Connect with us
Praduga Tak Bersalah: Pirates And Heroes Single Review

Music

Praduga Tak Bersalah: Pirates And Heroes Single Review

Single terbaru Praduga Tak Bersalah menuju mini album pertama.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah meluncurkan tiga single pada November 2018 silam, akhirnya band Rock asal Yogyakarta ini kembali merilis single terbaru bertajuk “Pirates and Heroes” pada bulan Maret lalu. Single terbaru ini merupakan langkah awal dari Praduga Tak Bersalah untuk merilis mini album yang sedang mereka garap saat ini. Selama kurang lebih 1 tahun ini, mereka telah mengerjakan album yang rencananya akan dirilis pertengahan tahun 2020 mendatang.

Single yang diproduksi di Arteri Record dan Jogja Audio School ini memiliki warna musik Rock khas Praduga Tak Bersalah. Mengangkat tema lagu tentang bajak laut garang dan mengarungi laut tanpa rasa takut.

Liriknya dibawakan dalam bahasa Inggris yang termasuk pendek dan diulang-ulang. Memiliki makna lagu yang gamblang tanpa metafora atau makna tersembunyi, Praduga Tak Bersalah mengangkat karakter seorang bajak laut hanya untuk memberikan image garang pada musiknya. Meski sederhana, lirik ditulis dengan kosa kata dan rima yang sudah cukup pas dan enak didengar.

Dengan konsep penulisan lirik yang sederhana, Praduga Tak Bersalah memberikan porsi lebih besar dalam mengaransemen musik. Sebagai sebuah band Rock, energi dalam musik yang dibawakan pastinya harus berhasil menumbuhkan semangat dengan pemilihan chord dan komposisi dari setiap instrumen yang ada dalam band tersebut.

Pirates and Heroes menampilkan komposisi gitar, bass, dan drum yang terdengar sudah pas dan saling melengkapi. Setiap instrumen memiliki porsi untuk menonjolkan skill. Mulai dari riff gitar yang dijadikan statement pembuka yang disambut dengan drum dan bass. Ada juga porsi penampilan gitar rhythm dan melodi di pertengahan interlude lagu yang wajib ada untuk menunjukan kualitas dan skill sebuah band Rock.

Produksi lagu “Pirates and Heroes” secara aransemen dan flow lagu sudah diracik dengan porsi yang tepat. Semangat Rock yang hendak disampaikan juga memiliki energi yang bisa dibagikan oleh para pendengar yang menggemari musik Rock Garage berpadu dengan sedikit sentuhan Rock n Roll. Namun, kualitas mixing dan mastering lagu sebagai produk rekaman studio masih bisa dipoles lagi agar terdengar lebih jernih lagi, perpaduan antara setiap elemen instrumen yang sudah skillful. Namun, bisa dibayangkan betapa menggelegarnya jika lagu ini dibawakan oleh Praduga Tak Bersalah secara live.

Kita nantikan saja mini album pertama dari Praduga Tak Bersalah dengan berbagai track Rock terbaru lainnya.

 

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect