Connect with us
Pejamkan Matamu Pusakata

Music

Pusakata: Pejamkan Matamu Single Review

Sinergi antara mimpi manusia dengan kehidupan alam sekitar.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pejamkan Matamu merupakan single dari proyek musik Pusakata yaitu Sisir Kota Pesisir Vol.1. Single ini telah dirilis sejak 3 April 2020 lalu. Sisir Kota Pesisir merupakan proyek musik yang hendak menggalangkan momentum penyadaran diri bahwa alam sudah memberi banyak kepada kita dan sudah banyak menjaga kita, sehingga sudah sepatutnya kita juga menjaga alam sekitar.

Sebelum terjadi berbagai bencana alam pun, sebetulnya alam telah memberikan pertanda agar manusia lebih waspada. Namun, hari-hari ini manusia terlalu sibuk dengan aktivitas dan kesenangan masing-masing dan kerap menyepelekan pertanda tersebut.

“Pejamkan Matamu” merupakan lagu sederhana yang memiliki makna tentang sinergi manusia dengan alam sekitar dimana kita hidup. Pusakata selalu meluncurkan musik dengan ciri khas yang tidak banyak mengalami perubahan; yaitu aransemen gitar akustik yang simple dan easy listening, serta lirik yang puitis dibawakan oleh kualitas vokal dari Mohammad Istiqamah Djamad yang syahdu namun powerful. Dengan format sederhana yang kerap sama pada setiap karyanya, Pusakata lebih menekankan pada pesan apa yang hendak ia sampaikan kali ini melalui musik.

Pusakata

Pusakata and Friends | Press

Melalui “Pejamkan Matamu”, Pusakata hendak mengajak pendengarnya untuk memejamkan mata dan bersinergi dengan alam untuk memperoleh ketenangan. Lagu ini tentang angan kita menyambut hari-hari depan, dengan segala rencana dan target yang sudah kita tentukan. Namun, dalam menjalani kehidupan yang kita impikan tersebut, kita dituntut untuk tetap peka dan sadar.

Alam selalu ada di sekitar kita, menjadi tempat bernaung dan menjalani kehidupan. Ketika alam tenang, maka kehidupan kita juga menjadi tenang. Ada banyak persepsi tentang manusia dan alam yang bisa kita temukan dalam lagu ini selagi memejamkan mata dan merenung.

Video klip Pejamkan Matamu direkam langsung dari ketinggian Danau Tolire Ternate dengan landscape indah yang memenangkan batin. Is tampil membawakan lagu ini sambil memetik gitar akustik bersama dengan iringan instrumen bass.

Sebagian hasil penjualan lagu yang masuk dalam proyek Sisir Kota Pesisir ini akan digunakan untuk mendukung pembangunan sarana penyedian air bersih di kawasan pesisir Indonesia. Hal ini menjadi wujud nyata yang dipraktekan oleh Pusakata untuk menginspirasi para pendengarnya agar peduli pada lingkungan dan alam sekitar.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect