Connect with us

Music

Prasiwan: Memahami Diri Single Review

Intropeksi diri dengan lagu Folk Pop terbaru dari Prasiwan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Memahami Diri” merupakan single ke-4 dari Prasiwan yang telah rilis pada 7 Juni 2020 kemarin. Dalam proses produksi lagu Folk Pop terbarunya ini, Prasiwan dibantu oleh the ‘Sons’. Ia juga dibantu oleh Savira pada instrumen keyboard dan Rama pada violin. Lagu ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sang musisi dalam mengintrospeksi diri dan bagaimana cara menyembuhkan luka maupun rasa sepi yang ia alami.

Nuansa Folk terasa pada penulisan lirik yang puitis bagai sastra lawas yang artistik di telinga. Setiap kata dan kalimat yang dirangkai, dibawakan dengan vokal Prasiwan yang khas, membuat kita akan tertarik untuk menyimak syair “Memahami Diri”.

Prasiwan Memahami Diri

Prasiwan – Memahami Diri

‘Adaptasi mimpi telah dilalui mengolah pola pikir tuk memahami, aku menepi melawan waktu yang salah membuang lamunan yang membuatku letih’

Aransemen musik yang dikomposisi menggunakan pola akselerasi yang bertahap hingga mencapai klimaks mencapai akhir lagu. Dibuka dengan petikan gitar akustik yang repetitive, berpadu dengan gesekan violin yang lembut.

Memasuki verse kedua, gaung-gaung instrumen synth ditambahkan untuk mengisi hampa yang atmospheric. Kemudian secara perlahan aransemen drum yang repetitive juga dimasukan untuk memperkaya komposisi musik.

Alunan melodi dan ritme yang diracik pada lagu “Memahami Diri” memang dimaksudkan untuk membantu setiap pendengarnya merasa terhanyut dan merasakan emosi yang stabil dalam mengintrospeksi diri. Mulai dari merenungkan berbagai kegundahan hingga mencapai akhir lagu dengan syair akan harapan dan doa untuk menyembuhkan batin.

Prasiwan Memahami Diri

Prasiwan

Secara keseluruhan, “Memahami Diri” merupakan lagu Pop Folk terbaru yang patut kita dengarkan untuk menenangkan diri. Lirik lagu yang ditulis lebih terdengar seperti puisi atau syair dengan pola yang berbeda dengan lirik Pop pada umumnya.

Aransemen musik digarap dengan mastering dan mixing yang pas untuk membentuk musik dengan berbagai layer instrumen dengan rapi. Pola repetitive pada instrumen gitar dan drum juga menciptakan alunan musik khas Alternatif, identik dengan komposisi yang mampu “menghipnotis” pendengarnya.

Prasiwan hendak menyebarkan pesan penuh harapan dan energi positif melalui lagu “Memahami Diri” di masa sulit ini. Tak hanya sebagai “obat” bagi dirinya secara personal, Ia juga berharap lagu ini mampu memberikan dukungan emosional bagi setiap pendengarnya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect