupakan drama berdasarkan sejarah namun diangkat dari versi dramatisir yang ditulis oleh Shakespeare. Film versi David Michod ini memiliki produksi yang semakin dimaksimalkan dengan teknologi perfilman modern. Dibawakan dengan gaya drama bersejarah yang lebih dingin dan suram. Dibintangi oleh Timothee Chalamet sebagai Henry V dan Robert Pattinson sebagai The Dauphin. Keduanya berhasil menampilkan kualitas akting yang memberikan statement pada Netflix Original Movie ini.

Click to comment

A Boy Called Christmas Review A Boy Called Christmas Review

A Boy Called Christmas Review: Tentang Harapan dalam Kemalangan di Hari Natal

Film

The Forgotten Battle The Forgotten Battle

The Forgotten Battle Review: Film Perang Dunia II dengan Tiga Sudut Pandang

Film

The Whole Truth Review The Whole Truth Review

The Whole Truth Review: Kebenaran di Balik Lubang Dinding

Film

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Review Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Review

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Review: Mengenang Damai Diri dalam Racun Maskulinitas

Film

Advertisement
Connect