Connect with us
Petra Sihombing

Music

Petra Sihombing: Bodoh Single Review

Pesan Petra Sihombing pada sang anak dalam menjalani kehidupan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Bodoh” menjadi lagu kelima Petra Sihombing dalam project album solonya yang akan dirilis pada 2020 ini. Setelah bicara soal hubungan manusia dengan teknologi dalam lagu “Canggih” dan ramalan bintang melalui astrologi, kali ini Petra merilis lagu tentang hubungan ayah dan anak dalam lagu “Bodoh”.

Lagu ini merupakan ciptaan Ben Sihombing, yang kemudian diberikan ke Petra untuk dilengkapi dan diselesaikan menjadi karya lagu yang mantang. Mulai dari tema lirik, komposisi musik, dan aransemen lagu secara keseluruhan. Ben memang sudah lama memiliki kerinduan untuk berkolaborasi lagi dengan sang kakak. Oleh karena itu, ketika ide awal tentang lagu ini muncul, ia segera mengontak Petra untuk mengerjakan lagu ini bersama-sama.

Petra Sihombing

Petra & Ben

“Bodoh” akhirnya dipersembahkan Petra untuk anaknya yang bernama Kiko. Tentang bagaimana Petra sebagai ayah ingin berpesan pada anaknya bahwa pandangan hidupnya mungkin bisa berbeda dengan sang anak kelak. Bahwa ‘Mungkin aku yang bodoh, mungkin kamu juga sama’, bahwa dalam menjalani kehidupan tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang absolut, karena setiap orang punya gaya hidup masing-masing. Melalui podcast Petra dan Ben membahas lagu Bodoh, Ben juga mengungkapkan bahwa hubungan dirinya dengan ayah mereka menginspirasi penulisan lirik dalam lagu ini.

Lagu “Bodoh” memiliki aransemen musik Pop yang easy listening dan cukup minimalis. Didominasi dengan instrumen gitar dengan instrumen alternatif atmospheric yang memberikan ketenangan. Melodi gitar electric ditambahkan di pertengahan lagu sebagai variasi dalam aransemen musik. Setiap verse dibawakan dengan vokal yang seperti sedang bercerita dengan dinamika rima yang cukup acak. Namun diimbangi dengan chorus yang catchy dan mudah untuk diikuti oleh pendengar.

Mengetahui pesan Petra Sihombing pada sang anak melalui lagu ini memberikan keindahan tersendiri. Ada banyak nilai sentimental yang dituangkan dalam lagu ini; mulai dari hubungan anak dan ayah hingga pengerjaan lagu yang dikerjakan bersama saudara. Dari runtutan lagu-lagu yang telah dirilis oleh Petra Sihombing beberapa bulan terakhir, musisi ini selalu punya pesan konkret yang hendak ia sampaikan dalam sebuah lagu. Semuanya seputar isu-isu sederhana namun relevan dalam kehidupan manusia. Jadi makin tak sabar menunggu rilisnya full album dari Petra Sihombing secepatnya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect