Connect with us
Guillermo del Toro's Cabinet of Curiosities
Guillermo del Toro's Cabinet of Curiosities

Cultura Lists

Rekomendasi Film & Serial Anthology Horror Terbaik

Serunya nonton anthology horror dalam rangka Halloween. 

Tidak semua film horor seru ditonton untuk merayakan Halloween. Beberapa genre paling tepat untuk ditonton dalam euphoria horor di antaranya adalah slasher, splatter, survival horror, teen scream, dan yang pilihan paling menyenangkan, film dan serial anthology horror.

Anthology horror merupakan film atau serial yang berisi lebih dari satu cerita horor. Bisa terdiri dari berbagai cerita dengan plot yang tidak memiliki hubungan, maupun dikemas dalam satu plot utama dengan benang merah. Serial anthology biasanya menyajikan kisah yang berbeda-beda pada setiap episodenya.

Apa kegiatan paling seru dalam merayakan Halloween selain mengenakan kostum unik? Berkumpul untuk mendengarkan cerita horor pendek. Bayangkan kita berkumpul membentuk lingkaran, kemudian saling membawakan cerita horor yang sudah kita siapkan. Kurang lebih aktivitas tersebut ‘lah yang yang telah menginspirasi genre horror ini. Berikut sederet rekomendasi film dan serial anthology yang seru di-binge dalam rangka merayakan Halloween.

The Midnight Club

Ketika Ilonka divonis kanker tiroid, Ia memutuskan untuk menemukan kesembuhan dengan singgah Brightcliffe. Brightcliffe merupakan institusi rehabilitasi untuk para remaja dengan diagnosis penyakit terminal. Ilonka bertemu dengan beberapa remaja lain yang memiliki nasib sama dengannya. Untuk bersenang-senang, mereka berkumpul di perpustakaan saat tengah malam untuk berbagi cerita horor, atau yang lebih suka mereka sebut dengan ‘menciptakan hantu’.

“The Midnight Club” merupakan serial yang memiliki plot utama, namun juga mengandung berbagai cerita horor yang disampaikan oleh setiap karakter sesuai dengan latar belakang kisah mereka masing-masing.

Where to stream: Netflix

American Horror Stories

“American Horror Stories” merupakan salah satu anthology horror terpopuler di skena hiburan mainstream. Serial ini diciptakan oleh Ryan Murphy dan Brad Falchuk, terdiri dari berbagai cerita horor yang terinspirasi dari kisah nyata.

“American Horror Stories” mengandung berbagai kisah horor yang mengerikan, eksentrik, dan disturbing. Mulai dari kisah berlatar di rumah sakit jiwa yang membuat gelisah, freak show yang aneh, perkumpulan penyihir, bangunan berhantu, hingga akhir dunia yang menjadi momok semua umat manusia.

Where to stream: Disney+ Hotstar

Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities

Netflix tidak main-main dengan menggaet sutradara Guillermo del Toro untuk memanjakan subscriber-nya Halloween ini. “Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities” merupakan serial anthology horror spesial yang sudah rilis sejak 25 Oktober kemarin, kemudian setiap hari diperbarui dengan episode terbaru hingga 31 Oktober.

Tidak sendirian, Toro sebagai pencipta serial mengajak banyak sutradara lainnya untuk menyajikan cerita horor berkualitas di setiap episodenya. Mulai dari kisah tentang pencuri perhiasan jenazah di kuburan, lukisan berhantu, wanita yang terobsesi dengan produk kecantikan ekstrim, dan masih banyak lagi kisah horor original unik lainnya. Produksi dan sinematografi setiap episode sangat detail dan memikat visual, serta pastinya naskah horor berkualitas yang memukau.

Where to stream: Netflix

Creeped Out

Buat penggemar serial 90-an horor anak, “Goosebumps”, “Creeped Out” merupakan anthology horror anak-anak dengan konsep yang cukup serupa. Ceritanya juga melibatkan karakter anak-anak hingga remaja yang terjebak dalam fenomena aneh.

Kisah-kisahnya juga telah disesuaikan dengan gaya hidup anak-anak masa kini. Contohnya saja kisah seorang remaja yang terobsesi untuk populer, namun dihalangi oleh ponsel dengan glitch yang justru merusak reputasinya. Kemudian ada kisah anak yang ingin mengubah orang tuanya, namun dengan harga mahal besar yang tidak Ia sadari. Dan masih banyak lagi kisah horor dan thriller untuk anak-anak yang tidak terlalu cheesy, serta memberikan pelajaran moral.

Where to stream: Netflix

Slasher

Sesuai dengan judulnya, serial ini menghadirkan naskah slasher anthology dalam setiap season-nya. “Slasher” terdiri dari empat season, setiap season menghadirkan kisah pembunuhan berantai dari sosok misterius yang brutal dan kejam. Namun yang tersedia untuk di-binge di Netflix hanya tiga season pertama; “The Executioner”, “Guilty Party”, dan “Solstice”. Setiap season terdiri dari 8 episode, lebih dari cukup sebagai tontonan pilihan spesial Halloween kali ini.

Where to stream: Netflix

The Haunting of Bly Manor

“The Haunting of Bly Manor” merupakan lanjutan dari project series ‘The Haunting Series’ oleh Mike Flanagan di Netflix. Namun kedua serial ini memuat kisah yang berbeda. ‘Bly Manor’ memiliki presentasi episode per episode yang lebih terlihat sebagai sajian anthology horror. Meski dinaungi oleh satu latar dan plot utama yang sama, kita akan menyaksikan berbagai kisah gothic horror dari setiap karakter yang berbeda-beda.

Buat penggemar romance horor, ‘Bly Manor’ menyajikan berbagai kisah cinta tragis daripada horor. Tetap seru ditonton buat kita penggemar gothic dan horor minim jumpscare dan pola menakutkan klasik lainnya.

Where to stream: Netflix

Trick r’ Treat

“Trick r’ Treat” sudah menjadi tontonan khas Halloween klasik yang tidak akan pernah basi untuk dibagikan. Bagi yang sudah pernah nonton, mungkin bisa juga rewatch karena film ini merupakan salah satu anthology horror terbaik.

“Trick r’ Treat” merangkum semua kejadian mengerikan dan aneh di suatu pemukiman di malam Halloween. Mulai dari pembunuh berantai yang berkeliaran, sekelompok anak yang mengerjai temannya, hingga gadis bertudung merah yang di-stalking oleh sosok pria misterius. Film horor ini mengandung konten gore yang cukup brutal dan grafik.

Where to stream: Netflix

Ghost Stories

“Ghost Stories” merupakan film anthology horror asal Inggris yang dibintangi oleh Martin Freeman, Alex Lawther, Samuel Bottomley, dan Andy Nyman. Buat kita yang tidak percaya hantu dan segala hal berbau supranatural, mungkin akan berteman baik dengan Profesor Philip sebagai narator kita. Ia skeptis dan berusaha mengungkap tiga kasus yang tidak bisa dijelaskan oleh logika menurut para orang percaya.

Philip percaya, bahwa otak manusia melihat apa yang ingin mereka lihat. Ia pun hendak membuktikan bahwa tiga orang dalam file kasus tak terpecahkan yang sedang Ia pegang, memiliki penjelasan untuk terjadi. Atau justru akhirnya kita percaya bahwa hal-hal supranatural memang benar-benar nyata?

Where to stream: KlikFilm

Scary Stories to Tell in the Dark

Dengar kisah Sarah yang Ia tulis dalam buku diary-nya melalui film horor “Scary Stories to Tell in the Dark”. Bercerita tentang sekumpulan remaja yang menemukan buku diary Sarah yang berisi tentang kisah berbagai monster dan setan yang menghantui rumahnya. Ketika semua berpikir semuanya hanya kisah belaka, satu persatu dari sosok mengerikan yang tertulis dalam buku tersebut pun menjadi nyata.

Where to stream: Netflix

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

The Guardians of the Galaxy Holiday Special The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special Review

Film

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Connect